Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 12 Kelas 12 Semester 2

Selamat malam, terima kasih masih setia mengunjungi blog @NifaFani. Hari ini saya kan memposting mengenai kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 12 untuk semeste 2 dan halaman 12. Wah jadi 12 12 2 angka kesukaan saya yang serba 2 karena bulan kelahiran dan juga tanggal lahir saya 2 ehehe :D *sebentar lagi nih, siapa mau kasih kado* #eaaaa..

find me on instagram @nifafani


Btw langsung saja yuk mari disimak. ingat yaa.. jawaban ini belum tentu benar jadi mohon untuk di periksa terlebih dahulu..

(f) Kalimat utama paragraf ketujuh Kesadaran menjaga alam dan mengembangkan potensi wisata justru datang dari operator wisata.

(g) Kalimat utama paragraf kedelapan Selain membangun infrastruktur—seperti akses ke tempat itu—dan sarana semisal transportasi dan penginapan, pemerintah harus lebih serius memikirkan program-program untuk membungkus potensi ini agar lebih menarik.

(h) Kalimat utama paragraf kesembilan selama ini pemerintah hanya menjual Bali atau Yogya, padahal sebaiknya tidak perlu dijual namun lebih memperhatikan tempat lain.

(i) Kalimat utama paragraf kesepuluh Indonesia memang surga sekaligus kisah nyata.

(9) Pada tugas ini kalian diharapkan dapat menangkap fungsi sosial teks opini melalui pemahaman ciri kebahasaan yang ada dalam teks “Menjual Sembari Menjaga Nirwana” tersebut. Sebuah teks opini biasanya mengupas tuntas suatu masalah aktual tertentu dengan tujuan memberi tahu, memengaruhi, meyakinkan, atau bisa juga sekadar menghibur pembacanya. Oleh sebab itu, bahasa yang digunakan untuk mengekspresikan opini tersebut harus mengungkapan tujuan. Dalam menyatakan sebuah informasi, kata-kata dipilih secara hati-hati untuk mengekspresikan sikap dan sudut pandang penulis. Setelah membaca teks “Menjual Sembari Menjaga Nirwana” itu dengan saksama, tergambar tujuan penulis. Jelaskanlah bagaimana cara penulis teks mengungkapkan tujuannya melalui teks opini/editorial.

Penulis mengungkapkan tujuannya yang mana melalui teks tersebut dengan cara memberikan berbagai informasi yang dapat memungkinkan para pembaca dan juga mempengaruhinya agar “kita” sebagai pembaca dapat lebih tertarik atau perduli dengan alam, sesuai dnegan apa yang ada pada teks opini tersebut.


Sekian dahulu dari saya kali ini..