Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 30 no 4 Kelas 12 Semester 2

Selamat pagi, pagi ini saya menanggapi beberapa req dari Instagram maupun email. Setelah saya pikir-pikir kembali saya kurang memahami akan maksud perintah dibawah ini, entah memang untuk soal kali ini harus dari buku atau kita mencari diluar? Saya ragu, namun akan tetap saya jawab. Bilamana ada kesalahan, mohon maaf.

find me on instagram @nifafani


(4) Teks opini memuat argumentasi satu sisi, dan jumlah argumentasi tidak ditentukan. Selain merupakan milik pencipta teks, argumentasi dapat dikembangkan dari pendapat umum yang diambil dari sumber lain, sepanjang sumber itu disebutkan sebagai referensi. Bacalah kembali kedua teks opini di muka, kemudian carilah argumentasi yang dikembangkan dari pendapat lain.

No.
Argumentasi
Referensi
1.
Tahun lalu, menurut catatan Badan Pusat Statistik, hanya ada 8 juta wisatawan asing yang datang berkunjung ke Indonesia.
Catatan Badan Pusat Statistik
2.
Konon, setiap jengkal ruang (karakter) di surat kabar bernilai bisnis.
Pendapat masyarakat
3.
Selama ini pemerintah hanya menjual Bali dan Bali, atau—kalau mau dikatakan agak berpandangan luas sedikit—bergesernya pun paling-paling hanya ke Yogyakarta dan Danau Toba. Padahal tempat-tempat itu tidak perlu “dijual” lagi dan sebaiknya dibiarkan jalan sendiri.
 Riset Pariwisata
4.
Semua orang mungkin sepakat bahwa iklan yang berbunyi: Terus terang, … terang terus, misalnya, adalah contoh kreativitas berbahasa yang berestetika tinggi
Pendapat masyarakat
5.
Dalam surat menyurat atau dalam pidato-pidato, misalnya, kalimat yang berbunyi Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih seolah-olah sudah menjadi baku dan dianggap benar.
Surat Penting/ Pidato

Terima kasih sekali lagi untuk Anda yang masih setia membaca blog @NifaFani. Sekiranya saya dpaat membantu Anda. Mohon maaf bila ada salah kata maupun perbuatan saya karena saya hanya manusia biasa yang tengah mempelajari akan manis dan asinnya hidup ini. Bila ada yang kurang berkenan bisa Anda sampaikan melalui email stefanikristina@gmail.com atau DM Intagram @NifaFani. Berkomentarlah dengan baik dan tidak mengandung SARA, dll.