Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 87 Kelas 12 Semester 2

Selamat malam, malam ini adalah malam yang indah dimana saya masih dapat berhubungan dengan Anda dan share mengenai Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 87 yang mana akan saya bahas dibawah ini. 

Baik langsung saja.

find me on instagram @nifafani


(1) Untuk menemukan tema, terlebih dahulu harus diidentifikasi berbagai masalah yang ditemukan dalam cerita. Masalah inilah yang kemudian akan menggiring pada penemuan tema sebuah novel. Maka identifikasikanlah berbagai masalah yang kalian temukan dalam novel Nyanyi Sunyi dari Indragiri.
a) Permasalahan pertama yang ditemukan adalah persoalan lingkungan yang dihadapi tokoh dalam novel. Persoalan dimulai pada April 1998, saat keadaan politik memburuk akibat jatuhnya harga rupiah. Keadaan tersebut menyebabkan harga getah karet dan kayu melambung tinggi.

b)_ Permasalahan kedua yang ditemukan adalah diketahui bahwa hutan telah banyak yang gundul olehmana perlakuan PT Riau Maju Timber yang telah melakukan penebangan kayu hampir mencapai seluruh perbatasan barat kampung.

c) Permasalahan ketiga terjadi pada tahun 1986 yang mana panas terik sepanjang tahun, beras langka, pohon karet tak mengeluarkan getah dan penduduk kampong banyak yang mencari ubi dan talas ke kampong lain untuk mempertahankan hidup.

d) Permasalahan keempat, penduduk kampong kehabisan air sungai karena banyak dikeluarkan oleh PT tersebut pada saat musim panas dan pada saat musim hujan sudah tidak ada pohon yang bisa menyerap air karena sudah banyak yang ditebang.Sehingga penduduk kampong pun kehilangan mata pencaharian karena ikan-ikan pun sudah habis kekurangan air.

e)_ Beberapa hari kemudian hujan turun berhari-hari, air sungai naik dan membuat banjir serta memporak porandakan segala yang ada. Rumah-rumah dan barang-barang penduduk tidak ada yang terselamatkan. Karena banjir tersebut banyak rumah hancur, ternak terbawa air, dan korban jiwa yang tak lagi terhitung.

f) Permasalahan keenam trjadi ketika bulan Septembr dimana musim hujan dan juga permukaan sungai Indragiri naik dan peristiwa yang terjadi adalah Kalid kehilangan abahnya.

g)_ Permasalahan ke tujuh terjadi kebakaran yang disebab kan oleh Kalid an kawan-kawannya pada malam hari tanggl 12 Agustus 1998. Komplek perusahaan yang menyebabkan kampong Kalid menderita terbakar habis dan Kalid pun masuk penjara.

h) Permasalahan kedelapan, Kalid tak lagi bisa protes kepada Pemerintah karena yang mengeluarkan surat izin penebangan pohon pun juga pemerintah. Banding dan tuntutan pun diajukan namun juga semakin memberatkan Kalid karena hakim telah dibayar oleh Dedi Chandra yang mana bertanggung jawab atas kehancuran kampong.

i) Permasalahan kesembilan, terjadi pada tahun 1986, banyak yang meninggal karena kampong tersebut terkena wabah kolera, Bantuan dari obat-obatan dan dokter yang datang terlambat membuat  banyak korban berjatuhan.

j) Permasalahan kesepuluh, pergolakan batin Kalid sendiri yang mana pedih melihat nasib orang miskin sehingga ia bertekad untuk memperbaiki kehidupan dikampungnya baik dari segi pendidikan, infrastruktur dan pembangunan.

Terima kasih telah berkunjung ke blog pribadi saya. mohon maaf bilamana ada salah kata.