Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 29 Kelas 12 Semester 2

Selamat sore. Nah ini dia yang ditunggu-tunggu. Buat yang menanti halaman 29, nih akan segeran saya posting. Dan ingat, mohon untuk dikoreksi terlebih dahulu karena apa yang posting kali ini toh belum tentu 100% benar adanya.

Mari langsung saja kita bahas..

find me on instagram @nifafani


(3) Baca dan cermati kembai teks tersebut. Argumentasi apa saja yang diutarakan penulis untuk mendukung gagasannya? Tuliskanlah argumentasi yang kalian temukan ke dalam kolom berikut

Argumentasi

1. Bahasa yang baik adalah bahasa yang digunakan sesuai dengan situasi pemakaiannya, sedangkan bahasa yang benar adalah bahasa yang digunakan sesuai dengan kaidah (aturan) bahasa.

2. Banyak orang yang menganggap bahwa bahasa Indonesia hanya memiliki satu warna/ ragam. Mereka tidak (mau) menyadari bahwa bahasa Indonesia memiliki banyak ragam, identik dengan keanekaragaman masyarakat penggunanya.

3. sesungguhnya orang tidak perlu berbahasa baku saat tawar-menawar di pasar atau sedang mengobrol dengan tetangga saat ronda.

4. sangatlah tidak pantas jika ada orang menggunakan bentuk-bentuk tidak baku itu dalam sebuah seminar, dengan teman akrabnya sekalipun.

5. Dalam batas-batas tertentu, pelanggaran atas penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar mungkin masih dapat dimaklumi.

6. Konon, setiap jengkal ruang (karakter) di surat kabar bernilai bisnis. Oleh karena itu, permakluman yang sama seharusnya tidak diberikan kepada penyiar yang membacakan tulisan itu untuk pendengar/pemirsanya.

7. Tidak berbeda dengan ragam bahasa yang lain, ukuran baik dan benar tetap dapat diterapkan pada dua ragam (iklan dan sastra) itu.

8. “Keanehan” berbahasa dalam iklan dan sastra (kalau memang ada) harus dipandang sebagai kreativitas berbahasa pembuat/pengarang selama tidak bertentangan dengan kaidah bahasa yang berlaku.

9. Keanehan berbahasa, karena sudah berlangsung lama dan berterima, sering tidak dianggap sebagai kesalahan.

10. Padahal, jika ditanya siapa yang memberi perhatian dan siapa yang memberi ucapan, pasti tidak ditemukan jawaban yang benar karena –nya dan di mengacu kepada orang ketiga: bukan orang pertama dan kedua yang sedang berdialog, baik dalam surat maupun pidato.

Sekian dahulu postingan dari saya kali ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

7 Responses to "Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 29 Kelas 12 Semester 2"

  1. Terimakasih kaa sangat bermanfaat hihihi

    ReplyDelete
  2. Ka halaman 30-39 mana? Gaada ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tunggu ya, masih belum bisa post karena jaringan ga bersahabat sekali. Ini aja pakai paketan minim :')

      Delete
  3. halaman 30 belum ya ?
    sebelumnya terimakasih, sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditunggu yaa.. satu" masuk daftar req dulu :)

      Delete

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel