Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 36 Kelas 12 Semester 2

Selamat pagi. Akhirnya di titik tak kuat saya untuk meneruskan begadang, Sebentar saja saya akan memutuskan untuk mengistirahatkan diri barang sebentar saja...

Baik, langsung saja mari kita bahas bersama..

find me on instagram @nifafani


Tugas 3

Menganalisis Teks Opini/Editorial

(1) Pada bagian ini kalian akan diajak untuk menganalisis fungsi sosial teks opini/editorial. Kalian bebas memberikan pendapat atau memberikan penafsiran tentang teks tersebut. Tentu kalian tidak akan kesulitan, karena kalian sudah memahami bagaimana struktur teks opini/editorial, bagaimana ciri kebahasaan yang kerap digunakan pada teks tersebut, serta informasi apa saja yang dibutuhkan untuk membangun sebuah teks opini/ editorial. Oleh karena itu, bacalah kembali secara saksama teks tersebut! Informasi apa sajakah yang kalian peroleh dari teks “Menjual Sembari Menjaga Nirwana” tersebut? Coba kalian sebutkan satu-persatu!

a) Ternyata Indonesia memiliki banyak tempat indah.

b) Tempat-tempat indah itu masih terbengkalai dan belum digarap.

c)_ kepulauan Togean, Sulawesi Tengah,memiliki pantai-pantai molek, laut yang bening dan tenang, serta ikan berwarna-warni yang menyelinap di antara terumbu karang indah.

e)_ Di dunia ini hanya ada tiga tempat yang memiliki barrel—ombak berbentuk terowongan— yang dapat ditemui sepanjang waktu: Hawaii, Haiti, dan Mentawai.

f) hanya ada 8 juta wisatawan asing yang datang berkunjung ke Indonesia

g) Rakyat Indonesia lebih suka membabat hutan untuk mengambil kayunya, menggali buminya untuk mengeduk mineral di dalamnya, atau menggantikan pepohonan hutan dengan kelapa sawit

h) Di Togean, seorang pemilik resor harus membayar nelayan secara berkala agar mereka tidak memburu ikan dengan bom demi menjaga kualitas alam.

i) Bersama lembaga seperti WWF, masyarakat di sana mengembangkan wisata sungai dan rimba

.j) tidal bore yang dirindukan para selancar sungai, dan diakui sebagai yang terbaik di dunia


Sekian dahulu dari saya.. Mohon maaf bila ada salah kata.