Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 8 Kelas 12 Semester 2

Selamat malam.. Ditemani dengan cuaca Surabaya yang cukup panas dan hati yang kembang kempis memikirkan hari esok akhirnya saya dapat meluangkan waktu saya sebentar untuk berbagi Kunci Jawaban dengan Anda.

find me on instagram


Terima kasih sebelumnya bagi Anda yang masih setia untuk mengunjungi blog @NifaFani ini. Kali ini saya telah mendapatkan buku Bahasa Indonesia semester 2, untuk itu disamping saya tengah mengerjakan beberapa hal rumah yang perlu dibereskan, saya pun menulis kembali. Karena buku ini baru saya dapatkan *pinjaman juga* maka segeralah saya mengisinya *meski tidak semua* jadi di harap sabar bagi yang menanti Kunci Jawaban yaaa..

Oke langsung saja deh.. Siapa tahu memang sudah banyak yang menunggu..

Pada Tugas 1 ini, kalian diajak untuk memahami struktur teks opini/ editorial dengan menguak teks “Menjual Sembari Menjaga Nirwana” yang menjadi teks model dalam Pelajaran 4. Perhatikanlah secara saksama teks. berikut ini dan bacalah.

Setelah kalian membaca teks “Menjual Sembari Menjaga Nirwana” tersebut, cobalah kalian diskusikan beberapa hal berikut.

(1) Setujukah kalian bahwa penulis teks tersebut ingin mengemukakan pendapatnya?

Jawaban : Iya saya setuju. Penulis dari teks “ Menjual Sembari Menjaga Nirwana “ Memang hanya ingin mengemukakan pendapatnya saja. Namun selain itu juga membuka pandangan kita bahwasanya masih banyak tempat wisata yang dapat kita kunjungi di Indonesia ini dan bila kita dapat serta mau menjaganya maka akan terlestarikan.

(2) Apakah penulis sekadar ingin menjelaskan pandangannya mengenai persoalan yang diangkatnya, atau juga bermaksud memengaruhi pembaca agar menyetujui pemikirannya?

Jawaban : Menurut saya, penulis tidak hanya ingin menjelaskan pandangannya saja namun juga bermaksud agar pembaca menyetujui pemikirannya.

(3) Sebutkan alasan kalian mengapa teks “Menjual Sembari Menjaga Nirwana” ini bisa disebut teks opini/editorial.

Jawaban : Menurut saya, teks “Menjual Sembari Menjaga Nirwana “ biasa disebut teks opini atau editorial karena ada unsur pendapat sang penulis. Dan dalam teks tersebut lebih ditekankan mengenai pendapat penulis tentang berbagai peristiwa yang menyangkut pariwisata, wisatawan, dll yang ada di Indonesia.

(4) Argumentasi apa saja yang dikemukakan oleh penulis dalam teks “Menjual Sembari Menjaga Nirwana”?

Jawaban : Argumentasi Penulis

Selama ini pemerintah hanya menjual Bali dan Bali, atau—kalau mau dikatakan agak berpandangan luas sedikit—bergesernya pun paling-paling hanya ke Yogyakarta dan Danau Toba. Padahal tempat-tempat itu tidak perlu “dijual” lagi dan sebaiknya dibiarkan jalan sendiri.

Pemerintah seharusnya bisa menaikkan jumlah wisatawan asing yang datang ke negeri ini. Tahun lalu, menurut catatan Badan Pusat Statistik, hanya ada 8 juta wisatawan asing yang datang berkunjung ke Indonesia. Jangankan dibandingkan dengan Prancis yang mampu mendatangkan 83 juta turis tahun lalu, jumlah wisatawan asing ke Indonesia masih jauh dari Malaysia, yang menurut United Nations World Tourism Organization kedatangan 25 juta pelancong pada 2012. Ini menempatkan Malaysia pada peringkat ke-10 negara dengan jumlah wisatawan asing terbanyak. “

Nah, sekian dahulu postingan saya kali ini. Mohon maaf bilamana ada salah kata dan perbuatan saya. Bila ada yang kurang berkenan mohon diungkapkan secara langsung bukan seperti kanak-kanak yang menyembunyikannya dan kemudian menyebarkannya. Saya yakin Anda semua adalah orang yang berpendidikan dan juga terpelajar.

Untuk Anda yang ingin les renang dapat menghubungi saya via SMS 089604344739 atau via email stefanikristina@gmail.com . Tapi akan lebih baik hubungi saya via SMS atau whats app 08960434739.