Pentingnya Etika

Etika – Seiring berkembangnya waktu dan zaman, membuat orang atau masyrakat kita umumnya kini meremeh kan bahkan lalai untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan keluarga, teman, kerabat, relasi, dan lain-lain.



Kurangnya kesadaran akan etika khususnya sopan santun kini membuat menteri pendidikan menghasilkan suatu kebijakan baru yaitu kurikulum 2013 yang lebih mengedepankan akan etika. Perlu kita ketahui bahwa etika sangat berpengaruh dalam kehidupan kita sehari-hari. Bilamana Anda pintar namun Anda tidak memiliki etika maka sama saja Anda tidak bermoral. Setinggi apapun derajat atau ilmu yang Anda miliki namun Anda tidak memiliki etika maka sama saja Anda tidak akan di hormati oleh orang lain.

Satu cerita akan saya share kepada Anda sebagai contoh pentingnya etika

Suatu hari terdapat seorang perempuan yang cantik, namun ia tidak hanya cantik akan tetapi juga berilmu. Namun tahukan Anda ketika ia melanggar suatu peraturan sebanyak 3x dan ia tidak pernah terkena sanksi, hanya tercatat saja setiap pelanggaran yang ia langgar. Lalu? Ia pun mendapatkan pelajaran dari semua itu. Ketika melamar pekerjaan dan ia diterima karena kualitas yang ia miliki, akan tetapi tidak berlangsung lama, perusahaan yang mencek setiap catatan kehidupannya pun memberhentikannya dihari itu juga. Mengapa? Karena perusahaan menilai ia tak memiliki etika dengan melakuka pelanggaran yang tidak kentara itu.

Nah,  disini kita dapat sedikit lebih tahu bahwa betapa penting dan berpengaruhnya etika dalam kehidupan kita sehari-hari. Terkadang saya juga berpikir apakah saya sendiri ini sudah benar? Apa saya sendiri ini sudah memahami serta menerapkan etika itu dalam kehidupan sehari-hari saya?
Dilain cerita kehidupan saya, saya pun belajar hal lain..

Pernah dahulu saya memiliki seorang teman. Teman yang sudah cukup lama kami dekat, namun semua hilang dan berakhir hanya karena ia tak memiliki etika. Terkadang saya merasa kasihan padanya, namun di lain pihak saya tidak bisa membiarkan dia begitu saja. Rasa iba menyelimuti sehingga saya memutuskan untuk menjauhinya dengan tanda kutip saya pun berharap ia memahami dan mengerti serta merubah apa yang menjadi kesahalannya di masa lalu. Namun sayang sekali semua itu sukar.

Seperti halnya arti dan makna etika yang kita ketahui, semua itu kembali pada pribadi orang tersebut dan tak terlepas dari lingkungan. Untuk itu sangatlah sukar bilamana kita ingin menyadarkan seseorag. Namun manusia pun makhluk sosial, mereka tidaklah bisa hidup seorang diri. Jadi bagaimana pun hebat orang tersebut tetaplah ia membutuh kan orang lain disamping mereka. Jangan lah seseorang, suami tanpa istri pun pincang dalam kehidupan berumah tangga, begitu juga sebaliknya.

Dari pengalaman pribadi saya serta artikel yang saya buat kali ini, saya berharp dapat memberikan sedikit gambaran akan pentingnya etika. Etika apa saja baik di lingkungan rumah, keluarga, teman, sekolah, masyarakat, dan lain-lain. Apabila Anda orang Jawa ( bukan saya bermaksud rasis ) namun hal ini perlu di tekankan agar kebudayaan timur kita tidak hilang berganting dengan kebudayaan barat.


Sekian dari saya, Selamat Siang..