Pembahasan Sejarah Indonesia Halaman 102 Kelas 12

Selamat malam, Puji Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang mana telah mendatangkan atau memberikan berkat kepada kami semua para admin sehingga masih dapat membagikan informasi kepada Anda sekalian.

instagram @nifafani


Nah langsung saja mari kita bahas untuk halaman 102. Karena sudah malam dan waktu untuk belajar akna hal lainnya jadi saya percepat untuk posting..

LATIH UJI KOMPETENSI

1. Jelaskan latar belakang terjadinya 
:
a. upaya pembebasan Irian melalui operasi militer

b. konfrontasi antara Indonesia dengan Malaysia.

Jawaban :

a. Upaya yang dilakukan untuk pembebasan Irian melalui operasi militer adalah dengan cara dimulai pengambilalihan semua perusahaan milik Belanda di Indonesia oleh kaum buruh. Untuk mencegah anarki, KSAD, Nasution, mengambil alih semua perusahaan milik Belanda dan menyerahkannya kepada pemerintah. Upaya ini di latar belakangi oleh karena Indonesia ingin memperebut dan mempertahankan Irian Barat.

b. Latar belajang terjadinya konfrontasi antara Indonesia dengan Malaysia adalah karena akibat pembentukan Negara federasi Malaysia yang dianggap Indonesia pro terhadap imperialisme Barat.

2. Jelaskan tentang kebijakan sanering yang dilakukan oleh pemerintah pada tahun 1959.

Jawaban : Kebijakan sanering yang dilakukan pemerintah berdasarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang No. 2/1959 yang berlaku tanggal 25 Agustus 1959 pukul 06.00 pagi. Peraturan ini bertujuan mengurangi banyaknya uang yang beredar untuk kepentingan perbaikan keuangan dan perekonomian negara. Untuk mencapai tujuan itu uang kertas pecahan Rp500 dan Rp1000 yang ada dalam peredaran pada saat berlakunya peraturan itu diturunkan nilainya menjadi Rp50 dan Rp100. Kebijakan ini diikuti dengan kebijakan pembekuan sebagian simpanan pada bank-bank yang nilainya di atas Rp25.000 dengan tujuan untuk mengurangi jumlah uang yang beredar. Kebijakan keuangan kemudian diakhiri dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang No. 6/1959 yang isi pokoknya ialah ketentuan bahwa bagian uang lembaran Rp1000 dan Rp500 yang masih berlaku harus ditukar dengan uang kertas bank baru yang bernilai Rp100 dan Rp50 sebelum tanggal 1 Januari 1960.


Nah, sekian dahulu jawaban dari saya.. Mohon Anda dapat menjadi copaster yang cerdas.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pembahasan Sejarah Indonesia Halaman 102 Kelas 12"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel