Pembahasan Soal Sejarah Indonesia Halaman 184 Kelas 12

Selamat malam, terima kasih untuk Anda yang masih setia mengunjungi blog @SemuTeam. Hari ini saya akan share mengenai Kunci Jawaban Soal Sejarah Indonesia Kelas 12 untuk halaman 184. 

instagram : @NifaFani


Baik langsung saja untuk mengenai Kunci Jawaban Soal Sejarah Indonesia Kelas 12.

LATIH UJI KOMPETENSI

1. Jelaskan perbandingan antara pemilu yang dilakukan pada masa Orde Baru dengan masa Orde Reformasi!

Jawaban : Di bawah ini adalah tabel yang menunjukkan Perbandingan pemilu yang diadakan pada masa Orde Baru dengan Reformasi dengan menunjukkan persamaan dan perbedaannya.

Persamaan
Perbedaan
-          Rakyat tetap memilih sesuai dengan keinginannya. Dalam arti dipilih langsung oleh rakyat.
-          Masa reformasi lebih banyak suap dan sogokan. Jadi untuk terpilih rakyat di berikan dana dengan nominal tertentu agar mau memilih salah satu calon.

2. Apa yang dimaksud dengan desentralisasi pemerintahan. Jelaskan! Berikan pula penjelasan tentang pembaharuan yang terjadi di bidang ini!

Jawaban : Desentralisasi pemerintahan adalah kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah, konsep otonomi dan asas-asas penyelenggaraan pemerintahan. Selama masa Reformasi hingga kini, berbagai pembaharuan nyatanya memang terjadi. Pemilu misalnya, berlangsung lebih demokratis. Pembaharuan di bidang hukum juga terjadi. Desentralisasi berlangsung, dan gerakan separatis GAM bisa diakhiri

3. Jelaskan perbedaan antara pemerintahan Megawati dengan SBY dalam penyelenggaraan Pemilihan Presiden!

Jawaban : Dibawah ini adalah tabel perbedaan antara pemerintahan Megawati dengan SBY dalam penyelenggaraan Pemilihan Presiden

Megawati
SBY
Pemilu pada zaman Megawati tidak menggunakan suara langsung dari rakyat Indonesia melainkan pemilihan tersebut melalui ditentukan oleh suara Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)
Pada pemilihan Presiden tahun 2004 (SBY-JK) ditentukan berdasarkan pemungutan suara langsung rakyat Indonesia.

Selamat hari minggu, Tuhan Yesus Memberkati.