Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 8

Hai kembali lagi kita mulai bersekolah dan kini.. hari ini.. saya akan membagikan informasi seputar kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 12 :D Ciyeee yang sekarang sudah kelas 3 ^^

Tugas pertama kita adalah membaca Sejarah Hari Buruh di halaman 6 hingga 8 yaa.. Mari kita baca dahulu yaa :) Kemudian diskusikan soal pertanyaan pada halaman 8 yaa..



1. Menurut kalian, berapa lama sebenarnya jam kerja yang pantas bagi seseorang dalam sehari?
Jawaban : Jam kerja yang pantas bagi seseorang dalam sehari adalah 8 jam. Alasan saya mengatakan 8 jam adalah menurut sumber tahupedia, dalam sehari ada 24 jam. Maka 24 jam tersebut dibagi menjadi 3 yaitu 8 jam untuk bekerja, 8 jam untuk rekreasi, dan 8 jam untuk istirahat.

2. Apakah ada undang-undang yang mengatur jam kerja di Indonesia?
Jawaban : Ya benar, ada undang-undang yang mengatur jam kerja di Indonesia. Ada pada UU No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.

3. Dalam kepmen No. 102 Tahun 2004 disebutkan waktu kerja lembur adalah waktu kerja yang melebihi 7 jam sehari dan 40 jam 1 minggu untuk 6 hari kerja dalam 1 minggu atau 8 jam sehari dan 40 jam 1 minggu untuk 5 hari kerja dalam 1 minggu atau waktu kerja pada hari istirahat mingguan atau pada hari libur resmi yang di tetapkan pemerintah. Apakah kalian setuju dengan adanya waktu kerja lembur tersebut?
Jawaban : Ya, saya setuju dengan peraturan tersebut. Alasan saya menyetujuinya karena seperti jawaban pada nomor 1 yaitu pembagian jam kerja. Jadi waktu yang telah di buat ole Kepmen telah benar hanya dalam proses pelaksanaannya yang perlu di tegasi.

4. Pantaskan orang yang bekerja lembur mendapatkan upah lebih?
Jawaban : Ya, menurut pendapat saya pantas karena sesuai dengan peraturan dalam UU ketenagakerjaan telah di jelaskan bahwa adanya perhitungan untuk uang lembur. Maksimal lembur bagi pekerja adalah 3 jam dalam sehari dengan rumus yang tertera sesuai dengan UU ketenagakerjaan dan gaji pokok atau tetap yang di berikan setiap perusahaan.

5. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa oran yang kerja berlebihan rentan terkena serangan jantung. Hal ini bisa di katakan sebagai risiko dari kerja yang berlebihan. Lalu, apa lagi bentuk risiko lain yang kalian ketahui?
Jawaban : Ya benar, setiap pekerjaan pasti memiliki risiko dengan tingkatan yang berbeda-beda. Contohnya adalah salesman, mereka memiliki risiko selain waktu kerja yang lebih dan juga kerja yang mengharuskan mereka untuk pergi dari satu tempat ke tempat lainnya. Ada yang berisiko menerima  banyak menerima keluhan, dan lain sebagainya.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

23 Responses to "Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 8"

  1. Soal hal 9 juga dong. Yang table itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. next time yaa :) waiting please.. Thx Before. Gbu

      Delete
  2. soal hal 9 juga. yang table

    ReplyDelete
  3. thanks admin benrmafaat sekali jadi lebih mudah mencari nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah, sering" mampir ya, sukses selalu !!

      Delete
  4. Like this blog. Page 9 please. :)

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Terimakasih, sangat membantu sekali :)

    ReplyDelete
  7. Kak butuh jawaban halaman 9 dong?:D

    ReplyDelete
  8. makasih cantik, sangat berguna banget

    ReplyDelete
  9. Di tunggu yaa halaman 9 yang table ituu

    ReplyDelete
  10. Makasi kak .....tapi jawaban soal halaman 9 yang tabel kok ngak ada kak ?

    ReplyDelete
  11. butuh yg halaman 21-22 nih ka :(

    ReplyDelete

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel