Pengertian Iman Secara Kristiani

Selamat Malam..

Hari ini adalah hari kedua saya mengikuti kelas katekisasi. Disini saya banyak belajar akan firman Tuhan dan juga kehidupan. Awalnya motivasi saya untuk mengikuti kelas katekisasi hanyalah untuk mengaku percaya saja dan baptis sidi, tidak ada unsur lain seperti ingin belajar lebih dalam akan firman Tuhan dan lain sebagainya. Namun hanya satu yaitu, baptis SIDI.

Di hari kedua ini saya belajar akan firman Tuhan mengenai IMAN. Saya merasa bagaikan di sentil oleh Tuhan. Jujur saya memang mengaku percaya saya beriman kepada Tuhan Yesus Kristus, namun sering kali saya pun juga merasa bahwa Tuhan begitu jauh dengan saya.

Jadi apakah IMAN itu secara Kristiani?



Iman , dalam bahasa Ibrani artinya adalah AMAN.

Dimana Iman sebenarnya adalah berpegang teguh, menyerah kan diri kita sepenuhnya kepada Allah secara total. Bila kita percaya maka kita akan secara penuh menyerah kan diri kita kepada Allah dan percaya kan setiap rancangan yang Allah rencanakan dalam kehidupan kita.

2 Korintus 5 : 7

" Sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat "

Jadi karena iman, kita dapat percaya pada Allah, dan oleh Iman lah kita diselamatkan. Karena bukan dari apa yang kita lihat, melainkan karena kita percaya pada Allah, Sang Pencipta yang senantiasa memberikan anugrah keselamatan dan kehidupan bagi kita semua,

Roma 10 : 17

" jadi, iman timbul dari pendengaran dan pendengaran oleh firman Kristus "

Dari mendengar kemudian memahami dan kita bisa menjadi beriman. Hal itu benar-benar saya rasakan dalam kehidupan saya secara pribadi. Saya mendengarkan firman Tuhan, firman yang begitu sering saya dengarkan dan kemudian baru saya mulai ingin memahami sehingga kini saya mulai ingin lebih mengenal Tuhan lebih dalam agar saya menjadi orang yang beriman. Bagaimana dengan Anda?


Bila kita baca Markus 6 : 45-52 maka kita akan membaca cerita tentang Tuhan Yesus yang berjalan diatas air. itulah mengapa pentingnya kita memahami akan Tuhan. Dalam ayat tersebut dapat kita pahami, bahwa murid-murid Tuhan Yesus tidak terlalu paham tentang Tuhan sehingga Tuhan mereka kira hantu. Namun bila seandainya mereka betul-betul mengenal Tuhan dan percaya akanNya, maka iman lah yang menyelamatkan mereka. Mereka akan betul-betul mengenal serta memahami Tuhan lebih dalam.

Hari ini pun saya belajar dari 1 Korintus 9 : 29a " Iman adalah karya Roh Kudus "

Jadi bila hingga hari ini saya masih beriman pada Tuhan Yesus Kristus dan saya hadir dalam kelas katekisasi tersebut, semua adalah karya Roh Kudus. Roh Kudus bekerja dalam diri saya, hidup saya dan menjadikan saya belajar serta rindu untuk mengenal, lebih mengasihi Tuhan dan menjadikan firman Tuhan adalah nafas hidup saya.

Hari ini di tengah pergumulan saya, saya terus berdoa dan juga meminta dukungan doa dari para rekan katekisan agar saya lebih di kuatkan dalam suatu problem masalah di kehidupan saya. Jujur dalam kelas hari ini saya begitu tersentuh dan ingin menangis serta menjerit pada Tuhan. Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam agar saya dapat kuat dalam menjalani setiap rintangan yang ada dalam kehidupan saya. 

Saya selalu percaya, bahwa Tuhan itu baik. Tuhan tak akan membiarkan saya sendirian. Saya tahu Tuhan akan selalu bersama saya dan Tuhan juga telah menyiapkan rancangan yang indah bagi kehidupan saya di masa kini maupun di masa yang akan datang. Untuk itu saya tidak pernah merasa khawatir maupun takut untuk menghadapi kehidupan ini. Baik kini, esok, maupun nanti. 

Bila saya dapat merasa benar-benar Tuhan hadir dalam kehidupan saya, saya harap hal ini dapat juga di rasakan oleh orang-orang yang ada di sekitar saya. Baik keluarga, teman-teman, dan juga kekasih saya. Saya percaya dalam pergumulan saya saat ini, Tuhan telah sediakan sebuah jalan yang akan membuat saya menjadi lebih beriman padaNya dan juga dewasa dalam menjalani kehidupan ini. Untuk itu saya tidak akan pernah lelah untuk mendoakan dia yang saya sayangi serta kasihi dan juga orang-orang yang ada di sekitar saya.

Jadi, bagaimana dengan saudara?

Tuhan Memberkati