Sinopsis Novel Pena Jingga - Wahyu Sujami

Sinopsis Novel Pena Jingga , Karya Wahyu Sujami


Novel Pena Jingga ini menceritakan tokoh Naufal yang merupakan eksekutif muda pewaris dari hotel Istana Pajajaran di Cianjur , Bandung . Merupakan anak sulung dari dua bersaudara , lulusan luar negeri dengan banyak wanita yang menyukainya karena katampanan dan kesuksesannya. 

Tokoh lain dari novel ini adalah Arini . Seorang sekertaris Naufal yang seorang General Manager yang di anggap memiliki affair dengan bosnya. Arini adalah teman kuliah Naufal yang ternyata telah menaruh hati padanya sejak kuliah hingga kini mereka pada satu tempat kerja. Namun Arini sadar , pada siapa ia menaruh hati.

Tokoh yang ketiga adalag Nadia . Seorang resepsionis hotel di Jogja , kenalan Naufal dari dunia maya ( facebook ) melalui puisi-puisinya dan komunikasi dari facebook lah mereka akhirnya merasakan yang namanya cinta. Namun sayang , saat itu Nadia telah memiliki tunangan yang meski tidak lagi ia cintai.

Novel ini membuat sebuah pelajaran baru dimana memang cinta itu tidak dapat kita tebak , datang secara tiba-tiba dan dengan cara yang tidak dapat kita ketahui. Cinta juga membuat sebuah kisah dan dapat menjadi pengalaman hidup yang benar-benar berharga. Tidak ada yang tahu kapan cinta itu datang namun kita sendiri yang menentukan kapan kita siap menerima cinta itu yang kemudian menyambutnya dengan penuh perasaan kasih sayang :)

Diawali dari cerita tokoh Naufal yang memiliki banyak penggemar di facebook , banyak wanita yang menyukainya , banyak juga yang ia permainkan. Ketika sang ibu mulai menyuruhnya untuk menikah , ia maish saja tidak tahu pada siapa hatinya ingin berlabuh. Dahulu ia memiliki kekasih yang begitu mencintainya , namun karena sifatnya kemudian ia menyia-nyiakan kekasihnya hingga kini mantan kekasihnya tersebut telah menikah dengan orang lain. Disini Naufal merasa sendiri dan tidak tahu harus melampiaskan perasaannya pada siapa . Kedekatan dengan sekertarisnya pun membuat Naufal akhirnya melampiaskan perasaannya tersebut pada suatu malam di Bandung di saat ia dan sekertarisnya tengah meninjau proyek cabang hotel yang akan ia bangun. Di malam itu juga karena nafsu , membuat nya hampir kehilangan segalanya.

Arini yang mencintai Naufal begitu senang ketika mendengar Naufal berkata bahwa ia akan menikahi Arini. Arini adalah seorang janda yang bercerai karena salah paham dengan suaminya. Dan ia memutuskan bekerja di hotel Naufal karena ia mencintai Naufal. 

Karena satu malam yang mereka perbuat justru di manfaatkan oleh Arini yang kemudian membuat Naufal kehilangan segalanya , keluarga nya dan juga pekerjaannya. Arini menuntut pertanggung jawaban Naufal . Tapi Naufal ragu apakah benar ia ayah dari anak yang di kandung Arini? Bukan nya Arini memiliki mantan kekasih yang masih berhubungan dengan nya ? Akhirnya Naufal pun memutuskan untuk pergi ke Jogja , dimana kemudian ia bertemu dengan Pak Wikno , seorang penyewa kuda di Pantai Parangtritis. Pandangan Naufal berubah , dan disanalah ia banyak belajar akan arti dari sebuah kehidupan.

Pada cerita novel ini cukup rumit namun membuat saya terharu :D Kisah yang di bawakan oleh penulis terasa begitu nyata hingga pada bagian dimana Naufal yang ternyata menaruh hati pada Nadia seorang resepsionis di Jogja yang merupakan kenalannya di facebook. Namun sayang Naufal tidak berani mendekati Nadia karena Naufal tahu Nadia telah bertunangan.

Disisi tokoh lain , Nadia . Dia tersiksa karena tunangannya. Tunangannya mengaku bekerja di Jakarta pada sebuah perusahaan kontraktor yang tidak tahu apa hal itu karena Nadia percaya dan tidak menanyakannya. Dalam hati kecil Nadia , ia tidak ingin menikah dengan tunangannya , Aji . Dari temannya di Jakarta ia tahu bahwa Aji sering berjalan dengan seorang wanita dan masuk ke sebuah hotel. Sikap Aji pun mulai berubah meski telah 6 bulan bertunangan , namun Nadia mulai meragukan akan perasaan Aji. Apalagi kini hadir tokoh pena jingga di kehidupannya.

Sebelum lebaran , Nadia di minta menikah oleh kaluarga Aji . Aji pun memaksa Nadia untuk segera menikah. Nadia yang tidak setuju meminta perpanjangan waktu pada orang tuanya karena ia yakin bila ia minta untuk di batalkan maka orang tuanya tidak akan menyetujuinya . Keluarga Nadia berhutang budi pada keluarga Aji yang telah memberikan bantuan dana untuk usaha kedua orang tua Nadia. Karena itu lah Nadia merasa bagaikan seseorang yang dijual oleh orang tuanya. Namun toh pernikahan pun segera di laksanakan meski Nadia menolak. Sayang , rumah tangga Nadia tidak bertahan lama . Rahasia Aji terbongkar ketika usia pernikahannya baru beberapa hari, Di malam pertamanya pun mereka bukan meninggalkan momen romantis namun sebuah kenangan buruk karena pertengkaran mereka. Tapi akhirnya Nadia bersyukur dapat bebas kembali dari Aji dengan hadirnya perempuan yang selama ini menjadi simpanan Aji di Jakarta . Nadia meminta cerai dan kembali ke rumah orang tuanya. 

Disini tidak hanya tokoh Naufal yang belajar akan arti dari kehidupan , namun juga kedua orang tua Nadia serta Aji. Dan dari sini juga ketika selesai membacanya saya mulai memahami akan apa yang kedua orang tua saya pikirkan terutama ibu saya yang begitu peka karena naluri keibuannya. Saya juga belajar dari cerita Nadia dan ibu Naufal , ibu Hanum . Saya bukan bercermin atau menyamakan , namun saya sebagai seorang anak mulai belajar untuk memahami akan apa yang orang tua saya pikirkan. Manusia memang tidak selalu benar , mungkin ibu saya pun dalam penyampaiannya kurang tepat . Tapi sedikit demi sedikit saya mulai memahaminya , dari tokoh ibu Hanum. Sayangnya meski begitu , saya merasa belum siap menerimanya.

Mengetahui status Nadia yang telah janda dan kisahnya , Naufal mulai mencari Nadia. Di akhir cerita , semua tokoh saling memaafkan , semua yang ada di masa lalu tidak hanya di jadikan kenangan, namun juga sebuah pelajaran berharga bagi mereka yang telah menjalaninya. 

Untuk yang belum membaca novel ini bisa mencari nya di perpustakaan wkwk :D atau di lapak online yah .. karena ini novel tahun 2012 entah apa masih beredar di toko buku ^^

Terima kasih untuk penulis yang menghadirkan kisah dalam novel ini , serta kepada Tuhan yang Maha Esa yang mempertemukan saya dan mengijinkan saya untuk membaca novel ini *lebay* hehe terpengaruh dari penulis Lan Fang :'). Dan terima kasih juga untuk dirinya yang selalu ada untuk ku :) , kekasih ku .. my boo.. Aku berharap kisah kita juga berakhir manis. Aku mencintaimu.