Struktur Teks Cerpen dan Contoh Cerpen

Hai para pembaca setia blog @NifaFani , saya akan membagi kan tentang struktur teks cerpen dan contohnya .. Karena hari ini saya di minat tolong adik untuk mengerjakan tugas kelompoknya hehe :) Oke mari langsung saja yuk kita bahas Struktur Teks Cerpen :D


1.       Tema
Tema disebut juga intisari cerita atau sesuatu yang menjadi dasar cerita
2.       Perwatakan atau pertokohan
3.       Alur atu Plot
Alur atau plot adalah rangkaian kejadian atau peristiwa dalam cerita yang memiliki hubungan sebab akibat
4.       Latar
Latar merupakan segala keterangan mengenai waktu, tempar, atau suasana yang terjadi dalam cerita
5.       Pusat Pengisahan
Pusat pengesahan adalah posisi atau penempatan diri pengarang dalam cerita atau darimana dia melihat peristiwa-peristiwa dalam cerita itu. 
6.       Amanat
Amanat adalah pesan yang ingin diasampaikan pengarang kepada pembaca cerita.
7.       Gaya Bahasa
Gaya bahasa yang dimaksud disini yaitu tingkah laku pengarang dalam menggunakan bahasa


Cerpen By @NifaFani

Handono sangat menikmati hari liburnya , ia sudah lama ingin menikmati indahnya pantai di masa kecilnya yang jauh berbeda dengan pantai Kenjeran di Jawa , dimana ia berasal .Akhirnya perjalanannya yang jauh dari Jawa ke timur nusantara itu memuaskan , ia cukup menikmati waktunya bersama sahabatnya , Albert.

Dahulu ia melihat kapal itu begitu kecil dari kejauhan dan tak sebagus seperti yang tengah ia lihat saat ini. Dahulu ia datang ke kota ini dengan kapal barang yang tidak sebagus kapal yang ia tumpangi saat ini, kapal dengan model dan buatan terbaru sehingga membuat penumpangnya nyaman.

Sepertinya sudah banyak berubah sejak dua belas tahun yang lalu ia mulai kembali ke Jawa. Dari kecil ia tinggal di Papua dan kemudian di umur yang ke 10 ia kembali ke Jawa untuk menuntut ilmu. Rasanya seperti sudah berabad-abad ia tidak mengenal tempat diaman ia dibesarkan ini.

Entah apa yang menariknya ketika melihat pemandangan di seberang sana ia kemudian menjadi tertarik untuk mengikuti segerombolan gadis yang akan mengambil kayu. Ia bertanya pada sobatnya , Albert apakah ia dapat mengikuti segerombolan gadis tersebut untuk mencari kayu? Sahabatnya memang heran akan tingkah Handono karna di sukunya hanya kaum wanita lah yang mencari kayu, tidak ada kaum pria mencari kayu di hutan. Tugas para pria adalah berburu , bukan mencari kayu.

Handono pun mulai mengikuti segerombolan gadis itu untuk mencari kayu, ia berlari menaiki bukit begitu turun dari kapal.

Densemina , seorang gadis yang memang tidak cantik namun manis , tidak juga berkulit putih namun terlihat menarik. Gadis itulah yang membuat Handono terpikat dan naik turun bukit hanya untuk melihatnya. Hingga kemudian ia berkenalan dan mulai mengenalnya. Siapa sangka gadis yang dikiranya berusia remaja ini justru masih berusia tiga belas tahun.

Densemina adalah adik dari Albert. Saat Handono kembali ke Jawa , lahirlah Densemina. Perjalanan nya di Papua ini semakin membuatnya senang karena dapat kembali menikmati indahnya alam yang di miliki bumi pertiwi ini. Oleh Densemina pun , seorang gadis kecil yang berambut ikal ini , ia dapat lebih menghargai akan apa yang kini tengah ia miliki.

Saat kembali ke Jawa pun , ia terus memegangi siput kecil yang manis , hadiah dari Densemina . Seorang gadis kecil penuh semangat dan senyuman yang hangat.


Oke sekian dahulu yah postingan dari ku hehe :D Semoga dapat membantu Anda dalam mengerjakan tugas bahasa Indonesia Anda :)) Oh yah untuk yang ingin pasang iklan silahkan Anda kunjungi postingan saya yang sebelumnya yah di Cara Pasang Iklan Murah :D