Sinopsis Buku Harian Nayla 8 Tahun Kemudian Episode 3

Episode 3 - Gaby kembali bertengkar dengan pacarnya Michael karena Mike tahu bahwa Gaby dekat dengan dokter Moses. Tapi di dalam mobil dalam sebuah perjalanan itu , Mike mengalah dan kemudian mengantarkan Gaby yang ingin mencari daun sirsak untuk temannya yang sebenarnya adalah untuk Dokter Moses.

Gaby mengirim pesan kepada Moses dan kemudian mengajaknya ketemuan di siang itu. Mereka bertemu di sebuah rumah makan , Gaby memberikan rebusan daun sirsak dan kemudian meminta Moses utuk jujur akan penyakit yang ia derita. Moses pun dengan terpaksa jujur pada Gaby , dan sejak saat itu mereka mengikat janji untuk menjaga kerahasiaan , Gaby akan setiap hari memberikan rebusan daun sirsak untuk Moses dan Moses berjanji akan meminumnya.

Penyakit Moses rupanya sudah hampir diketahui oleh banyak orang , Jo adik alm.Nayla pun mulai mengenali gejala-gejala dari penyakit Moses. Jo menebak bahwa Moses menderita penyakit kanker , namun saat ia mengungkapkan di meja makan dan ada keluarganya , ayah dan ibunya marah besar ( karena mungkin teringat akan Nayla )

Moses menderita kanker tulang belakang . Mama Moses yang telah mengetahui penyakit Moses kemudian bertanya ke Dr Teno dengan alasan bahwa hal tersebut menimpa anak temannya dan mama Moses ingin memberikan penghiburan . 



--

Mama Moses mencari Moses di bangsal anak dan tidak sengaja bertemu dengan Gaby . Mama Moses kaget saat melihat Gaby ( mungkin ia pikir Gaby adalah Nayla ) . Mama Moses terkejut , namun segera Moses mengajak mama Moses keluar dari bangsal anak. Moses meminta mamanya untuk tidak menceritakan bahwa Moses adalah suami Nayla , dan Moses pun menceritakan semuanya pada mamanya agar mamanya bisa memahaminya.

Akhirnya keingin tahuan mama Moses akan ' mengapa akhir-akhir ini Moses terlihat bahagia " terjawab :) Karena adanya Gaby yang hadir dalam hidup Moses yang .. mirip Nayla..

13.02 alarm Gaby berbunyi . . Waktunya Gaby pergi ke Sanggar Autis tempat dimana ia bekerja. Awalnya Moses ingin ikut untuk mengantar , namun adanya panggilan dari Dr. Teno. 

Dr. Teno bercerita pada Moses tentang mama Moses yang telah mengetahui penyakit Moses namun tidak mengatakannya secara langsung..

Moses bertanya-tanya apakah mama Moses telah mengetahui penyakit nya ? Moses kembali bercerita pada Nayla ~ lewat buku harian Nayla.. 

Moses ingin bertemu dengan Nayla ~ Namun Moses tidak mungkin meninggalkan mamanya...

Ayah Gaby datang ke kantor ayah Mike untuk meminjam uang dengan senilai 5 jt rupiah , namun ayah Mike tidak ingin memberikannya . Ayah Gaby mengancam ayah Mike bahwa akan memutuskan hubungan anak mereka. Ayah Gaby dan Ayah Mike pun bertengkar. Mike bercerita pada Gaby , Gaby pun tersedak dan merasa tidak enak dengan keluarga Mike. 

--

Mama Moses datang ke Kuburan Nayla .. Mama Moses berbicara dengan Nayla . ia meminta Nayla jangan membawa Moses bila ia sayang dengan Moses :') . Di belakang Mama Moses ada Jo yang tidak sengaja mendengarkan apa yang Mama Moses berbicara dengan Nayla. Jo bertanya pada Mama Moses apakah Moses sungguhan sakit ? Dan akhirnya ... keduanya menangis di dekat kuburan Nayla..

Mama Moses masih berharap bahwa adanya Mukjisat dari Tuhan.. Moses selalu sehat dan Tuhan masih bebelas kasihan untuk tidak mengambil Moses..

Jo menuntut penjelasan dari Moses bahwa ia sungguhkah sakit ? Akhirnya pun Moses mengakui bahwa ia menderita penyakit kanker .. 

Moses pun mengaku juga ke keluarga Nayla .. Di meja makan itu .. Moses mengaku bahwa ia menderita penyakit kanker tulang belakang. Moses meyakinkan bahwa ia bisa sembuh :') . Ayah Nayla berkata pada Moses untuk selalu jangan pernah berhenti berharap .. Mama Nayla juga berpesan jangan pernah berhenti untuk berdoa. 

Bagi Moses , dapat mengenal Nayla dan berada di keluarga kecil tersebut adalah sudah termasuk Mukjisat baginya :') dan itu membuat hidupnya lebih berarti..

Saat dirumah , Moses mendapati mamanya sedang menangis .. Moses pun minta maaf pada mamanya karena ia telah tidak jujur dengan mamanya. Dan hari itu juga Moses memberikan pengakuan pada mamanya , Moses berkata " Ma .. Aku menderita kanker tulang belakang "


Bersambung ~~ Episode 4 

Jangan lupa ya untuk baca Episode 2 , Episode sebelumnya :)