Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 60

Sebelumnya saya ingin mengucapkan Selamat Paskah dan Salam Damai untuk Kita Semua ^^
Yuk langsung saja mau bahas soal Bahasa Indonesia hehe :)

Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2 , Halaman 60



1.

a. Informasi dalam orientasi tahap 1:
Di Hollywood terdapat sebuah tradisi dimana mereka mengembangkan tradisi film musikal sejak tahun 1930 - 1960 an. berpaku pada hal o[sisi biner , dan hal ini ada dalam film Rumah Tanpa Jendela

b. Informasi dalam orientasi tahap 2:
Dalam film tersebut terdapat tokoh Aldo yang terinspirasi dari model biner dalam dongen yang berjudul " The prince and The pauper " Karya Mark Twain. Disini Aldo mewakili tokoh yang kaya  namun memiliki kekurangan dan si Rara ada tokoh yang miskin dan memiliki impian yang kemudian hari harus ia bayar mahal.

c. Informasi dalam tafsiran isi tahapan 1 :
Sesuai dengan tradisi opposite attracks , dalam cerita tersebut terdapat Aldo dan Rara yang memiliki status sosial ekonomi yang jauh berbeda. Dimulai karena suatu kecelakaan kecil dan kemudian mereka menjadi bersahabat. Namun karena kehadiran Rara membuat keluarga dari pihak Aldo terganggu sedangkan dari pihak teman - teman Rara justru membuat mereka semakin terobsesi untuk memiliki rumah berjendela karena melihat rumah Aldo yang memiliki jendela.

d. Informasi dalam tafsiran isi tahap 2 :
Kesulitan dalam sebuah film musikal adalah penyampaiannya pada penonton , tertama film musikal anak-anak.Namun dalam film ini tampak jelas dari dua pihak narasi yaitu Aldo dan Rara yang di wakilkan dengan gambaran yang jelas bahwa Aldo adalah tokoh yang kaya dan Rara adalah tokoh yang miskin dengan apa yang mereka miliki dan kenakan.Dan dalam film ini pun tersampaikan dengan jelas pesan moralnya yaitu saling menghargai meski kita berbeda status sosial ekonomi atau fisik.

e. Informasi dalam tafsiran isi tahap 3 :
Pada film Rumah Tanpa Jendela ini terdapat pesan moral yang disampaikan adalah bersyukur, Seperti yang tampak pada tokoh Rara yang menginginkan rumah yang berjendela atau kemewahan dan kemudian Aldo memberikan akses untuk semua itu, namun di sisi lain Rara di anggap tidak bersyukur atas takdirnya sehingga ia harus membayar mahal dengan orang tuanya yang meninggal , neneknya masuk rumah sakit dan rumahnya yang kebakaran.

d. Informasi dalam tafsiran isi tahap 4 :
Namun disisi lain dari film ini si kaya pun mendapatkan sebuah pelajaran yang berharga juga bahwa mereka ( keluarga Aldo ) patutnya bersyukur karena mereka masih memiliki keluarga yang utuh dan harta yang berlimpah. Oleh karena itu mereka membalas budi dengan memberikan tempat tinggal bagi Rara dan mboknya di vila mereka yang jauh dari Jakarta dan membayar semua biaya rumah sakit , jadi mereka dapat membalas budi serta tidak terganggu kenyaman mereka dirumah.

e. Informasi dalam tafsiran isi tahap 5 :
Dalam film ini menggambarkan sebuah kemiskinan adalah bagian dari takdir manusia. 

f. Informasi dalam tafsiran isi tahap 6 :
Jendela dalam film ini merupakan metafora yang mengena dimana jendela merupakan sebuah alat untuk mengakses baik dari luar atau dalam dan juga melihat. Jadi intinya baik miskin atau kaya diminta untuk sama-sama bersyukur atas apa yang telah mereka miliki.

g. Informasi dalam tafsiran isi tahap 7 :
Dalam kondisi yang di sajikan oleh film Rumah Tanpa Jendela ini lebih di tujukan pada anak-anak kelas menengah keatas yang memungkinkan mereka mengakses bioskop, jadi oleh karena itu diharapkan kelak mereka akan menjadi pribadi yang baik saat dewasa dan bila mereka kaya mereka akan semakin meperkaya diri tanpa perlu mempertanyakan mengapa ada kemiskinan dan yang miskin tidak terlalu kentara.

h. Informasi dalam tafsiran evaluasi tahap 1 :
Dalam film ini disayangkan hanya banyak penekanan adegan dramatis saja dibanding dengan lagu-lagu atau tarian yang merupakan karakteristik dari film musikal.

i. Informasi dalam tafsiran evaluasi tahap 2 :
Bila di perhatikan lebih , maka penggambaran dalam film ini tidak berlebihan.

j. Informasi dalam tafsiran rangkuman:
Dari paparan mengenai film tersebut , dapat disimpulkan bahwa film Rumah Tanpa Jendela itu menginginkan kita untuk belajar bersyukur dan bagaimana kita merespon keadaan sosial ekonomi yang ada di Indonesia ini.

Next Halaman 62 yaaa teman-teman ^^ ditunggu :)) 

Sekian dulu postingan saya kali ini , Tuhan  Memberkati ^^