Pendidikan Agama Kristen , Peran Siapa ?

Hari ini saya tidak sengaja melihat sekilas mengenai judul ini pada sebuah artikel majalah bulanan. Saya melihat judul itu sekilas dan teringat akan kata-kata guru agama saya di sekolah waktu itu . Beliau mengatakan agar saya menjadi guru agama Kristen untuk sekolah-sekolah negeri saja di kota karena masih ada banyak sekolah negeri yang kekurangan guru agama. Saat itu saya mengungkapkan cita-cita dan impian saya untuk menjadi guru namun di daerah bukan di kota besar dimana saya tinggal ini. Sayangnya justru mendapat saran demikian :).

Oke kembali ke topic.. Meski Pendidkan agama Kristen itu bersumber daripada firman Allah , namun tentu dalam hal pelaksanaannya tidak lah otomatis hanya melalui  firman saja. Pastinya ada faktor-fsktor lain sebagai penunjang. Di dunia ini penh dengan budaya dan filosofi yang mungkin tidak sesuai dengan firman Allah. Lalu bagaimana pendidikan agama Kristen ini dapat efektif ? Peran siapa kah yang dapat menjadi penunjang efektifitas pendidikan agama Kristen tersebut ?

Tuhan menggunakan beberapa mediasi untuk memberikan pendidikan keagamaan berkenaan iman dan pola hidup melalui Nabi misalnya tidak hanya Nabi Tuhan juga menggunakan Imam dan juga orangtua "umat Tuhan" . Mediasi yang digunakan oleh Tuhan dalam proses mengajarkan dan mempunyai peran penting untuk menentukan seberapa efektifnya firman Tuhan dapat tersampaikan pada anak didik.

Keluaga juga merupakan peranan penting untuk mengajarkan dan membimbing anak-anak mereka yang telah Tuhan percayakan. Keluarga pada hakikatnya tidak dibentuk oleh kehendak manusia itu saja, namun tetapi dalam iman Kristen keluarga merupakan suatu karya Allah dalam kehidupan manusia yang memiliki suatu tujuan serta maksud yang sangat mulai yaitu memuliakan Allah. Keberadaan sebuah keluarga juga bukanlah merupakan hasil dari paksaan orang tua terhadap putra dan putri mereka dan juga bukan merupakan paksaan dari laki-laki atau perempuan untuk hidup bersama , namun keberadaan keluarga merupakan inisiatif atau prakarsa dari Allah sendiri :). Hal ini harus dimengerti oleh setiap keluarga Kristen supaya mereka dapat memahami akan tanggung jawab mereka dalam keluarga dan dihadapan Allah.

Ulangan 6:6-7 Allah berfirman " Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan , haruslah engkau mengajarkan berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan,apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun " Adanya ikatan keluarga dalam anugerah Allah dan darah daging ini maka keluarga merupakan faktor yang utama untuk memberikan pendidikan kepada anak yang merupakan tanggung jawab orangtua seperti yang telah Tuhan Allah perintahkan.

Menurut tokoh agama Kristen Robert W mengungkapkan bahwa pendidikan agama Kristen yang utama adalah rumah, dimana orang tua memiliki tanggung jawab untuk mengajar anak-anak dan dalam hukum taurat. 

Jadi pada intinya , bila orangtua atau siapapun beranggapan bahwa Gereja atau sekolah Kristen merupakan tempat utama sebagai pemberlajaran atau pemberian Pendidikan Agama Kristen ini adalah kurang tepat. Karena setiap sekolah dan Gereja memiliki porsi sendiri dalam memberikan pendidikan tersebut. Tempat yang paling utama adalah keluarga. Hendaknya para orang tua dapat mengerti akan hal ini. Dalam keluarga adalah tempat pertama kali untuk memperkenalkan Allah pada anak yah melalui orang tua. Sebab melalui kasih sayang orang tua kepada Anak , seorang anak itu akan merasakan kasih Alla kepada nya secara konkrit. 

Ada banyak pesan Allah melalui firmannya yang mengingatkan setiap orang tua untuk tanggung jawab mereka mendidik anak-anak mereka untuk lebih mengenal Allah melalui keluarga.

Amsal 29 : 17 " Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketentraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu "
Efesus 6 : 4 " Dan kamu , bapa - bapa , janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu , tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan "
Yakobus 1:22 " Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja:.."

Mery Setiawani sumber majalah berkat mengatakan bahwa " anak-anak banyak dipengaruhi oleh lingkungan , khususnya dipengaruhi oleh keluarga "

Untuk itu kehidupan orang tua begitu penting untuk memberikan teladan yang baik dan positif untuk menolong pertumbuhan anak baik rohani , karakter , dan psikis. Jadi bukan Gereja atau Sekolah saja , namun peran orangtua lah yang penting :)

Sekian artikel saya kali ini yang bersumber dari majalan berkat yang entah mengapa membuat saya tertarik untuk membacanya :) Saya harap dapat menjadi berkat serta pelajaran untuk Anda :) Bahwa yang terpenting adalah peran keluarga meski ada faktor pendorong lain seperti Gereja dan Sekolah. Bila saya mengingat kejadian di masa lalu ingin saya berikan artikel yang saya baca ini kepada seorang guru dan teman saya yang pernah menganggap saya telah " salah jalan " agar mereka tahu bahwa apa yang pernah saya katakan dahulu adalah benar , saya memiliki pondasi yang kuat yaitu keluarga :)