Kunci Jawaban PKN Halaman 38

Hai selamat sore :D Karena seharian ini cukup sibuk , makanya baru sempat posting lagi nih hehe :D Nggak kerasa banget ternyata sudah jam 4 sore :D umm kalau begitu langsung saja deh hehehe :D sebelum saya sibuk kembali mempersiapkan makan malam *eaaa*

Pertanyaan :
1. Apa yang kalian rasakan ketika membaca kembali peristiwa gempa bumi dan tsunami di Provinsi Naggroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara ?

Jawaban :
Yang saya rasakan ketika membaca kembali peristiwa gempa bumi dan tsunami di Provinsi Naggroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara adalah sedih dan sedih *lebay* Tapi memang benar tentu perasaan kita sebagai manusia yang berperikemanusiaan tentu langsung merasa sedih dan turut prihatin saat mengetahui hal ini bukan? Terutama keluarga yang ditinggalkan atau yang di tinggal oleh keluarganya. Tapi ini telah ada di masa lalu , kini kita seharusnya berdoa agar tidak terjadi kembali hal serupa .

Pertanyaan :
2. Setujukah kalian apabila Kapal Induk AS , George Washington memasuki perairan Indonesia untuk memberikan bantuan kemanusian , tetapi tanpa meminta izin terlebih dahulu kepada Pemerintah Indonesia ? Berikan Alasanmu !

Jawaban :
Bila melihat keadaan , situasi dan kondisi saat itu saya mengungkapkan bahwa saya setuju . Karena itu artinya mereka memiliki rasa kemanusiaan yang cukup tinggi , begitu mendengar musibah langsung memberikan pertolongan pertama , bila masih menunggu , mungkinkah masih bisa diselamatkan para korban itu ? Bukan kah menunggu memerlukan proses beberapa waktu dan itu cukup memakan waktu

Pertanyaan :
3. Sejauh yang kalian ketahui , bagaimana kontribusi rakyat Indonesia dalam membantu korban gempa bumi dan tsunami tersebut ?

Jawaban :
Rakyat Indonesia memberikan kontribusi dan turut membantu juga korban gempa bumi dan tsunami dengan kemampuan mereka atau sesuai kemampuan mereka. Hampir seluruh rakyat Indonesia memberikan rasa simpati dan empati mereka dengan menjadi relawan menolong korban di lokasi kejadian , ada juga bernisiatif mengumpulkan sumbangan uang , selimut , pakaian layak pakai dan sebagainya untuk didonasikan kepada korban bencana tersebut. Dengan kata lain masyarakat Indonesia turut bah membahu bersatu untuk membantu para korban gempa dan tsunami di Aceh dan Sumatera Utara.

Pertanyaan :
4. Identifikasi nilai-nilai apa saja yang dapat kalian teladani dalam wacana di atas ? Nilai-nilai apa saja yang sudah dan belum kalian lakukan dalam kehidupan sehari-hari ?

Jawaban :
Dari wacana diatas nilai-nilai yang dapat saya teladani pertama adanya rasa kemanusiaan yang langsung di apresiasikan atau di lakukan atau di wujudkan oleh George Washington , lalu yang kedua rasa gotong royong yang masih ada pada diri masyarakat Indonesia , dan yang ketiga adalah  para sukarelawan yang mementingkan kepentingan golongan dan tidak mementingkan kepentingan mereka pribadi. Untuk nilai yang belum saya lakukan dalam kehidupan sehari-hari adalah mungkin terkadang kita kurang ikhlas dalam melakukan sesuatu untuk orang lain lalu mungkin terkadang kita lupa dan kurang bersyukur atas apa yang kita miliki saat ini. Dan masih banyak lagi.

Oke soalnya sudah selesai nih :D Waktunya penutupan :D Terima Kasih telah berkunjung ke blog saya ^^