Pembahasan Sejarah Indonesia Halaman 20-30

Hai , saya kembali untuk membahas soal-soal yang ada pada pelajaran Sejarah Indonesia bab 4 Tentang Tirani Matahari Terbit namun khusus saya akan menjawab pada bagian B


Pertanyaan halaman 20 :

Coba perhatikan! Mengapa Jepang tidak memberi "restu " MIAI membangun masjid agung dan universitas ? Coba cari jawabanya!

Jawaban :

MIAI tidak mendapatkan restu dari Jepang karena program MIAI dinilai tidak berhubungan dengan kegiatan Jepang pada waktu itu. Beberapa program MIAI juga membuat masyarakat pintar sehingga Jepang menolak dan hanya menyetujui satu saja.

Pertanyaan halaman 30 :

Sungguh luar biasa semangat bela tanah air yang dimiliki anggota Hizbullah . Pelajaran apa yang dapat kamu peroleh dengan belajar sejarah Hizbulla tadi ?

Jawaban :

Para anggota Hizbulla memiliki tugas yang sangat berat namun dengan semua tugas itu justru membuat mereka tambah semangat dan terus berusaha. Mereka tidak pernah lelah dan bahkan semangat juangnya atau rasa nasionalisme nya selalu ada dan terus berkembang seperti anggota Hizbulla yang terus berkembang :)

Pertanyaan halaman 30 :

Mengapa Jepang memilih untuk membentuk pasukan cadangan yang begitu besar dari umat islam ? Apa alasannya ? Coba lakukan telaah tentang hal itu!

Jawaban :

Sesuai dengan apa yang telah baca pada bagian awal , Jepang lebih cenderung memilih pemuda-pemuda islam karena Jepang tahu bahwa Islam sangat anti dengan budaya barat atau hal-hal yang berbau barat. Karena umat islam yang anti dengan peradaban barat itulah membuat Jepang semangat memanfaatkan mereka.

Sekian dahulu postingan dari saya