Pasar Kelewer Solo Kebakaran

Selamat Pagi .. Pagi ini saya mendengar berita tentang peristiwa kebakaran di pasar klewer surakarta , jawa tengah. Awalnya saya kira hal ini terjadi baru saja karena saya tidak begitu jelas mendengar berita yang di tayangkan di televisi. Lalu saya browsing dan mendapatkan beberapa artikel yang memuat berita ini.
sumber foto : numpangmejengaja.blogspot.com

Awalnya saya kaget kenapa bisa terbakar ? Beberapa waktu yang lalu pasar ambarawa dan sekarang pasar klewer. Hmm bukannya pasar klewer dikenal dengan tradisionalnya ? Bahkan menurut sumber yang di wawancarai oleh metrotv mengatakan bahwa selama ini pasar klewer belum pernah terjadi kebakaran sejak di resmikannya pasar ini pada tahun 1971. 

Pasar Klewer merupakan pasar tradisional yang dikenal menjual beraneka macam batik khas , lalu ada juga bahan - bahan tekstil lainnya. Ada ribuan pedagang serta kios disana , mengapa juga masih ada orang yang tega membakarnya ? 

Jika kita melihat dari sejarahnya , awalnya pasar klewer ini bernama pasar Paretan , dari Paretan menjadi Sar Paretan lalu Sarpretan , kemudian berkembang pula menjadi pasar Slompretan . Lalu bagaimana nama klewer muncul ?

Nama klewer muncul karena pada waktu itu para pedagang yang berdagang disana pada di pinggir jalan dan barang dagangan mereka di kelewerkan begitu saja di pagar-pagar pasar atau di jalanan . Karena masyarakat yang sering melihat banyak barang kelelera dari situlah kemudian lebih dikenal dengan nama klewer dan Pasar Klewer.

sumber foto : voa-islam.com
Berita terakhir yang saya dapatkan , para pedagang meminta agar pemerintah daerah atau pusat membuatkan pasar darurat. Karena para pedagang yang ada hanya mendapatkan makan juga dari hasil berdagang disitu. Namun hingga kini pemerintah masih mengupayakan agar dapat dibuatnya pasar darurat.

Saya sebagai masyarakat biasa hanya bisa turut mendoakan agar para pedagang yang berada disana diberikan banyak kesabaran atas ujian ini dan mudah-mudahan proses rencana pemerintah selanjutnya dapat berjalan dengan cepat dan mudah.