Pengertian Seni Tari

Hai sahabat -sahabt setia pembaca blog @NifaFani hari ini aku akan memposting tentang pertunjukan tari yang kemarin di SMK Negeri 10 Surabaya. Hoho. Mungkin buat beberapa teman kelas 11 pasti sudah pada tahu semua. Bahkan ada yang sudah tampil pada pagelaran tari yang pertama kemarin sebelum yang diadakan pada tanggal 29 November 2014 lalu. 
37 = Warda 02=Apriana 12=Febi 08=Dwita 33=Surti 32=Stefani 23=Putri 36=Triana 03=Arif 25=Raymond 17=Anam 16=Heriansyah 28=Ryan
NB : Mau kontak dengan mereka di foto ? Baca postingan sebelumya yaa Kontak Kelompok Tari 1 dan jangan lupa untuk cek proses tari kelompok satu pada postingan yang sebelumnya juga :))

Oke , tahu nggak sih sebenernya bagaimana caranya eksplorasi gerak tari , konsep , teknik , dan prosedur dari seni tari itu ?

Buat yang sudah baca buku seni budaya kelas 11 semester ganjil pasti sudah pada tahu kan ;D

Nah buat yang belum baca yuk pada cek buku paketnya masing - masing ( khusus kelas 11 ) Atau yang bukan kelas 11 atau bahkan sudah lulus sekolah baik SD , SMP , dan SMA . Akan saya bahas dalam postingan kali ini secara singkat pada dan mudah-mudahan cukup jelas yaaaa..

  1. Konsep Gerak Dasar Tari Tradisional
Hmm Indonesia negeri tercinta kita ini memiliki banyak keragaman gerak tari yang berbeda antara suku, Nah tentunya kita sudah mengetahuinya bukan ? Melihat dari karakteristiknya setiap gerakan tari etnis yang satu dengan yang lainnya saja berbeda. Contoh sederhana yang ada dibuku yaitu gerakan tari suda dengan tari melayu itu dilakukan dengan bertepatan dengan ketukan atau on beat lalu dengan tenaga yang sedang. Nah sedangkan tari jawa itu cenderung dilakukan dengan gerak yang lambattttt banget namun juga sama dengan tenaga yang sedang. Nah dari contoh tersbut dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang dihasilkan misalnya saja antara ruang gerak , waktu , dan gerak yang tentunya juga bervariasi. 

Nah , selain gerak memerlukan tenaga dan ruang , gerak juga memerlukan waktu . Dalam setiap waktu gerakan yang dilakukan itu akan membutuhkan waktu. Seperti perbedaan cepat , lambat gerak juga berhubungan dengan tempo. 

Apa sih Tempo itu ?

tempo adalah cepat atau lambat gerak yang dilakukan . Nah fungsi dari tempo adalah untuk memberikan kesan dinamis sehingga tarian enak untuk dinikmati ( jadi bukan hanya makanan saja loh yang enak untuk dinikmati atau bisa dinikmati hehe )

    2. Teknik dan Proses Gerak Dasar Tari Tradisional

Nah seperti yang telah saya jelaskan tadi , teknik dan proses dasar tari tradisional pun ada beragam. Pemahaman terhadap teknik gerak tari tradisional adalah dasar untuk mengeksplorasikan keanekaragaman gerak yang dapat dirangkai menjadi sebuah tarian. 

Adapun teknik gerak dasar itu terdiri dari :
  • Gerak kepala , Gerak badan , Gerak tangan , dan gerak kaki.

Dari keempat teknik inilah dapat dikembangkan menjadi kesatuan tarian yang utuh.

Oh yah buat yang mau tahu salah satu kreasi dari seni tari dan khususnya kreasi tarian dari SMK Negeri 10 dan SMK Negeri 12 ( guru pembimbing untuk tari tradisional ) Bisa cek cek atau lihat di Youtube Tari Kelompok 1 SMK Negeri 10 Surabaya Hasilnya memang nggak seberapa bagus untuk videonya karena sudah saya convert agar lebih cepat dan mudah untuk diunggah di youtube. Mau tahu ? Cek yaaa !! :))

Oke sekian dulu dari ku.. 

Tunggu di lain postingan yaa ..