Pengertian Ekonomi

Selamat Sore semua :)) 

Sore-sore yang mendung kali ini saya akan membagikan pengertian dari ekonomi. Sebenarnya artikel dengan judul hampir sama dengan ini pernah saya buat untuk pesanan pada blog milik blogger lain. Namun karena saya pikir sayang sekali jika saya tidak membagikannya di blog pribadi saya sendiri , makanya kali ini saya bagikan namun dengan kata-kata dan penjelasan yang saya ringkas agar lebih enak dan nyaman untuk dibaca :)) Yuk langsung saja :D

Apa yang perlu kita sadari saat kita berbicara tentang pengertian ekonomi ?


Yang pertama kali harus kita sadari bilang kita berbicara mengenai ilmu ekonomi adalah segala sesuatu yang jauh dari kata sederhana. Karena pada dasarnya ilmu ekonomi adalah sesuatu yang tidak sederhana. 
Apa saja sih faktor yang terkait didalamnya itu ??


Ada banyak faktor yang terkait di dalamnya, dimana semuanya harus di pertimbangkan serta di perhitungkan. Manusia yang sebagai mahkluk ekonomi itu bisa di katakana homo ekonomicus , atau memiliki kecenderungan untuk tidak pernah merasa puas. Manusia selalu saja merasa kurang dan kurang atas apa yang telah di perolehnya dan senantiasa terus berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan selalu mempertimbangkan pengorbanan demi manfaat dari tindakan yang akan atau yang sedang di lakukan. 
Lalu Pentingkah ekonomi itu bagi manusia ?

Ya!Sangat penting bagi manusia untuk mengetahui apa itu ekonomi yang dalam kehidupan manusia sangat erat dengan aktivitas manusia. 

MENGAPA ?

Secara umum , ekonomi dapat di katakan sebagai sebuah bidang kajian tentang pengurusan sumber daya material individu , masyarakat , dan negara untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia. Karena ekonomi merupakan ilmu tentang perilakau dan tindakan manusia , maka utuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi dan berkembang terus menerus dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi , konsumsi dan distribusi. 
Lalu apa sih arti kata dari ekonomi ?

Kata ekonomi sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu oikos ( rumah tangga ) dan nomos ( ilmu ) . Jadi jika pengertian ekonomi secara mendasar adalah ilmu yang mengatur rumah tangga. .
Bagaimana pengertian ekonomi menurut para ahli ?

Hermawan Kartajaya mengatakan bahwa ekonomi adalah platform dimana sector industri melekat yang diatasnya.Adam Smith ekonomi adalah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan Negara. Mill J.S mengatakan ekonomi adalah sains praktikal tentang pengeluaran dan penagihan.

Nah jika kita simpulkan ekonomi adalah sistem aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi , distribusi , pertukaran dan kosumsi barang dan jasa. 

Oke sekian dulu mengenai pengertian ekonomi dari saya . Jika ada pertanyaan silahkan untuk bertanya dengan tinggalkan komentar dibawah ini :)). Saya akan berusaha menjawab jika saya mengetahuinya. Oke sekian dulu yaa.. Tunggu pengertian-pengertian lainnya pada postingan yang selanjutnya.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Ekonomi"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel