Pengertian dan Perkembangan Komputer

Komputer
Hai hari ini saya akan kembali untuk membahas tentang pengertian dari komputer. Sebelumnya uda pada tahu belom sih komputer itu apa ??

Komputer adalah alat yang di pakai untuk mengelolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Dan menurut perkembangannya , komputer mengalami perubahan dengan cukup cepat. Dari yang dahulu komputer berbentuk sangat besar sekali hingga kini komputer telah di kemas dengan manis dan kecil hingga tidak membutuhkan tempat yang besar ( tidak memakan tempat )

Perubahan yang sangat massive ini membuat komputer bukanlah barang yang tidak mungkin lagi untuk di miliki oleh masyarakat. 

Kini dalam perkembangan teknologi yang begitu pesat , membuat komputer bukan lah barang langka lagi. Komputer telah banyak dimiliki oleh setiap masyarakat. Komputer yang di gunakan kini juga terdapat banyak merk yang beredar di pasaran. Komputer pun kini telah masuk dalam pembelajaran siswa. Para siswa kini dituntut untuk mengerti dan memahami komputer atau teknologi agar tidak tertiggal dengan negara asing.

Tahu kah Anda bahwa Komputer terbagi menjadi 5 generasi ?

Komputer terbagi menjadi 5 generasi yaitu generasi pertama , generasi kedua , generasi ketiga , generasi keempat , dan generasi kelima. Generasi pertama adalah komputer yang dibuat secara khusus untuk melakukan suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki kode biner yang berbeda atau biasa di sebut dengan bahasa mesin. Karena itu komputer pada generasi pertama sulit untuk di program dan kecepatannya pun terbatasi. Pada generasi kedua sekitar tahun 1956-1960 , komputer generasi pertama yang menggunakan tuber vakum di gantikan menggunakan transistor. Jadi dengan di temukannya transistor pada tahun 1948 membuat pengaruh yang cukup besar dalam perkembangan komputer. Bahasa pemograman dalam komputer generasi pertama pun di ganti dengan yang lebih mudah. Oleh karena itu komputer pada generasi kedua ini banyak di gunakan, terutama pada tahun 1965 komputer generasi kedua ini banyak di gunakan untuk memproses informasi keuangan. Lalu pada generasi ketiga, terjadi perkembangan dengan digantinya transistor dengan batu kuarsa. Dikarenakan transistor mudah panas dan dapat merusak bagian-bagian internal komputer , maka pada generasi ketiga ini transistor diganti dengan batu kuarsa yang menghilangkan masalah tersebut. Pada komputer generasi ketiga ini juga mengalami kemajuan dengan dapat digunakannya operating sistem pada komputer. Pada generasi keempat perkembangan mulai terasa cukup pesat lagi, dengan adanya personal komputer , laptop , dan palmtop membuat masyrakat menjadi tertarik dengan penemuan ini hingga penggunaan pc yang di gunakan dari sekitar 2 juta unit menjadi lebih dari 5 juta unit pada tahu 1981. Dan yang terakhir adalah komputer pada generasi kelima. Komputer pada generasi ini maish sulit untuk di definisikan , namun menurut beberapa sumber yang mangatakan bahwa keberhasilan proyek komputer generasi ke lima ini akan membawa perubahan baru bagi  paradigma komputerisasi di dunia.


Jika di lihat dari sejarah awalnya mengenai pengertian dan sejarah komputer , maka perubahan yang terjadi memang sangat pesat. 

Tahu kah Anda siapa Bapak Komputer kita ?

Charles Babbage , Di mulai dari penemuannya yaitu kalkulator otomatis yang merupakan cikal bakal komputer pertama hingga dengan penemuan tersebut menjadiakan Ia sebagai penemu komputer yang kini di juluki dengan “ Bapak Komputer” . Charles Babbage juga telah memberikan konstribusi yang cukup besar terutama dalam perkembangan di dunia komputer. 

Nah bagaimana dengan postingan ku kali ini ? Cukup membantu Anda untuk mengerti Sejarah dan Perkembangan Komputer bukan ? Kini setiap lapisan masyarakat telah tidak asing lagi dengan komputer. Bahkan masyarakat kita yang di daerah pun juga telah memahaminya. Namun mungkin hanya sebatas komputer saja bukan termasuk dengan pengoperasian dan lain-lain Oleh karena itu kita sebagai pelajar khususnya buat yang pelajar MM harus tahu nih apa itu arti lalu generasi ( perkembangan ) dari komputer. Karena komputer yang kita ketahui sekarang ini memiliki cerita atau sejarah sebelum menjadi secanggih dan semudah saat ini.

Oke sekian dulu postingan dari ku . Di tunggu ya postingan ku yang selanjutnya :)) Dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar. Btw jika informasi ini sama atau terdapat beberapa kesamaan kata , ini dikarenakan artikel yang saya posting hari ini adalah artikel lama milik seorang blogger yang pernah memesan artikel saya. Emm lebih tepatnya sih ini artikel sebagai artikel contoh untuk lamaran kerja saya yang pertama dahulu kala hehe. Dan sekarang saya edit dankini saya bagikan sedikit untuk Anda semua. Mudah-mudahan dapat berguna dan memberikan manfaat bagi Anda yang membacanya.

Salam ... Stefani