Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 3

Hai selamat sore dan selamat kembali beraktifitas :) Buat yang kerja ya selamat berkerja .. Buat yang masih sekolah selamat menempuh liburan akhir semester (?) HAHAHAHA :D 

Buat Pembaca setia blog @NifaFani , makasih banget ya sudah berkunjung ke blog ku dan menjadi pembaca setia blog ku hehe :D

Oke deh langsung saja , kali ini saya akan membahas soal Bahasa Indonesia dari buku pinjeman perpustakaan sekolah hihi :D

Tugas 1 :

Sebelumnya mari buka halaman 3 ^^

stefanikristina.blogspot.com

Memahami Struktur Teks Eksplanasi :

menguak konteks peristiwa alam pada proses terjadinya "Hujan"

1. Hujan adalah salah satu peristiwa alam , coba kalian sebutkan peristiwa alam yang lain !
Jawaban : Menurut pendapat saya peristiwa alam yang lain selain hujan antara lain seperti Gempa Bumi , Tsunami , Banjir , Angin topan , Tanah Longsor , Gunung Meletus , dan lain - lain.

2. Kalian pernah bermain air hujan , bukan ? Hujan tidak datang begitu saja  coba kalian jelaskan mengapa hujan bisa terjadi ?
Jawaban : Menurut pendapat saya , hujan dapat terjadi memang tidak begitu saja langsung datang namun juga melalui proses , Proses hujan pun terdapat dua macam , ada yang alami dan buatan. Secara garis besar hujan terjadi karena adanya penguapan dari dalam bumi.

3. Air hujan dapat menyuburkan tanah , coba kalian sebutkan manfaat lain hujan bagi alam!
Jawaban : Manfaat hujan bagi alam menurut saya antara lain seperti dapat digunakan untuk tanah yang kekeringan , tanaman , dan lain-lain :)

4. Di daerah yang memiliki curah hujan tinggi , tanaman tumbuh subur dan pertanian menghasilkan banyak produk pertanian . Apa saja produk pertanian yang mudah kalian temukan di pasar tradisional ?
Jawaban : Menurut pendapat saya produk pertanian yang banyak di pasar tradisional yang di hasilkan oleh daerah yang bercurah hujan tinggi antara lain seperti buah Apel dari Malang.

5. Di daerah yang memiliki curah hujan rendah , lahan pertanian mengandalkan hujan sebagai sumber pengairan . Penduduk pun sering kesulitan mencari sumber mata air bersih bagi kebutuhan sehari-hari . Sebutkan kesulitan yang sering di hadapi masyarakat yang tinggal di daerah dengan curah hujan yang  rendah ?
Jawaban : Menurut saya kesulitan yang di hadapi oleh masyarakat yang tinggal di daerah dengan curah hujan yang rendah antara lain sulitnya air bersih didapatkan dan tanah kering serta suhu udara pasti cukup panas dan tidak sejuk.

Oke sekian dulu postingan dari ku :)) Postingan ini au buat untuk mengisi waktu libur ku yang senggang. Oke sekian dan Terima kasih sudah mau berkunjung ke blog sederhana ku ini :))