Pembahasan Sejarah Indonesia Halaman 14

Hai balik lagi next saya hadir untuk memposting tentang kunci jawaban Sejarah Indonesia halaman 14 pada bab 4 di semester 2 ini :)). Berhubung liburan dan saya hanya berlibur di rumah .. Yuk cek cek berikut ini :))

Langsung saja ya kita bahas soal-soalnya :D


Latih Uji Kompetensi

1. Jelaskan mengapa kedatangan Jepang ke Indonesia itu berjalan cepat dan merata ke berbagai wilayah Indonesia !
Jawaban : Menurut saya kedatang Jepang yang ke Indonesia itu bisa berjalan cepat dan merata hingga berbagai wilayah Indonesia karena pada waktu itu Jepang datang disambut dengan baik oleh rakyat Indonesia. Rakyat Indonesia yang telah lama di jajah oleh bangsa Belanda menganggap bahwa Jepang adalah penolong bagi bangsa Indonesia. Nah dari situ lah mulai deh tumbuh rasa percaya bangsa Indonesia pada bangsa Jepang yang sebenarnya pada waktu itu memiliki niat yang sebaliknya dari apa yang mereka tampilkan atau sikap mereka.

2. Mengapa pada mulanya rakyat Indonesia menyabut baik kedatangan Jepang ?
Jawaban : Menurut saya kedatang Jepang ke Indonesia bisa di sambut baik oleh bangsa atau rakyat Indonesia karena ya seperti yang telah saya jelaskan bahwa bangsa Indonesia menganggap bangsa Jepang adalah penolong mereka. mereka yang telah di jajah selama bertahun - tahun oleh bangsa Belanda mengira Jepang bagaikan sebuah anugerah karena bisa mengusir bangsa Belanda dari Indonesia

3. Mengapa Jepang membentuk pemerintahan militer di tiga kawasan : Sumatera , Jawa - Madura , dan kawasan Indonesia Timur ?
Jawaban : Jepang membentuk pemerintahan militer di tiga kawasan Sumatera , Jawa - Madura , dan kawasan Indonesia timur karena untuk sebagai pusat pemerintahannya , untuk memperkuat wilayah pemerintahannya.

4. Mengapa pemerintah pendudukan Jepang akhirnya hanya boleh memperdengarkan lagu kebangsaan Kimigayo , sedangkan Indonesia raya mulai di larang?
Jawaban : Manurut saya pemerintah pendudukan Jepang menerapkan peraturan itu agar untuk memperkuat pemerintahannya dan menghapus pengaruh Belanda pada bangsa Indonesia.

5. Pelajaran apa yang kamu peroleh setelah mempelajari kedatangan dan awal pemerintahan Jepang di Indonesia ?
Jawaban : Pelajaran yang saya peroleh dari setelah mempelajari kedatangan dan awal pemerintah Jepang di Indonesia ini adalah bagaimana polosnya bangsa kita dahulu ( re: Bangsa Indonesia ) Sehingga dapat dengan mudah bangsa lain memanipulasi penampilan hingga leluhur kita dahulu dapat tertipu oleh bujuk rayu mereka. Namun di samping itu ada hikmah yang dapat kita pelajari misalnya ilmu pemerintahan dari Jepang . Oleh karena itu kita sebagai murid atau siswa mulai saat ini , nanti dan lusa harus tetap bangga dan mengharumkan nama bangsa Indonesia kita tercinta. ^^

Oke sekian dulu postingan dari ku :))