Pembahasan PKN Kelas 8 Halaman 7 Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara






Pembahasan PKN Kelas 8 Halaman 7 Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara


Pendiri Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945 menyepakati dasar negara Republik Indonesia adalah Pancasila. Istilah Pancasila itu sendiri menurut Darji Darmodihardjo, SH (1995:3) sudah dikenal sejak zaman Majapahit pada abad ke XIV. Yaitu terdapat dalam buku Nagarakertagama karangan Prapanca dan buku Sutasoma karangan Tantular. Istilah Pancasila dalam bahasa Sansakerta, asal kata Panca (lima) dan Sila (sendi, asas), berarti batu sendi yang lima, juga berarti pelaksanaan kesusilaan yang lima (Pancasila krama).



Setelah kalian mencari informasi dengan membaca wacana materi di atas dan sumber belajar lain tentang hakikat negara, tulislah apa yang sudah kalian ketahui ke dalam tabel berikut :
No.
Aspek Informasi
Uraian
1
Pengertian dasar negara

Pondasi bagi berdirinya suatu Negara, sumber pelaksanaan kehidupan ketatanegaraan atau sumber segala peraturan yang ada dalam suatu negara.
2
Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara
Pancasila digunakan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan negara, yang meliputi bidang idiologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.
3
Manfaat dasar negara
Manfaat dari memiliki dasar negara, yaitu bangsa tersebut memiliki pondasi yang kokoh dan memiliki landasan kehidupan berbangsa bernegara dan memiliki sumber hukum yang menjamin kepastian hukum disuatu negara.
4
Akibat tidak memiliki dasar negara
Akibat tidak memiliki dasar negara, maka suatu negara tidak akan terjamin keberlangsungannya. Dasar negara menjadi panduan dalam menciptakan keharmonisan dan ketertiban dalam bernegara.



Apabila kamu menyukai blog ini bisa tolong klik ikuti pada samping bar di blog ini, atau bisa juga terhubung dengan penulis melalui facebook di >> nifafani's blog atau bisa juga kontak penulis di instagram @stefanikristina, dengan senang hati bakalan penulis follow back (tolong DM yaa,, jangan lupaaa ^^) . Untuk bantu penulis update post yang lain bisa juga hubungi via email di stefanikristina@gmail.com. Okee sekian


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pembahasan PKN Kelas 8 Halaman 7 Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel