3 Pertanyaan Tentang Pancasila PKN Kelas 8






Pancasila memiliki dua pengertian yaitu berbatu
sendi yang lima dan pelaksanaan kesusilaan yang lima, yaitu :
a. Dilarang melakukan kekerasan.
b. Dilarang mencuri.
c. Dilarang berjiwa dengki.
d. Dilarang berbohong.
e. Dilarang mabuk/minuman keras.

1. Buatlah resume tentang Arti dan Fungsi Pancasila.




Jawaban : Secara umum, fungsi dan peranan Pancasila menurut Tap MPR No. III/MPR/2000 tentang Sumber Hukum Nasional dan Tata Urutan Perundangan dinyatakan bahwa Pancasila berfungsi sebagai dasar negara. Hal ini mengandung maksud bahwa Pancasila digunakan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan negara, yang meliputi bidang idiologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan. 

Fungsi dan peranan Pancasila sebelumnya telah kita kenal sebagai berikut.

1) Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia.
2) Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia.
3) Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum.
4) Pancasila sebagai perjanjian luhur.
5) Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia
6) Pancasila sebagai satu-satunya asas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
7) Pancasila sebagai moral pembangunan.

2. Jawablah pertanyaan berikut ini:

a. Apa arti Pancasila bagi bangsa Indonesia.
b. Apa fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia.
c. Siapakah the Founding fathers yang merumuskan Pancasila?

Jawaban : Adapun arti dan Fungsi Pancasila adalah sebagai berikut:

a. Pancasila sebagai dasar negara dibentuk setelah menyerap berbagai pandangan yang berkembang secara demokratis dari para anggota BPUPKI dan PPKI sebagai pendiri negara Indonesia merdeka. Apabila dasar negara Pancasila dihubungkan dengan cita-cita negara dan tujuan negara, jadilah Pancasila ideologi negara. Sejak disahkan secara konstitusional pada 18 Agustus 1945, Pancasila dapat dikatakan sebagai dasar negara, pandangan hidup, ideology negara dan ligatur (pemersatu) dalam perikehidupan kebangsaan dan kenegaraan Indonesia.

b. Secara umum fungsi dan peranan Pancasila menurut Tap MPR No. III/MPR/2000 tentang sumber hukum nasional dan tata urutan perundangan dinyatakan bahwa Pancasila berfungsi sebagai dasar negara. Hal ini mengandung maksud bahwa Pancasila digunakan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan negara, yang meliputi bidang idiologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

c. Mr. Muh. Yamin, Mr. Soepomo, dan Ir. Soekarno.

3. Seandainya kalian gambarkan Pancasila sesuai pemahaman kalian, seperti apakah fungsi Pancasila bagi kehidupan bernegara? (Jawaban ini bisa berbeda setiap individu)

Jawaban : Pancasila ditempatkan sebagai dasar dan ideologi negara serta sekaligus dasar filosofis bangsa dan negara sehingga setiap materi muatan peraturan perundang-undangan tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dipergunakan sebagai petunjuk dalam kehidupan sehari–hari masyarakat Indonesia baik dari segi sikap maupun prilaku masyarakat Indonesia haruslah selalu dijiwai oleh nilai–nilai luhur Pancasila.

Bagi bangsa Indonesia, Pancasila dijadikan sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa untuk mengatur penyelenggaraan negara.

Apabila kamu menyukai blog ini bisa tolong klik ikuti pada samping bar di blog ini, atau bisa juga terhubung dengan penulis melalui facebook di >> nifafani's blog atau bisa juga kontak penulis di instagram @stefanikristina, dengan senang hati bakalan penulis follow back (tolong DM yaa,, jangan lupaaa ^^) . Untuk bantu penulis update post yang lain bisa juga hubungi via email di stefanikristina@gmail.com. Okee sekian


0 Response to "3 Pertanyaan Tentang Pancasila PKN Kelas 8"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com