Pembahasan Soal Sejarah Indonesia Halaman 8 Kelas X Revisi 16





Mohon di baca dan di periksa terlebih dahulu, semua jawaban tidak lari dan tidak mengambil kutipan selain dari buku pegangan siswa. Terima kasih telah berkunjung, please be smart student!



Soal :

1. Mengapa istilah prakaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah untuk menggambarkan kehidupan menusia sebelum mengenal tulisan ?

Jawaban : Penggunaan istilah prasejarah untuk menggambarkan perkembangan kehidupan dan budaya manusia saat belum mengenal tulisan kurang tepat. Pra berarti sebelum dan sejarah adalah peristiwa yang terjadi pada masa lalu yang berhubungan dengan aktivitas dan perilaku manusia, sehingga prasejarah berarti sebelum ada sejarah. Sebelum ada sejarah berarti sebelum ada aktivitas kehiduan manusia. Dalam kenyataannya sekalipun belum mengenal tulsan, makhluk yang dinamakan manusia sudah memiliki sejarah dan sudah menghasilkan kebudayaan. Oleh karena itu, para ahli mempopulerkan istilah prakaksara untuk menggantikan istilah prasejarah.

2. Secara metodologis bagaimana kita dapat mengetahui kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan?

Jawaban : karena belum ada tulisan, secara metodologis kita dapat mengetahui kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan dengan cara melihat beberapa peninggalan yang dapat kita temukan.

3. Mesir mengakhiri zaman praaksara sekitar tahun 3000 SM, tetapi di Indonesia baru abad ke-5 M, mengapa demikian ?

Jawaban : Zaman praaksara akan berakhir apabila manusia telah mengenal tulisa. Mesir dan Indonesia bukanlah tempat yang sama, jadi sudah barang tentu berakhirnya zaman praaksara kedua negara ini berbeda. Indonesia mengakhiri zaman prakaksara ini lebih terlambar dibandingkan negara Mesir.

4. Apa saja pelajaran yang dapat kita peroleh dari belajar kehidupan zaman praakasara ?

Jawaban : Dari kehidupan zaman prakaksara pelajaran yang kita dapat adalah ...

a) kesadaran akan asal usul manusia. Tumbuhan memiliki akar. Semakin tinggi tumbuhan itu, semakin dalam pula akarnya menghunjam ke bumi hingga tidak mudah tumbang dari terpaan angin badai atau bencana alam lainnya. Demikian pula dengan manusia. Semakin berbudaya seseorang atau kelompok masyarakat, semakin pula dalam kesadaran kolektifnya tentang asal usul dan penghargaan terhadap tradisi.

b) kesadaran akan tradisi membuat kita tidak mudah terombang ambing oleh terpaan budaya bangsa asing yang lebih kuat, sehingga kita tidak akan kehilangan identitas diri.

c) Kita dapat mengembangkan nalar kehidupan dengan belajar dari keberhasilan dan capaian prestasi terbaik pendahulu kita, serta kita juga dapat belajar dari kegagalan mereka yang telah menimbulkan malapetaka bagi dirinya sendiri atau orang lain.

Ada banyak hal yang dapat kita peroleh dari belajar kehidupan zaman praaksara, namun tinggal kembali kepada kita. Apakah kita mau mempelajari kehidupan yang telah lalu? Apakah kita mau belajar menjadi generasi yang lebih baik dari pada pendahulu kita?

Demikian pembahasna 4 soal Sejarah Indonesia Halaman 8 kali ini. Mudah-mudahan bisa ketemu di postingan-postingan selanjutnya! Apabila ada salah kata mohon maaf.