My Trip My Adventure to Kakek Bodo Waterfall

Perjalanan ke Air Terjun Kakek Bodo dan Masjid Cheng Hoo

2016 tahun lalu—saya juga melakukan perjalanan ke air terjun, tapi bukan kakek bodo si ๐Ÿ˜Š Hanya saja tetap satu wilayah Trawas. Udaranya sejuk. Dan jalan yang di lalui pun cukup sulit. Saya berharap sih bisa mengunjungi air terjun air terjun lainnya setiap tahunnya, amin. ๐Ÿ™

Tahun ini saya pergi bersama kakak saya, Kak Viki. . Perjalanan yang seru dan memberikan berbagai pengalaman dan pelajaran baru untuk saya. ๐Ÿ˜

Karena jaman sudah canggih, kami melakukan perjalanan dengan di bantu GPS ๐Ÿ‘€. Aga takut sih awalnya (saya) karena kata teman-teman kerja dulu, jalanan arah ke Air Terjun kakek bodo itu susah banget, curam jalannya. Naiknya tinggi sekali. . Jadi saya sudah ๐Ÿ’ฌparno pagi – pagi itu, takut tidak mampu sampai ke tempat tujuan. Untungnya Kak Viki nggak kepengaruh sama *k-eparnoan* saya ๐Ÿ™ˆ. Coba terpengaruh pastilah kita batal untuk kesana. Kak Viki cuma bilang pokoknya ๐Ÿ™berdoa. Dan ya sebelum berangkat dan selama perjalanan saya berdoa dalam hati minta perlindungan Tuhan. *Meski uda siap mati tapi masih takut aja*๐Ÿ˜ฉ

Yah pokoknya berangkat ~~ sekitar pukul 05:30 meninggalkan Surabaya – Menuju ke Air Terjun Kakek Bodo ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ. .  Sekitar pukul 07:30-08:00 sampailah kami di Air Terjun Kakek Bodo. Wahh rupanya begini Air Terjun Kakek Bodo ๐Ÿ˜ฑ Jalanannya memang cukup *nanjak* banget, tapi syukurlah si –bleky- *motor kak Viki* ๐Ÿ’ชmampu melewati semua rintangan hehe..

Foto Air Terjun Ketika diambil dari dekat, karena cuaca bagus jadi saya bisa masuk dan mendekat ke air terjun untuk ambil foto ^^


Ok masuk dehh ke Air Terjun Kakek Bodonya ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ๐Ÿ’ฆ Saya aga lupa berapa harga tiketnya kemarin, kalau tidak salah ingat 12,500 (untuk wisatawan domestik) dan 25,000 (untuk wisatawan mancanegara) Pokoknya harga tiketnya memang nggak terlalu mahal si, standart, karena waktu saya ke Air Terjun yang lainnya juga harga tiketnya sekitar 10,000 – 20,000

Btw, sebelum masuk air terjun ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ, ini jantung sudah di buat ๐Ÿ’–deg deg’an lagi sewaktu mau parkir motor. Gimana nggak deg degan coba ?? ๐Ÿ’ฅJalannya buat naik itu licinnn sekali + belokannya lhoo tajem banget dan jalannya cukup nanjakkk ๐Ÿ’ข๐Ÿ’ข. . Astaga sudah takut aja ni kejadian beneran kalau melorot atau jatuh gimana hehe ๐Ÿ˜ฅ๐Ÿ˜ฅ *jk*

Tapi semua bisa terlalui, entah karena Kak Viki yang pande ๐Ÿ‘, atau karena motornya yang jinak dan pengertian ๐Ÿ˜. Yaaa semua kembali kepada Tuhan yang Maha Esa, masih memberikan kami kesempatan untuk menikmati indahnya alam. ๐Ÿ™

Ketika mau masuk lokasi air terjun, dalam benak saya ๐Ÿ’ญ‘ wah sudah dekat ‘ ๐Ÿ’ญ‘ wah keknya indah banget nih ‘ ๐Ÿ’ญ‘ wah kayaknya bagus banget nih ‘ ๐Ÿ’ญ๐Ÿ’ญdan masih banyak lagi kekaguman saya padahal masih di depan pintu loket masuk. Kenapa saya mikir ๐Ÿ’ฌ๐Ÿ’ฌ begitu ??  Karena saya lihat air kolam renang yang ada di dekat pintu loket kiranya sudah dekat, dan jalanan area lokasi air terjun juga cukup bagus nggak seperti air terjun lainnya. Sayang sekali. . . . Ternyata oh ternyata juaaaaauuuhhh banget bos ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข. . ini di luar bayangan saya banget.

Astaga, saya nggak tahu kalau perjalanannya cukup jauh yaa. ๐Ÿ˜“๐Ÿ˜“ Aslinya sih sudah mau nyerah begitu sampai makam disana tapi kok belum keliatan air terjunnya. . Mau nyerah sih, tapi nggak. ! ๐Ÿ™…Kalau kata teman teman jaman sekolah dulu ‘ pokoke tatak ‘ ๐Ÿ™Œya tatak dehh. . Toh akhirnya smapai juga. .  Tapi dari perjalanan itu saya jadi punya pengalaman pertama yaitu bisa mengukur kekuatan tubuh saya ๐Ÿ’ช. Biasanya saya bisa jalan jauh maupun nanjak. Dulu nggak secapek itu, tapi sekarang mulai nggak kuat. Sepertinya karena saya jarang berolah raga lagi. Ketika mau donor darah juga beberapa kali di tolak. Mungkin itu sebabnya. ๐Ÿ˜ถ

Setelah puas main main air ๐Ÿ’ง๐Ÿ’ฆ, balik deh kita. . sekitar pukul 09:30-10:00 ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จkami balik dari Air Terjun menuju ke Surabaya. Dalam perjalanan pulang, tak disangka kami melihat ‘ Masjid Cheng Hoo ‘ ๐Ÿ‘ณsebelumnya Kak Viki juga sudah bilang sih kalau bakalan lewati Masjid Cheng Hoo, tapi saya ragu, karena saya fikir Masjid Cheng Hoo itu adanya di Surabaya aja, eh nggak tahunya ada banyak di berbagai daerah yaa ๐Ÿ˜ Jadi lah kita singgah sebentar.

Woww… kagum saya dengan bangunannya. .๐Ÿ’ƒ Jalan – jalan mutar – mutar akhirnya sampai depan Masjidnya. Pingin banget masuk, meski awalnya ragu siii. . Tapi akhirnya masuk juga . .๐Ÿ˜ฎ

Masuk deh saya dengan Kak Viki ke Masjid Cheng Hoo. (Cuma di lantai bawah aja dan depan kok) karena ada beberapa peraturan dan saya hanya pengunjung jadi masuk di depan saja baca sejarahnya lalu sempat mengambil beberapa foto ๐Ÿ‘€ kemudian melanjutkan perjalanan ke ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ Surabaya.

Foto bagian atas dari dekat, depan Masjid Cheng Hoo

Disini saya dapat pelajaran kedua, yaitu ketika masuk ๐Ÿ’จ sebuah bangunan itu melangkahnya kaki kanan dulu, lalu keluar kaki kiri. Katanya itu artinya kita menghormati. Kemudian ketika kita masuk  ๐Ÿ’จkamar mandi, berlaku sebaliknya. Kaki kiri dulu yang masuk kemudian keluar dengan kaki kanan. Wah awalnya saya aga beribet. . ๐Ÿ˜ฌnggak pengalaman banget dalam hal beginian. Aga bingung ๐Ÿ˜ฏ juga nentuin masuk keluar dengan kaki kanan atau kiri. Tapi lama –lama saya mulai biasain diri meski itu ajaran dari agama kak Viki atau mungkin dari adat atau bagaimana yang saya tahu hal itu mungkin saja baik jadi saya terap kan dalam kehidupan sehari hari *meski masih belajar dan kadang bakalan lupa* ๐Ÿ˜Œ

Ah ceritanya sekia dulu yaa. . intinya dari perjalanan waktu itu mulai ๐Ÿ’จ sekitar pukul 05:30, akhirnya saya kembali ke rumah sekitar pukul ๐Ÿ’จ13:30-14:00 . . Kalau Kak Viki mungkin sekitar pukul 14:30-15:30. . Perjalanan yang panjang namun sesuai dengan perkiraan waktu saya, ,๐Ÿ˜€

 ๐Ÿ’จ Next time mungkin bakalan ada perjalanan panjang lagi di tempat tempat yang belum saya kunjungi ๐Ÿ˜Ž dann saya pastinya bakalan cerita atau share di blog ini ๐Ÿ˜€ Rencana inginnya explore Ponorogo, sayang belum ada teman. Beberapa hari yang lalu ada si teman mau ajakin buat mendaki, ๐Ÿ™tapi belum tentu kegiatan ini akan terlaksana. . Yahh mari kita tunggu saja kabar selanjutnya ๐Ÿ™‡.

Byebye ~~ See You @ other post ^^ ๐Ÿ™‹๐Ÿ™‹๐Ÿ™‹๐Ÿ™‹๐Ÿ™‹๐Ÿ™‹๐Ÿ™‹

NB :

- Pastikan Anda membawa uang pas atau uang kecil saat mengunjungi tempat wisata, karena bakalan susah nukarin uang
- Pastikan Anda siap sedia uang untuk parkir dan lain sebagainya
- Bila berkunjung dengan keluarga pastikan keadaan keluarga Anda baik-baik saja dan jangan jalan berpisah. Jalanan yang licin memungkinkan Anda atau keluarga nantinya jatuh karena terpleset.
- Mohon maaf apabila ada kurang berkenan dari tulisan ini.