Soal Soal Perilaku Organisasi

1) Organisasi mempunyai beberapa karakteristik, di bawah ini yang bukan karakteristik organisasi adalah ....
A. sebuah entitas fisik
B. sekelompok orang yang bekerja bersama-sama
C. memiliki identitas diri
D. memiliki tujuan yang hendak dicapai
2) Berikut ini yang termasuk dalam dimensi kontekstual organisasi adalah ....
A. tujuan dan strategi organisasi
B. hierarki organisasi
C. rasio personel
D. formalisasi organisasi
3) Untuk menciptakan nilai tambah, organisasi melakukan aktivitas mulai dari input, proses, dan output. Di antara elemen yang bisa dikelompokkan ke dalam input adalah ....
A. keterampilan sumber daya manusia
B. pelanggan
C. kepuasan pelanggan
D. teknologi
4) Komponen informal organisasi meliputi komponen yang berkaitan dengan man usia sebagai individu dan kelompok, di antaranya ....
A. deskripsi kerja
B. kebijakan sumber daya manusia
C. rentang kendali
D. politik dan kekuasaan
5) Berikut ini adalah keterampilan umum yang harus dimiliki seorang manajer, kecuali ....
A. keterampilan konseptual
B. keterampilan hubungan antarmanusia
C. keterampilan teknikal
D. pengambilan keputusan
1) Berikut ini adalah tujuan mempelajari perilaku organisasi, kecuali ....
A. mengendalikan perilaku manusia dalam kehidupan organisasi
B. menjelaskan dan memprediksi perilaku manusia dalam organisasi
C. menempatkan manusia sebagai objek dalam kehidupan organisasi
D. memahami perilaku manusia agar tercipta efektivitas organisasi
2) Dalam mempelajari perilaku organisasi, manusia biasanya diperlakukan sebagai ....
A. objek
B. individu
C. bagian dari anggota kelompok
D. sosok yang menempati peran sentral dalam kehidupan organisasi
3) Perilaku organisasi merupakan bidang studi multidisiplin. Berikut ini adalah disiplin ilmu yang memberi kontribusi terhadap pengembangan perilaku organisasi, yaitu ilmu ....
A. ekonomi
B. politik
C. antropologi
D. jawaban A, B, dan C benar
4) Konflik yang terjadi antara karyawan bagian penjualan dengan karyawan bagian pengiriman barang sesungguhnya bisa diselesaikan dengan menggunakan level analisis ....
A. individual
B. kelompok
C. organisasional
D. ketiga level analisis di atas bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut
5) Sifat-sifat seorang eksekutif di masa mendatang adalah ....
A. orang yang serba tahu
B. bisa menerima hal-hal yang bersifat paradoks
C. memperhatikan orang per orang
D. hanya sekadar mengikuti tata nilai yang ada
1) Dimensi kepribadian yang bisa dikelompokkan ke dalam the big five personality adalah ....
A. locus of control
B. extraversion
C. self-esteem
D. machiavellianism
2) Mana diantara pemyataan berikut ini yang dianggap paling benar ....
A. kepribadian seseorang bisa diubah dengan mudah
B. hanya orang tua langsung yang bisa merubah kepribadian seseorang
C. kepribadian bisa diubah namun perubahannya memerlukan waktu yang lama
D. kepribadian seseorang sama sekali tidak dapat diubah
3) Salah satu tipikal seseorang yang mempunyai kepribadian Tipe A adalah ....
A. mampu melakukan dua pekerjaan sekaligus dalam waktu bersamaan
B. merasa tidak perlu mendiskusikan hasil kerja, kecuali keadaan menghendaki lain
C. tidak pernah merasa dikejar waktu meski dalam kondisi yang mendesak sekalipun
D. dapat bersantai tanpa merasa bersalah
4) Jika Anda mempunyai kemampuan mengingat dengan baik, sebaiknya Anda memilih pekerjaan sebagai ....
A. arsitek
B. tenaga penjualan
C. agen perjalanan
D. pilot
5) Berikut adalah komponen emotional intelegence, kecuali kemampuan ....
A. verbal
B. menghubungkan satu hal dengan hal lain
C. memotivasi diri
D. mengingat orang lain yang sudah lama tidak bertemu
1) Berikut ini yang bukan karakteristik dari nilai atau value adalah ....
A. nilai merupakan preferensi seseorang
B. nilai merupakan standar untuk berperilaku
C. nilai yang dimiliki seseorang memiliki peringkat penting yang sama
D. nilai merupakan property individu yang tidak mudah berubah
2) Berikut ini yang tidak termasuk ke dalam nilai tujuan adalah ....
A. kesetaraan
B. independen
C. kebahagiaan
D. kearifan
3) Pernyataan yang salah tentang hubungan antara nilai, sikap, dan semangat kerja adalah ....
A. sikap memiliki pengaruh yang kuat terhadap terbentuknya nilai personal
B. sikap memiliki pengaruh yang kuat terhadap semangat kerja seseorang
C. nilai memiliki pengaruh yang kuat terhadap semangat kerja seseorang
D. nilai memiliki pengaruh yang kuat terhadap semangat kerja seseorang
4) Secara tidak lang sung sikap kerj a akan tampak dalam bentuk ....
A. kinerja organisasi
B. kepuasan kerja
C. keterlibatan kerja
D. komitmen organisasional
5) Jika seorang eksekutif ingin mengubah sikap seorang karyawan, ia bisa melakukan dengan cara-cara berikut ini ....
A. menghilangkan rasa takut karyawan
B. memberi informasi baru
C. memendam keyakinan diri karyawan
D. tidak melakukan apa-apa karena sikap bias berubah dengan sendirinya
1) Maksud dari persepsi adalah ....
A. proses kognitif yang digunakan seseorang untuk menafsirkan dan memaknai dunia sekitar
B. proses formal yang digunakan seseorang untuk merumuskan, menelaah dan memecahkan masalah
C. proses yang menjelaskan sifat bawaan seseorang yang memungkinkan orang tersebut bisa menyelesaikan pekerjaannya
D. proses formal yang menjelaskan perbedaan individu dan pengaruhnya terhadap kinerja
2) Pernyataan yang salah berkaitan dengan persepsi adalah ....
A. persepsi adalah proses pemberian makna terhadap stimulus
B. persepsi tidak selalu sama dengan realita
C. persepsi karyawan terhadap kebijakan perusahaan akan mempengaruhi kinerja karyawan tersebut
D. persepsi tidak berpengaruh terhadap perilaku karya wan tetapi berpengaruh terhadap kinerjanya
3) Kesalahan dalam mempersepsi disebabkan karena faktor-faktor berikut ini, kecuali ....
A. menggunakan satu kepribadian seseorang untuk menilai orang tersebut secara keseluruhan
B. menilai seseorang berdasarkan perilaku kelompoknya
C. menggunakan karakteristik diri sendiri untuk menilai orang lain
D. menggunakan teori atribusi untuk menilai orang lain
4) Strategi preventif dalam manajemen impresi bisa dilakukan dengan cara memberi ....
A. penjelasan bahwa dirinya tidak terlibat dalam suatu persoalan
B. penjelasan bahwa dirinya terkait dengan kegiatan organisasi
C. penjelasan bahwa dirinya seharusnya memperoleh penghargaan lebih
D. penjelasan bahwa dirinya telah melakukan yang terbaik bagi organ1sas1
5) Pernyataan yang salah berkaitan dengan teori atribusi adalah ....
A. karyawan akan mengaitkan keberhasilan dirinya dengan faktor eksternal
B. ketika mengobservasi perilaku seseorang, kita cenderung mengaitkan dengan faktor internal
C. ketika menilai kinerja karyawan, manajer cenderung mengaitkan kinerja yang jelek dengan faktor internal
D. ketika menjelaskan perilaku dirinya, kita cenderung mengaitkannya dengan dorongan lingkungan
1) Salah satu pernyataan yang salah ten tang stres adalah ....
A. stres disebabkan karena tekanan lingkungan berlebihan terhadap seseorang
B. setiap orang akan mengalami stres ketika menghadapi tekanan lingkungan yang sama
C. karena latar belakang masing-masing individu berbeda, tidak setiap orang akan mengalami stres meski tekanannya sama
D. pertanda seseorang mengalami stres adalah jika ia mengalami
guncangan fisiologis, psikologis atau perilaku
2) Tanda-tanda fisiologis seseorang mengalami stres adalah ....
A. sinis
B. suka sumpah serapah
C. sulit tidur
D. tidak mudah konsentrasi
3) Pernyataan yang benar ten tang stres adalah sebagai berikut adalah ....
A. stres selalu berakibat buruk
B. stres adalah fenomena organisasi yang harus dihindari
C. jika seorang karyawan tidak mengalami stres kinerja baik
D. stres tidak semata-mata ketegangan syaraf
4) Faktor yang bisa memoderasi stres adalah ....
A. kepribadian seseorang
B. stressor
C. sikap kerja
D. kekuatan fisik
5) Manajemen stres yang bisa dilakukan secara individu adalah ....
A. manajemen karier seseorang
B. membangun budaya kerja
C. membangun kualitas kehidupan kerja
D. manajemen waktu
1) Hal yang tidak tepat untuk menjelaskan motivasi adalah ....
A. motivasi secara harfiah berarti menggerakkan orang
B. motivasi bermula dari tidak terpenuhinya kebutuhan fisiologis a tau psikologis
C. inti dari proses motivasi adalah dorongan, motif atau tindakan yang wujudnya adalah perilaku
D. semua perilaku adalah motivasi
2) Menurut Abraham Maslow ....
A. setelah seseorang bisa memenuhi suatu kebutuhan tertentu, dia tidak lagi membutuhkannya
B. setelah seseorang bisa memenuhi suatu kebutuhan tertentu, dia tetap akan mengerahkan upayanya untuk mempertahankan kebutuhan tersebut
C. setelah seseorang bisa memenuhi suatu kebutuhan tertentu, dia akan mengerahkan upayanya untuk memenuhi kebutuhan yang lebih tinggi
D. setiap orang mampu mengerahkan upayanya untuk memenuhi dua kebutuhan dalam waktu bersamaan
3) Salah satu kelemahan dari teori kebutuhan adalah ....
A. teori kebutuhan sangat kompleks
B. teori kebutuhan cenderung statis
C. menggunakan kebutuhan sebagai dasar untuk memotivasi
D. manajer bisa menduga kebutuhan karyawan
4) Berikut ini merupakan kritik terhadap goal setting theory, kecuali ....
A. goal setting mendorong karyawan melakukan tindakan manipulatif
B. goal setting mudah diterapkan untuk pekerjaan yang sederhana, tetapi sulit diterapkan untuk pekerjaan yang sangat kompleks
C. semakin sulit sebuah tujuan semakin karyawan termotivasi
D. karyawan cenderung hanya berpikiran untuk memfokuskan diri pada tujuan yang terukur dan mengabaikan tujuan lain
5) Mana dari pernyataan berikut ini yang berkaitan dengan Teori Kesetaraan yang salah ....
A. untuk mengukur apakah dirinya diperlakukan adil, karyawan akan membandingkan input - output dengan pembanding standar baku
B. ketika karyawan dibayar di bawah standar dia akan menaikkan jumlah output tanpa mempedulikan kualitas output
C. karyawan merasa diperlakukan adil jika input-ouput dirinya sebanding dengan input-output ternan sejawat
D. karyawan yang dibayar lebih, dia merasa bersalah dan merasa tidak puas sehingga termotivasi untuk menyeimbangkannya
1) Pernyataan yang benar tentang hubungan antara motivasi, perilaku, dan
kinerja adalah ....
A. motivasi sama dengan perilaku, demikian juga perilaku sarna dengan kinerj a, dan ketiganya saling berhubungan
B. motivasi sama dengan perilaku, tetapi tidak sama dengan kinerja meski ketiganya saling berhubungan
C. motivasi tidak sama dengan perilaku, tetapi sama dengan kinerja meski ketiganya saling berhubungan
D. motivasi tidak sama dengan perilaku dan tidak sama dengan kinerja meski ketiganya saling berhubungan
2) Berikut ini merupakan perilaku esensial yang membantu efektivitas organisasi, kecuali ....
A. karyawan adalah sosok yang berperilaku layaknya warga Negara yang baik yang spontan, inovatif, dan suka membantu
B. karyawan adalah sosok yang bisa diandalkan
C. karyawan adalah sosok yang harus terus dimotivasi agar bekerja dengan baik
D. karyawan harus mau bergabung dan tetap bersama organisasi dalam kurun waktu lama
3) Peranan penilaian kinerja dalam konteks hubungan karyawan - organisasi adalah ....
A. sebagai dasar untuk mengetahui karyawan mana yang perlu diPHK
B. sebagai dasar untuk menetapkan tujuan organisasi
C. sebagai dasar untuk membangun kerja sama antarkaryawan
D. sekadar pekerjaan rutin para manajer
4) Pemberian sangsi disiplin yang diberikan kepada karyawan karena due cause dapat dilakukan dengan ....
A. ditindak kenaikan pangkatnya
B. menurunkan jabatan
C. memindahkan tempat kerja
D. sebaiknya langsung dipecat karena perilakunya tidak bias diperbaiki
5) Pemberian insentif bias dilakukan dengan ....
A. stock option - memberi kesempatan memiliki saham perusahaan
B. memberi pengakuan misalnya sebagai karyawan paling produktif
C. employee ownership
D. benefit
1) Berikut ini adalah unsur pernbentuk kelompok, kecuali ....
A. rnerniliki anggaran sendiri
B. rnerniliki tujuan bersarna
C. rnerniliki struktur organisasi formal
D. terdiri dari dua orang a tau lebih
2) Manakah persarnaan atau perbedaan antara kelompok komando dengan
kelornpok tug as ....
A. pembentukannya berdasarkan kesamaan pribadi para anggota
B. keduanya merupakan kelompok informal
C. anggota-anggotanya berkurnpul atas dasar rninat yang sarna
D. kelornpok kornando dibatasi pada pirnpinan dan bawahan langsung,
sedangkan kelompok tugas tidak dibatasi hierarki organisasi, tetapi
kesarnaan tugas
3) Faktor ekstemal yang tidak rnempengaruhi kelompok adalah sebagai ....
A. iklirn organisasi
B. strategi organisasi
C. aturan berpakaian
D. aturan hukum organisasi
4) Salah satu peran anggota kelompok dalam kegiatan kelornpok adalah ....
A. blocking roles
B. role identity
C. role ambiguity
D. role encumbent
5) Darnpak positif kelompok terhadap perilaku individu tercerrnin pada ....
A. terciptanya sinergi
B. terciptanya kebergantungan pada orang lain
C. perubahan perilaku individu
D. terciptanya budaya kelompok
1) Karakteristik tim kerj a adalah sebagai berikut ....
A. kepemimpinan tim pada umumnya dishared dengan anggota lain
B. hasil kerj a tim merupakan hasil kerj a individual
C. tujuan yang hendak dicapai tim ditentukan pihak manajemen
D. tim melakukan kerja individu dan hasilnya digabung
2) Perbedaan an tara tim dengan kelompok adalah ....
A. anggota tim bertanggung jawab secara individu, anggota kelompok bertanggung jawab secara bersama
B. efektivitas tim diukur dari hasil kerja tim, sedangkan efektivitas kelompok diukur secara langsung
C. hasil kerja tim merupakan hasil kerja bersama, hasil kerja kelompok merupakan hasil kerja individu
D. keputusan tim dilakukan oleh anggota tim, sedangkan keputusan kelompok dilakukan ketua kelompok
3) Manfaat tim, di antaranya berikut ini, kecuali ....
A. meningkatkan kualitas pengambilan keputusan
B. meningkatkan tingkat absensi
C. meningkatkan kompetisi global
D. mengurangi perputaran karyawan
4) Mana di antara pernyataan berikut ini yang salah?
A. Dilihat dari tingkat otonominya, tim dibedakan menjadi selfmanaged team dan work team.
B. Dilihat dari kehadiran anggota, tim dibedakan menj adi virtual team dan physical team.
C. Dilihat dari struktur keanggotaan, tim dibedakan menjadi intact team dan cross-functional team
D. Dilihat dari sudut waktu, tim dibedakan menjadi permanent team dan temporary team.
5) Faktor yang membantu keberhasilan tim adalah ....
A. tim harus mendapatkan pelatihan
B. tim sebaiknya memperoleh penghargaan
C. tim harus mendapat dukungan manajemen
D. tim beranggotakan orang-orang yang keterampilannya sama
1) Keputusan tidak terprogram tercermin dari pemyataan berikut ini ....
A. keputusan strategik adalah salah satu wujud dari keputusan terprogram
B. keputusan tidak terprogram sebaiknya dilakukan manajer tingkat atas sendirian karena sifatnya yang sulit
C. keputusan tidak terprogram sebaiknya dilakukan oleh beberapa orang manajer tingkat atas karena sifatnya yang khas
D. frekuensi terjadinya keputusan tidak terprogram sangat tinggi sehingga tidak perlu melibatkan ban yak orang
2) Pernyataan yang salah berkaitan dengan pengambilan keputusan adalah ....
A. keputusan bisa dilakukan terlepas tersedia tidaknya informasi untuk membuat keputusan
B. keputusan bisa dibuat meski hanya ada satu alternatif solusi
C. semakin banyak informasi yang tersedia semakin sulit keputusan dibuat
D. keputusan bisa dibuat tidak peduli apakah keputusan tersebut rasional atau tidak
3) Salah satu kelemahan dari pengambilan keputusan kelompok adalah ....
A. hanya sebagian kecil anggota kelompok yang terlibat aktif dalam proses pengambilan keputusan
B. banyaknya informasi yang tersedia sebagai dasar untuk pengambilan keputusan
C. anggota kelompok bisa berlatih untuk membuat keputusan
D. anggota kelompok pada umumnya membawa serta pengalaman masing-masing
4) Berikut ini yang bukan karakteristik teknik pengambilan keputusan dengan brainstorming adalah ....
A. lebih mementingkan kualitas ide daripada kuantitas ide
B. kebebasan setiap anggota kelompok untuk menyampaikan ide
C. setiap anggota kelompok bisa mengkritik usulan anggota kelompok lain
D. senioritas penyampai ide tidak terlalu penting
5) Teknik pengambilan keputusan dengan NGT memiliki kesamaan dengan Delphi dalam hal ....
A. keduanya membutuhkan biaya yang tinggi
B. keduanya berpotensi menimbulkan konflik yang sangat tinggi
C. kohesivitas keduanya sangat tinggi
D. keduanya bisa melakukan keputusan secara individual dan independen
1) Berikut ini adalah pernyataan yang benar ten tang komunikasi, kecuali ....
A. komunikasi dimaksudkan agar kedua belah pihak bisa saling memahami
B. komunikasi tidak harus dilalukan dengan orang lain melainkan bisa dengan teknologi mesin
C. struktur organisasi merupakan faktor penghambat efektivitas komunikasi
D. kebebasan aliran informasi menjadi faktor penyebab efektivitas komunikasi
2) Jika komunikasi formal tidak berjalan efektif maka ....
A. sang at potensial terj adi konflik
B. karyawan akan menggunakan jalur komunikasi informal
C. boleh jadi tujuan organisasi tidak tercapai
D. semuajawaban di atas benar
3) Salah satu gaya komunikasi yang bisa dilalukan seseorang adalah ....
A. Gaya komunikasi nonverbal
B. Ga ya socrates
C. Gaya komunikasi langsung
D. Conduit model
4) Hambatan terciptanya komunikasi yang efektif yang disebabkan karena proses komunikasi bisa berupa ....
A. kesalahan dalam memberikan umpan balik
B. egoisme pelaku komunikasi dalam menginterpretasikan pesan
C. jarak yang berkomunikasi terlalu jauh
D. hambatan karena semantik
5) Contoh dari komunikasi nonverbal adalah sebagai berikut ....
A. Tampilan fisik komunikator
B. Teleconference
C. Newsletter
D. Komunikasi tertulis
1) Dinamika hubungan interpersonal menyebabkan munculnya prilaku berikut ini, kecuali ....
A. prilaku altruism
B. prilaku bersaha j a
C. prilaku bersahabat
D. prilaku bekerja sama
2) Pernyataan yang benar ten tang konflik adalah sebagai berikut ....
A. semua konflik adalah destruktif
B. jika tingkat konflik di dalam organisasi relatif rendah maka kinerjanyajuga rendah
C. jika tingkat konflik di dalam organisasi relatif rendah maka kinerj any a tinggi
D. jika tingkat konflik di dalam organisasi relatif tinggi maka kinerjanya rendah
3) Anteseden terjadinya konflik adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. pengambilan keputusan berdasarkan konsensus
B. peraturan yang tidak j elas
C. kemandegan komunikasi
D. pekerjaan yang independen
4) Konflik disfungsional bisa diatasi dengan ....
A. Mendorninasi pihak lain
B. Devil's advocacy
C. Negosiasi
D. Diacletical method
5) Menghindari konflik akan san gat efektif bila ....
A. kedua belah pihak memiliki kekuatan seimbang
B. terjadi kesalahpahaman karena masalahnya sangat kompleks
C. kepentingan diri dan mementingkan pihak lain sangat tinggi
D. berkonfrontasi langsung masalahnya menjadi semakin buruk
1) Pemimpin berbeda dengan manajer dalam hal ....
A. manajer berorientasi pada basil akhir, pemimpin berorientasi pada masa depan
B. manajer bertanya apa dan mengapa, pemimpin bertanya bagaimana dan kapan
C. manajer mengembangkan, pemimpin mempertahankan
D. pemimpin fokus pada struktur, manajer fokus pada orang
2) Kesamaan antara model kepemimpinan Ohio State University (OSU) dengan The University of Michigan (UM) dapat dilihat pada situasi berikut ini ....
A. initiating structure pada OSU identik dengan orientasi pada karyawan pada UM
B. initiating structure pada OSU identik dengan orientasi pada pekerjaan pada UM
C. consideration pada OSU identik dengan orientasi pada pekerjaan pada UM
D. consideration pada OSU identik dengan orientasi pada karyawan pada UM
3) Menurut teori situasional, karyawan sebaiknya diajak untuk berpartisipasi jika memenuhi situasi berikut ini ....
A. perilaku berorientasi tugas rendah dan perilaku berorientasi relasi tinggi
B. perilaku berorientasi tug as rendah dan perilaku berorientasi relasi rendah
C. perilaku berorientasi tugas tinggi dan perilaku berorientasi relasi rendah
D. perilaku berorientasi tug as tinggi dan perilaku berorientasi relasi tinggi
4) Faktor yang mempengaruhi gaya kepemimpinan pada path-goal theory adalah ....
A. kepribadian tipe A pemimpin
B. faktor situasi yang diwakili kemauan seseorang menerima pengaruh dari orang lain
C. faktor situasi yang diwakili oleh kemampuan dan kemauan untuk dip imp in
D. keyakinan bawahan bagaimana ia mendapat penghargaan
5) Pernyataan yang benar tentang kepemimpinan transformasional - transaksional adalah ....
A. pemimpin transformasional berupaya mendukung organisasi menjaga kegiatan-kegiatan yang bersifat rutin
B. pemimpin transformasional berupaya melakukan intervensi jika standar tidak terpenuhi
C. pemimpin transaksional berusaha menjaga kesehatan organisasi
D. pemimpin transaksional berusaha menjaga rasa hormat dan kepercayaan bawahan
1) Mana di an tara penyataan di bawah ini yang dianggap paling benar ....
A. kekuasaan sering dianggap buruk meski setiap orang melakukannya
B. kekuasaan selalu berkonotasi negatif
C. kekuasaan sama denganjabatan seseorang di dalam organisasi
D. lebih disukai manajer yang tidak memiliki kekuasaan ketimbang manajer yang memiliki kekuasaan
2) Pertanda bahwa seseorang menerapkan kekuasaan yang dipaksakan akan tampak pada situasi berikut ini ....
A. manajer bisa mengontrol imbalan sehingga karyawan takut tidak mendapatkannya
B. karyawan takut tidak menjalankan perintahnya karena pengetahuan yang dimiliki atasan
C. karyawan takut tidak menjalankan perintahnya karena takut akan hukuman yang akan diterima
D. karyawan takut tidak menjalankan perintahnya karena pimpinan memiliki kedudukan yang sah dalam hierarki organisasi
3) Seorang manajer dikatakan menjalankan perilaku politik tidak sah dan berorientasi keluar jika ....
A. dia mengajukan perusahaan tempat kerja tuntutan hukum kepada pihak berwenang
B. dia mengadu kepada atasan
C. dia membuka aib perusahaan kepada pihak luar perusahaan
D. dia melakukan sabotase kegiatan produksi
4) Seseorang dianggap melakukan korupsi kekuasaan jika ....
A. karyawan merasa takut sehingga menganggap keputusan pimpinan selalu benar
B. karyawan suka menjilat atasan
C. pimpinan memperoleh fasilitas-fasilitas khusus
D. jawaban A, B, dan C benar
5) Cara yang bisa ditempuh untuk mengurangi korupsi kekuasaan adalah ....
A. mengukur kinerja bawahan secara objektif
B. mengubah budaya dan struktur organisasi
C. memperkecil kesempatan pimpinan mengintervensi bawahan
D. jawaban A, B, dan C benar
1) Mana di an tara penyataan di bawah ini yang dianggap paling benar ....
A. budaya organisasi bersifat statis dan tidak bisa diubah
B. inti dari budaya organisasi terletak pada perilaku man usia yang mempraktikkan budaya
C. budaya organisasi identik dengan individual mental programming para anggota organisasi
D. struktur organisasi sesungguhnya merupakan cerminan dari budaya sebuah organisasi
2) Visi dan misi organisasi bisa dikatakan sebagai elemen budaya yang bersifat ....
A. ideal
B. behavioral
C. ideal dan behavioral
D. bukan elemen budaya organisasi
3) Achievement culture sangat cocok untuk organisasi ....
A. yang lingkungannya sangat stabil
B. yang menghadapi persaingan yang sangat ketat
C. yang lingkungannya stabil maupun menghadapi persaingan
D. jawaban A, B, dan C salah
4) Dalam kaitannya dengan pembentukan budaya ....
A. para pendiri adalah satu-satunya sumber pembentukan budaya
B. pimpinan organisasi adalah satu-satunya sumber pembentukan budaya
C. karyawan secara bersama-sama bisa membentuk budaya baru
D. seorang karyawan dapat membawa budaya baru
5) Dalam kaitannya dengan keterkaitan antara budaya dan perilaku manusia di dalam organisasi ....
A. budaya organisasi membentuk perilaku manusia di dalam organisasi
B. secara timbal balik. perilaku manusiajuga bisa membentuk budaya
C. budaya organisasi dan perilaku manusia merupakan hubungan yang saling memengaruhi
D. jawaban A, B, dan C benar

1) Tingkap formalisasi sebuah organisasi dapat dilihat pada ....
A. kebutuhan profesi dan spesialisasi pekerj aan
B. di mana keputusan biasanya diambil
C. banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan berdasarkan regulasi, aturan, dan prosedur kerja
D. jumlah level organisasi
2) Berikut ini merupakan kelemahan struktur organisasi fungsional ....
A. memungkinkan terciptanya skala ekonomi di dalam departemen fungsional
B. memungkinkan terciptanya keputusan konsumen sebab penanggung jawab produk sangat jelas manajer lini produk
C. memungkinkan organisasi mencapai tujuan fungsional
D. memungkinkan pengembangan keterampilan secara mendalam
3) Menurut pandangan kontingensi, desain struktur organisasi organik biasanya ditandai dengan ....
A. karyawan bisa mengerjakan tugas dengan tingkat spesialisasi yang tinggi
B. lingkungan eksternal yang sangat bergejolak

C. manajemen bisa membuat aturan-aturan yang jelas
D. organisasi cenderung sentralistik
4) Struktur organisasi yang menerapkan konfigurasi birokrasi mesin biasanya ditandai dengan ....
A. tingkat standarisasi berdasarkan skill (keterampilan karyawan)
B. tingkat standarisasi berdasarkan output (hasil keluaran)
C. tingkat standarisasi berdasarkan supervisi langsung
D. tingkat standarisasi berdasarkan proses kegiatan
5) Membeberkan keburukan praktik organisasi kepada pihak luar sering disebut sebagai ....
A. perilaku responsif yang menguntungkan
B. perilaku responsif yang merugikan
C. perilaku formatif yang menguntungkan
D. perilaku formatif yang merugikan
1) Pada masyarakat yang hid up dalam lingkungan global, berakibat ....
A. tidak ada lagi batas wilayah negara terutama berkaitan dengan aspek kegiatan ekonomi
B. di dunia hanya ada satu budaya yaitu budaya global
C. setiap masyarakat bisa meniru perilaku masyarakat lain sehingga budaya sendiri tergantikan budaya masyarakat lain
D. setiap masyarakat wajib menolak budaya asing yang masuk
2) Berikut ini adalah penyebab terjadinya perbedaan budaya, kecuali ....
A. masing-masing masyarakat mempunyai orientasi nilai yang berbeda
B. orientasi kultural sebuah masyarakat merefleksikan interaksi yang
sangat kompleks antara nilai-nilai, sikap, dan perilaku yang ditunjukkan oleh para anggota masyarakat
C. sehingga budaya masing-masing berbeda nilai-nilai yang dominan
serta variasi dari nilai-nilai masyarakat berbeda
D. jawaban A, B, dan C benar
3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia
cenderung ....
A. lebih menyukai struktur organisasi berjenjang karena lebih berorientasi tugas
B. lebih menyukai struktur organisasi berjenjang karena lebih berorientasi manusia
C. lebih menyukai struktur yang pendek karena lebih berorientasi tugas
D. lebih menyukai struktur yang pendek karena lebih berorientasi manusia
4) Menurut Hofstede masyarakat Indonesia cenderung ....
A. individual
B. feminine
C. laurge power ditance
D. low uncertainty avoidance
5) Ciri-ciri large power distance adalah ....
A. pengambilan keputusan biasanya tersentralisasi
B. hierarki organisasi sekadar membedakan peran masing-masing
C. pengambilan keputusan biasanya melibatkan bawahan
D. perbedaan skala gaji relatif rendah
1) Ketika seorang manajer menghadapi keragaman budaya maka yang terbaik adalah dengan cara ....
A. mengabaikan keragaman budaya
B. mengakomodasi keragaman budaya
C. mengabaikan dan juga bisa mengakomodasi bergantung pada
keyakinan Anda dan konsekuensinya
D. menolak budaya asing masuk
2) Keuntungan dari kultur spesifik adalah ....
A. mampu bekerja lebih baik dengan klien lokal
B. etnosentrik
C. memperluas perspektif
D. bisa bersinergi
3) Strategi mengelola keragaman budaya dengan etnosentrik berarti ....
A. mengabaikan keragaman
B. meminimalkan keragaman
C. mengelola keragaman
D. menolak keragaman
4) Mengimplementasikan strategi pengelolaan keragaman budaya dengan akomodasi sebaiknya dilakukan jika ....
A. manajer tidak menghendaki konfrontasi frontal dengan budaya lokal
B. manajer merasa seolah-olah tidak ada perbedaan budaya
C. secara kultural manajer berada di bawah rekanan budaya lokal
D. secara kultural manajer merasa lebih kuat dibanding dengan budaya lokal
5) Efektivitas keragaman tim akan tercapai apabila ....
A. tugas tim bersifat rutin
B. tahap pembentukan tim bersifat konvergen
C. kondisi tim bersifat etnosentris

D. kedudukan anggota tim setara