Tugas 6 Mata Kuliah Managemen

Hallooo holaaa.. Kali ini admin lagi ada di salah satu tempat nongkrong yang seumur-umur admin baru pertama kali ini admin ke tempat seperti ini. Weelll sering lewat yess tapi buat ikutan nongkrong dan wifi'an.. it's first time for me!



Hmmm lanjut yahh karena banyak tugas online yang belum dikerjakan padahal minggu depan lusa sudah mau UAS akhirnya nyempetin diri deh buat jawab satu persatu. Lagian admin juga nggak ngapa-ngapain. Entah mau ngapain juga menghabiskan waktu seharian di kos(?) paling juga nanti bosan-bosan gimnaa gitu, ya nggak?

Oke langsung. Kali ini soal managemen. Aisshhh lagi lagi managemen ahhh.. Yah begitulah admin suka banget mata kuliah ini tapi paling malas sama dosennya .

1. Salah satu unsur etika dalam bekerja adalah tidak membocorkan rahasia perusahaan. Jika seseorang memilih pindah kerja untuk peningkatan penghasilan atau karir dan diterima di perusahaan lain, harapan dari perusahaan lain tersebut adalah dapat memanfaatkan pengalaman dan pengetahuannya. Bagaimana cara agar pembagian pengalaman dan pengetahuan tidak dengan membocorkan rahasia perusahaan ? Coba diskusikan

Jawaban :

Menurut saya bila saya bekerja pada suatu perusahaan dan kemudian resign atau berpindah kerja ke perusahaan lain maka saya akan menerapkan ilmu yang telah saya dapat apabila memang diperlukan dan pekerjaan saya saling berhubungan atau bahkan sama. Namun terlepas dari hal lain yang memperngaruhi seperti misal perusahaan baru saya meminta untuk saya membocorkan rahasia perusahaan lama itu tidaklah akan saya lakukan. Intinya bila menerapkan pengalaman atau berbagi pengalaman boleh, namun untuk membocorkan rahasia perusahaan ke perusahaan lain tidaklah tepat.

2. Salah satu manfaat komunikasi efektif adalah mendapat informasi untuk pengambilan keputusan. Hal-hal apa yang mendorong staf untuk terbuka dalam suatu rapat ? Coba diskusikan.

Jawaban :

Manfaat dari adanya komunikasi yang efektif adalah salah satunya untuk pengambilan keputusa dengan tepat. Yang mendorong staf untuk terbuka dalam suatu rapat adalah sebagai berikut:

Beberapa prinsip dalam memotivasi karyawan :
a. Prinsip partisipasi.
b. Prinsip komunikasi.
c. Prnsip mengakui adanya perbedaan individu.
d. Prinsip menyesuaikan individu dengan pekerjaan.
e. Prinsip mengakui andil bawahan.
f. Prinsip mendelegasikan wewenang.
g. Prinsip memberi perhatian.
h. Prinsip pemberian uang.


3. Salah satu upaya peningkatan motivasi kerja adalah reward dan punishment. Mengapa hal ini dilakukan oleh perusahaan ? Coba diskusikan.

Jawaban :

Sistem penghargaan harus berbasis kinerja (performance-based reward), bukan berbasis posisi (position-based reward). Sistem penghargaan berbasis kinerja tersebut akan mendorong karyawan untuk secara kreatif melakukan empowerment terhadap sistem dan proses yang digunakan oleh organisasi dalam menghasilkan value bagi customers.

Sekian dahulu yahh postingan hari ini. nantikan postingan yang lainnya juga hanya di blog @nifafani. Btw kalau tugas kuliah selesai semua, admin janji bakalan update lagi buat adik-adik yang SMP dan SMA.