Semut

Percaya ga percaya.

Hari ini aku sedang mens, jadi seperti biasa, aku rutin ke kamar mandi untuk ganti pembalut, atau kalau tidak aku mungkin buang air kecil (kencing) saja.

Pertama ke kamar mandi aku bertemu seekor semut, karena aku beberapa kali mendapati hewan seperti tomcat di kamar kosku, aku pikir itu tomcat dan aku memukul mukulnya menggunakan cebok (gayung). Tapi ga sampai mati, lalu aku siram pakai air. Aku pikir dia sudah hilang ke lubang air itu.

Namun..

Kali kedua aku kencing dan menangis di kamar mandi. Saat aku menangis, aku lihat semut itu tengah merambat di dinding di depanku. Posisiku sedang memegang gayung, aku pun segera mengambil air dan mengulang kejadian yang sama (tanpa memukulnya). Aku menyiram semut itu dengan air supaya ia kembali masuk ke lubang air kamar mandi. Setelah melihat ia jatuh dan masuk, aku pun mengembalikan gayung dan keluar dari kamar mandi..

Kemudian..

lagi lagi aku merasa ingin buang air, dan juga ini saatnya untuk berganti pembalut menurutku. Aku pun kembali ke kamar mandi.

Percaya ga percaya..

Aku melihatnya lagi tengah merambat naik dinding dihadapanku. Namun kini jalannya berbeda, ia naik dan berjalan terus kearah pipa kemudian naik keatas menuju atap. Aku memperhatikannya terus. Namun kali ini aku tidak mengambil gayung dan air. Aku diam tersentuh melihatnya.

Semut itu sudah berulang kali aku hancurkan, aku jatuhkan, namun ia pantang menyerah dan terus bangkit. Lalu bagaimana dengan aku?

Aku jadi bersyukur sekali dengan semut itu. Bagikan mimpi bertemu dengan dia. Kalau saja ini bukan aku sendiri yang menyaksikannya, mungkin aku hanya menganggap ini adalah cerita karangan.. namun ini adalah cerita nyata.

Terima kasih semut. Melihatmu membuatku kembali sedikit semangat.

Antara percaya ga percaya, namun kamu membuatku sadar, betapa sulitnya melalui hidup ini, dan betapa keras nya kita harus memperjuangkan sesuatu demi sesuatu yang kita inginkan.

Fn