Renungan Harian Kristen

Hari ke-1
PENCIPTAAN-KERAJAAN ALLAH
Segala sesuatu adalah dari Allah, melalui Allah dan untuk Allah



Bacaan Alkitab: Kejadian 1:1-5Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita  meliputi samudera raya, dan roh Allah melayang-layang diatas permukaan air.(Kejadian 1:1-2)

Pssst…pernahkah kamu merasa ditinggal sendirian? Apa yang kamu rasakan? Sebetulnya kamu tidak pernah benar-benar ditinggal sndirian dirumah ini. Masih ada ayah, ibu, teman-teman, bapak, dan ibu guru, serta orang-orang yang mengasihi kamu. Semua itu membuat kamu merasa nyaman dan tak pernah benar-benar seorang diri.

Lain halnya dengan keadaan dunia sebelum diciptakan. Tidak ada apapun, tidak ada siapapun, tetapi… ada Allah! Ya ada Allah karna Dialah yang menciptakan langit bumi dan segala isinya.

Berbeda dengan kita,meski satu, Allah kita yang tritunggal tidak pernah sendirian. Allah juga tidak memerlukan siapapun karna Allah Bapa, Allah Putra, dan Allah Roh Kudus suadah mempunyai persekutuan kasih yang sempurna.

Tetapi Allah yang serba berkecukupan mau menciptakan langit, bumi, dan segala isinya termasuk kita. Semua ciptaan Allah mencerminkan dan keagungan dan kemuliaan-Nya. Dan Allah juga mengingin kan agar semua ciptaan-Nya memuliakan Dia.

Bagaimana caranya misalnya begini: Ketika berada ditempat yang sangat indah, kita memuliakan Tuhan karna keindahan itu. Jika berada ditempat yang rusak karna ulah manusia, kita merasa sedih dan mendoakannya. Kita pun memikirkan bagaimana agar tempat yang sudah dirusak manusia dapat dikelola dengan lebih bertanggungjawab (kerusakan ulah manusia ini telah menyebabkan pemanasan global ).

Ketika menciptakan langit dan bumi, Allah hanya menggunakan firman.Dia menciptakan dari tidak ada menjadi ada (crection ex nihillo). Tentu saja ini tak mungkin dilakukan manusia, sepandai apapun mamanusia itu.

Untuk membuat kue, ibu tentu membutuhkan tepung, telur, gula, dan lain-lain. Meja yang dipakai untuk menulis dibuat dari kayu oleh tukang kayu. Bahkan, ketika manusia mampu menciptakan alat yang “seolah–olah “ lebih hebat dari otak manusia (misalnya computer), masih dibutuhkan bahan antara lain logam dan kabel.

Dalam dunia ciptaan-Nya,pekerjaan Allah Bapa, Allah Putra, dan Allah Roh Kudus yang pertama-tama adalah mengubah gelap menjadi terang, mengubah yang kosong menjadi berisi, dan mengubah yang tidak berbentuk,menjadi berbentuk. Ini merupakan pekerjaan Allah Tritunggal yang kreatif dan harus kita contoh dalam bekerja dan belajar.

Semua diciptakan, dunia ini kosong melompong, tidak berbentuk, sangat tidak indah dan tidak nyaman ditempati, karena tidak ada apapun disana. Setelah diciptakan Allah, dunia menjadi terang, sangat indah dan nyaman ditempati oleh karna diisi dengan berbagai perbuatan tangan Tuhan.

Disekolah atau di Sekolah Minggu, bahkan dirumah, guru dan orang tua  mengajarimu untuk menggubah yang gelap menjadi terang, membuat yang kosong menjadi berisi, dan membuat yang tidak/kurang indah menjadi indah. Ini merupakan pekerjaan yang mencontoh Allah. Jika tidak ada contoh dari Allah, pekerjaan kita akan biasa-biasa saja, semuanya menjadikurang menarik karena dibuat sekedar untuk bertahan hidup.

Tentu saja cara kita mengubah yang kosong menjadi berisi, yang tidak berbentuk menjadi berbentuk, gelap menjadi terang, tidak sama persis ketika dunia menciptakan dunia.

Lalu bagaimana caranya? Misalnya, kita bisa membuat roti untuk teman atau orang tua kita,membuat prakarya yang indah disekolah, mengajak teman ke Sekolah Minggu, mengerjakan PR yang diberikan guru, dengan sebaik-baiknya. Atau kita bisa mengajar teman yang butuh bantuan dalam pelajaran…ada banyaaaaak...sekali cara untuk menunjukkan kemuliaan tuhan.

Apakah kamu mau menunjukkan keindahan Allah melalui dirimu?

Hal yang perlu yang perlu dipelajari:  
                        
1. Siapa yang menciptakan dunia dan segala isinya?

Jawab: Allah.

2. Mengapa Allah menciptakan semua itu?

Jawab: Karna sebelum diciptakan dunia itu tidak indah.

3. Apa perbedaan ciptaan Allah dan manusia?

Jawab: Jika Allah menciptakan dengan berfirman, jika manusia masih membutuhkan bahan dasar.

4. Hal-hal apa yang dapat kamu kerjakan untuk mengubah gelap menjadi terang?

Jawab: Dengan memasang lampu dan memasang lilin.

5. Apa cita-citamu? Apakah itu sesuai teladan Allah yang dengan kreatif mengubah yang kosong, tidak berbentuk dan tidak indah menjadi dunia yang begitu indah?

Allah menciptakan bumi dan segala isinya dengan kreatif. Mulai sekarang, saya akan belajar baik-baik untuk menemukan dan menggali kreativitas saya.Hal yang perlu didoakan:
·       Tanggung jawab manusia terhadap dunia agar tak terjadi pemanasan global

Nah sekaian dahulu yah renungan pada hari ini.. terima kasih untuk kakak Sherly yang sudah ikut membantu dalam pembuatan postingan hari ini. Postingan in bersumber dari salah satu buku renungan yang kita miliki.

Yuk mari kita menjaga apa yang telah Tuhan Allah kita berikan kepada kita :)

Happy Sunday para pembaca sekalian.

NB : Soal dan Jawaban itu dapat Anda rubah sendiri melalui jawaban Anda masing-masing.