Pembahasan Buku Ajar IPS Kelas IX Halaman 17

Siang,,, siang ini cuaca di Surabaya cukup cerah. Senang rasanya saya masih diberikan Tuhan kesempatan untuk menyapa para sahabat pena. Senang juga saya masih bisa Tuhan percayakan untuk berbagi bersama dalam postingan siang hari ini. 

Kalau untuk yang kelas 1 SMA keatas mungkin sudah mengenal saya yahh.. Yang lain tentu belum :) Saya Stefani Kristina Putri, Penulis blog @nifafani. Sebenarnya penulis blog ini bukan hanya saya saja, namun ada banyak sekali orang yang sudah bergabung dalam keberlangsungan blog @nifafani ini. 

Sebentar lagi blog @nifafani akan memasuki masa postingan ke 1000, buat yang terus setia mengunjungi blog @nifafani, jangan lupa untuk tinggalkan komentar yahh ^^ Ada suatu kejutan buat yang sering berkunjung dan meninggalkan komentar..

Yuk langsung saja ini dia pembahasan soal buku ajar kelas 9 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Soal Latihan halaman 17.



1. Sebutkan penyebab umum terjadinya Perang Dunia II !

Jawaban : Ada yang mengatakan bahwa perang dunia II merupakan lanjutan dari Perang Dunia I. Penyebab umum terjadinya Perang Dunia II adalah sebagai berikut :

-. Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa (LBB) dalam menciptakan perdamaian dunia.  LBB bukan lagi alat untuk mencapai tujuan, tetapi menjadi alat politik negara-negara besar untuk mencari keuntungan.

-. Negara-negara maju sering berlomba memperkuat militer dan persenjataannya.

-. Adanya politik aliansi (mencari kawan persekutuan) . Kekhawatiran akan adanya perang besar , maka negara-negara mencari kawan dan muncullah dua blog besar yakni Blok Fasis dan Blok Sekutu.

-. Adanya pertentangan - pertentangan akibat ekspans

-. Adanya pertentangan paham demokrasi, fasisme, dan komunism

- Adanya politik balas dendam (Revanche Idea) Jerman terhadap Prancis , karena Jerman merasa dihina dengan Perjanjian Versailes


2. Apa isi Perjanjian Paris?

Jawaban : Perjanjian Paris adalah perjanjian antara Sekutu dengan Italia yang ditandatangani pada tanggal 10 februari 1947. Keputusan yang dihasilan dalam perjanjian tersebut adalah sebagai berikut :

- Wilayah Italia diperkecil
- Triastie menjadi negara merdeka di bawah perwalian PBB
- Abbesynia dan Albania memperoleh kemerdekaan nya kembali
- Semua jajahan Italia di Afrika Utara dikuasai Inggris
- Italia harus membayar ganti rugi akibat perang yang ditimbulkan.

3. Jelaskan Pengaruh Perang Dunia II bagi Indonesia!

Jawaban : Terjadinya Perang Dunia II secara tidak langsung berpengaruh terhadap kehidupan politik dan pergerakan kemerdekaan Indonesia. perang Dunia II berpengaruh bagi Indonesia dalam mencapai kemerdekaan setelah Jepang kalah mneyerah kepada Sekutu tanggal 14 Agustus 1945, Indonesia dalam keadaan " vacuum of power " ( kekosongan kekuasaan) . Jepang sudah menyerah berarti tidak mempunyai hak memerintah Indonesia, sementara sekutu, saat itu belum datang. Kondisi ini kemudian .dimanfaatkan bangsa Indonesia, untuk memprokalamsikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

4. Apakah yang dimaksud dengan Romusha?

Jawaban : Romusha adalah tenaga kerja paksa yang diambil dari para pemuda dan petani untuk bekerja paksa pada proyek-proyek yang dikembangkan pemerintah pendudukan Jepang.

5. Sebutkan kebijakan pemerintah pendudukan Jepang di Indonesia dalam bidang sosial budaya!

Jawaban : Pada zaman pemerintahan Jepang, masyarakat hanya dibedakan menjadi 'saudara tua' (Jepang) dan 'saudara muda' (Indonesia). Untuk mencapai tujuannya, Jepang mengeluarkan beberapa kebijakan di bidang sosial, seperti :

- Pembentukan Rukun Tetangga ( RT ) : Untuk mempermudah pengawasan dan pengerahan penduduk, pemerintah Jepang membentuk Tanarigumi (RT).
- Romusha : pengerahan tenaga kerja secara paksa untuk membantu tugas-tugas yang harus dilaksanakan oleh Jepang.

Nah, teman-teman dan para pembaca sekalian.. Saya rasa cukup sekian dahulu pembahasan soal-soal dari saya hari ini. nantikan juga pembahasan yang lainnya yahh ^^ tetap setia mengunjungi blog @nifafani.