My Trip My Adventure to Jogja

Jogja, Sebuah kota yang dikenal sebagai kota pelajar. Kota yang wisata alamnya sungguh mengagumkan *bagi saya* Kota yang merupakan tujuan wisata utama di pulau jawa oleh para wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Beberapa teman saya kalau mengajak liburan pasti ke Jogja atau Bali yang menjadi pilihan utama. Kalau saya sendiri lebih suka ke Jogja. Menurut pengalaman, ada beberapa wilayah yang bila Anda tahu untuk menemukannya tidaklah mahal kok untuk biaya hidup dan keperluan sehari-hari.

Perjalanan ini saya mulai dari Surabaya, kota Pahlawan, kota kelahiran dan kota tercinta saya. Saya berangkat pukul 12 siang hari dari terminal Purabaya karena waktu itu kehabisan tiket kereta api. Untuk ke Jogja tersedia beberapa bus dan harganya juga berbeda-beda. Bus yang menurut saya lumayan itu Bus Eka. Berikut adalah lampiran tarif atau biaya bus Surabaya - Jogja :

Sugeng Rahayu, Sumber Selamet ( ekonomi AC Seat 3-2 )
Jadwal 24 jam dari Surabaya, tarif : 54.000

Sugeng Rahayu ( Bisnis AC Seat 2-2 )
Jadwal keberangkatan : 08:21, 10:66, 22:36, 23:36
Tarif : 115.000

Masih ada bis bis lain seperti Indonesia, Mandala, Eka dan lain-lain. Namun untuk tarifnya sekitar 100.000 keatas, untuk pastinya saya kurang begitu tahu.

Saya naik bus EKA, 95.000 dari pukul 12.00 sampai sekitar pukul 22.00 saya baru sampai Jogja. Sayangnya waktu itu tidak diturunkan di terminal Jombor. Tapi beberapa km sebelum terminal Jombor. Sungguh membuat saya kesal waktu itu dengan kondektur busnya.

Setelah itu saya menuju ke jalan magelang km 8 *kalau tidak salah ingat* untuk mencari penginapan. Penginapan yang tersedia cukup banyak, namun satu penginapan yang membuat saya tertarik setelah berputar-putar dengan taksi.

Hotel Borobudur

Untuk pelayanan, oke.. Makanan, kamar dan lain sebagainya masih bisa lah cocok buat Anda yang sedang traveling. Akan tetapi bila Anda ingin lebih hemat lagi, coba cari penginapan di dekat Malioboro. Disana terdapat penginapan yang harganya cukup terjangkau.

Selama di Jogja, saya tidak begitu tahu akan transportasi umum atau angkutan kota, sehingga kemana-mana menggunakan taksi. Tarif taksi Jogja dan Surabaya cukup sama, mulai 25.000 untuk jarak dekat dan tarif selanjutnya ada perhitungan tersendiri yang mana masing-masing taksi berbeda.

Di Jogja biar malam juga ada makanan, jadi jangan khawatir bila Anda datang malam hari. Yang biasa tinggal di kota besar seperti saya jadi tidak merasa susah juga saat di Jogja.

Tips hemat untuk para traveler yang ke Jogja:

- Perhitungkan biaya transportasi baik saat pergi, di tempat tujuan sampai kembali ke asal.
- Persiapan dana dengan matang
- Browsing untuk tempatnya terlebih dahulu
- Jangan mudah terbujuk rayu oleh omongan penduduk setempat
- Usahakan bernegosiasi bila dirasa perlu
- Bila ada persewaan motor akan lebih baik sewa motor dari pada menggunakan transportasi umum.
- Bawa perbekalan yang cukup

Saat saya di Jogja, saya menyewa sebuah motor pegawai hotel tempat saya menginap. 100.000/hari nya. Teman saya bilang tarifnya cukup mahal. Teman saya saja menyewa hanya 45.000 tapi tidak apa, dari pada ongkos taksi juga lebih mahal harganya.

Untuk Anda yang dari Pulau Jawa lebih baik Anda menggunakan transportasi kereta api saja, selain nyaman dan mudah, juga dapat menghemat waktu. Yang kedua bagi Anda yang dari luar pulau, bisa menggunakan pesawat sebagai pilihan utama Anda.

Jadi sudah siapkah Anda untuk ke Jogja? Tunggu cerita seru lainnya di My Trip My Adventur to..(..)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "My Trip My Adventure to Jogja"