Pembahasan Soal Bahasa Indonesia Kelas VIII

Selamat malam para pembaca sekalian.. malam ini saya akan mengupload postingan yang dihasilkan dari adik kecil yang yaitu cerewet Sherly yang cantik dan jelita dan jeliteng *upss* ^^

Kecil-kecil sudah saya ajari gimana menulis blog, eh mau juga. :D Sebenarnya bukan nulis aja, tapi intinya kan berbagi, meski itu berbagi jawaban sih.. tapi kan ini bukan waktu nya ulangan jadi nggak papa dong wkwk..

Nah uda selesai nih, yuk langsung aja yuk di bahas..





       KUPU-KUPU YANG BAIK HATI


1. Siapakah tokoh dalam cerita itu ?

Jawaban : Seekor semut,seekor kupu-kupu /kepompong.

2. Apa masahlah yang muncul dalam teks tersebut ?

Jawaban : Sang semut tergelincir dan jatuh kedalam genangan lumpur.

3. Apa yang dirasakan para tokoh dalam teks itu ?

Jawaban : Semut merasa bahwa dirinya binatang yang paling hebat. Kupu-kupu/kepompong sabar walaupun telah diejek oleh semut.

4. Mengapa sang semut dikatakan sombong dan sikupu-kupu dikatakn baik hati ? 

Jawaban : Karna sang semut mengejek kepompong, karna sikepompong tidak bisa berjalan-jalan dan dia bisa. Sikupu-kupu dikatakan baik karena mau menolong semut walaupun sudah pernah mengejek dirinnya.

5. Sebutkan contoh kebaikan dan kejelekan dari sifat tokoh-tokoh dalam teks itu !

Jawaban : Kejelakan:Semut mengejek kepompong dan sombong. Kebaikan:kupu-kupu mau menolong semut walaupun suadah pernah mengejek dirinya.

6. Coba sebutkan satu kebaikan dan satu kejelekan yang pernah kamu lihat dilingkunganmu ! Bagaimana sikap kamu mekihat hal itu ?

Jawaban :

 Kebaikan :Seorang teman membantu teman yang kesusahan.
 Kejelekan:Seorang anak mengejek temannya yang tidak bisa mengerjakan tugas.
 Menyikapi dengan cara meniru yang baik, dan tidak meniru yang jelek.

7. Setujukah kamu jika terjadi musibah, kita harus saling membantu ? Mengapa hal itu kita lakukan ?

Jawaban : Ya.setujuh.-Karna kita harus saling membantu. Kita di ciptakan untuk bersosialisasi, dna juga bukan merupakan makhluk individu.

8. Kepompong mewakili sebuah siklus kehidupan. Saat menjadi kepompong, hanya diam dan tidak bisa pergi kemana-mana. Selanjutnya, dia bahagia saat menjadi kupu-kupu. Begitulah kehidupan.bagaimana pendapat kamu tentang hal itu ? 

Jawaban : Ya, kehidupan ini seperti kupu-kupu dan kepompong yang memerlukan proses. Dalam hidup kita juga perlu kan suatu proses. Oleh karena itu kehidupan ini sama seperti kepompong dan kupu-kupu.


Nah, sekian dahulu yahh postingan dari mimin malam ini. Nantikan postingan yang lainnya! Dan jangan lupa untuk tetap terus ada dan kunjungi blog @nifafani. Nantikan pengalaman seru yang lainnya hanya di blog ini! Blognya anak muda, kreatif, dan inovatif.