Pembahasan 15 Soal Sosiologi 3

Selamat malam.. Malam ini saya mau ucapkan buat sahabat pena saya yang bernama N.A , Saya berharap ibu mu lekas sembuhya N.A :) Senang bisa berkenalan dan berteman dengan mu. Doaku selalu yang terbaik untuk mu dan keluarga..

Hmm .. tak terasa yahh sudah satu minggu ini saya tidak lagi bekerja, kerja saya hanya menulis dan share kepada Anda sekalian. Saya harap setiap tulisan ini dapat bermanfaat dan juga dapat menjadi motivasi untuk Anda sekalian.

Oke langsung saja, postingan kali ini tentang pembahasan 15 soal sosiologi yang mana saya harap dapat bermanfaat untuk Anda sekalian..



SOSIOLOGI

1. Perubahan sosial menurut kecepat nya: Evolusi, Yaitu perubahan yang memerlukan  waktu lama, teradi dengan sendirinya tanpa suatu rencana atau kehendak Tertentu; Revolusi,  yaitu perubahan-perubahan yang berlangsung cepat mengenai  dasar pokok dalam masyarakat.

 Jawaban: D

2. perubahan yang dihendaki atau direncanakan adalah perubahan yang telah diperkirakan atau telah direncanakan terlebih dahulu oleh pihak-pihak yang hendak melakukan perubahan. Pihak-pihak yang mengusahakan ini dinamakan pelaku perubahan (agent of change). Para pelaku perubahan tersebut mendapat kepercayaan masyarakat sebagai pemimpin untuk mengubah lembaga-lembaga kemasyarakatan.

 Jawaban: D

3. Hubungan antara dua orang biasanya dikiasifikasikan ke dalam dua jenis: hubungan satu arah (biasa disebut parasosial) dan hubungan dua arah (biasa disebut resiprokal). 

 Jawaban: C

4. Interaksi sosial merupakan hubungan sosial yang ter- diri atas kontak sosial dan kornunikasi sosial. Kontak sosial .dapat terjadi secara langsung maupun melalui perantara teknologi seperti telepon media sosial, dan sebagainya. Begitupun dengan komunikasi sosial, dapat terjadi secara primer (tatap muka secara langsung), dan sekunder (perantara orang lain/media).

 Jawaban : B

5. Sosiologi politik adalah studi mengenai tingkah laku lembaga politik di suatu negara. Salah satu sudut pandang menurut para ahli yaitu dengan mempelajari permasalahan-permasalahan yang ada pada masyarakat, seperti: faktor apa yang membuat adanya variasi pada sistem kepartaian dan tingkat partisipasi politik, dan jumlah rata-rata dalarn pemilihan suara.

 Jawaban: D

6. Mobilitas vertikal naik adalah perpindahan posisi dan satu kelompok sosial ke kelompok sosial lainnya yang lebih tinggi. Mobilitas antargenerasi merupakan mobilitas vertikal yang tidak terjadi dalam diri individu, tetapi terjadi dalam dua generasi.

 Jawaban: D

7. Webber dalam “Class, status, party” menjelaskan bahwa, sesuatu disebut kelas apabila sejumlah orang sama-sama memiliki suatu komponen tertentu yang merupakan sumber dalam kesempatan hidup (life chance) mereka.

 Jawaban: C

8. Pernyataan dan alasan benar. Setiap orang harus belajar untuk mengenal dan menhayati norma-norma serta nilai-nilai social hingga terjadi pembentukan sikap untuk berperilaku sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan tuntutan atau perilaku masyarakatnya.

 Jawaban: A

9. Pernyataan dan alasan benar. Menurut Wilnes, penyimpangan dapat disebabkan oleh factor obyektif, yaitu factor yang berasal dari luar (lingkungan). Misalnya akibat sosialisasi kebudayaan yang menyimpang. Seringnya media massa menampilkan berita atau tayangan tentang tindak kejahatan (perilaku menyimpang) menyebkan anak secara tidak sengaja menganggap bahwa perilaku menyimpang tersebut sesuatu yang wajar.

 Jawaban: A

10. Pernyataan dan alasan benar, namun tidak rnenunjukkan hubungan sebab akibat. Pihak yang memiliki kekuasaan dapat menggunakan kekerasan untuk memaksakankekuasaannya kepada pihak yang tidak berdaya.

 Jawaban: B

11. Pernyataan dan alasan benar. Perubahan sosial dapat didorong oleh adanya kontak dengan kebudayaan lain akibat kemajuan teknologi dalam bidang komunikasi dan informasi, serta adanya sistem pendidikan yang berkualitas dan maju.

 Jawaban: A

12. Perubahan akibat bencana alam, termasuk perubahan sosial yang tidak direncanakan (unintended). Perubah an yang terjadi di luar jangkauan pengawasan masyarakat atau kemampuan manusia. Perubahan ini dapat menyebabkan timbulnya akibat-akibat sosial yang tidak diharapkan oleh masyarakat.

 Jawaban: C

13. Mobilitas sosial adalah semua bentuk perubahan terhadap status-status sosial yang ada dalam masyarakat, baik perubahan secara vertikal maupun perubahan secara horizontal. Perubahan status sosial dapat disebabkan oleh pendidikan, prestasi, dan hasil kerjakeras. 

 Jawaban: A

14. Kebudayaan merupakan sumbangan manusia kepada lingkungannya. Sumbangan tersebut bisa berupa benda-benda berwujud (material) dapat juga yang immaterial yang. berupa kepercayaan, kebiasaan, ide, dan ideologi. 

 Jawaban: C

15. Konflik dapat berfungsi sebagai faktor positif yang berdampak konstruktif (membangun) dan faktor negatif yang bersifat destruktif (merusak) bagi modal kedamaian sosial. Secara positif, konflik dapat berfungsi sebagai pendorong tumbuh kembangnya modal kedamaian sosial karena dapat meningkatkan solidaritas di antara anggota kelompok.

 Jawaban: A


Nah sekian dahulu yahh postingan dari saya hari ini. Buat yang masih belum tahu ini pembahasan soal dari mana , bisa langsung buka postingan saya yang sebelumnya ya di 15 Soal SBMPTN Sosiologi