Pembahasan 15 Soal SBMPTN Geografi 3

Selamat malam.. Malam ini saya ingin membagikan postingan mengenai pembahasan soal-soal yang telah saya upload sebelumnya. Nah soal-soal ini saya buat, di bantu oleh teman baik saya yaitu Chania Putri yang mana telah memberikan bantuan cukup besar dalam keberlangsungan blog yang sederhana ini. Yukk langsung saja kita bahas bersama dan simak yaa ^^




GEOGRAFI

1. Danau Batur termasuk jenis danau kaldera aktif. Kaldera Gunung Batur ini terbentúk akibat dua letusan besar yang terjadi pada 29.300 dan 20.150 tahun yang lalu. Gunung Kelimutu (1650 m dpl) tumbuh di dalam Kaldera Sokoria atau Mutubusa bersama dengan G. Kelido (1641 m dpi) dan G. Kelibara (1630 rn dpi).

 Jawaban: B

2. Jenis tumbuhan di wilayah persebaran Pulau Sumatra dan Kalimantan dipengaruhi oleh ikiim Af. Wilayah ikiim Af didominasi oleh hutan tropis yang  lebat dengan spesies tumbuhan yang khas seperti kayu meranti yang keras seperti pohon deptirokarpus dan berbagai macam anggrek.

 Jawaban: C

3. Intensifikasi pertanian adalah pengolahan lahan pertanian yang ada dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan hasil pertanian dengan menggunakan berbagai sarana. Intensifikasi pertanian banyak dilakukan di Pulau Jawa dan Bali yang memiliki lahan pertanian sempit. Pada. awalnya, intensifikasi pertanian ditempuh dengan program Panca Usaha Tani, yang kemudian dilanjutkan dengan program Sapta Usaha Tani. Program Sapta Usaha Tani meliputi kegiatan berikut: pengolahan tanah yang baik, pengairan yang teratur, pemilihan bibit unggul, pemupukan, pemberantasan hama dan penyakit tanaman, serta pengolahan pascapanen.

 Jawaban: C

4. Sisi negatif revolusi hijau: kesuburan tanah semakin berkurang, hama tanaman kebal terhadap pembasmi kimia buatan, merusak ekosistem, perlu modal besar, dan tersingkirnya alat-alat budaya konvensional (bajak diganti traktor). Hal tersebut menyebabkan menurunnya jumlah petani serta hilangnya lapangan pekerjaan.

 Jawaban: B

5. Kondisi geografis Pulau Kalimantan memiliki banyak sungai-sungai besar, dan panjang-panjang. Sesuai dengan kondisi fisiknya, maka pola pernukiman yang berkembang adalah memanjang mengikuti sungai Prasarana transportasi yang berkembang di sana adalah sungai, alat transportasi yang dominan, yaitu perahu dan sampan.

 Jawaban: C

6. Hoover menentukan lokasi industri berdasarkan perhitungan biaya produksi dan biaya distribusi Oleh karena itu, menjadi jelas menurut Hoover bahwa industri yang berorientasi pada bahan mentah selalu ada dorongan untuk menempatkan pabriknya Di tempat sumber bahan mentah, sedangkan industri yang beronentasi pada pasar menempatkan pabriknya wilayah konsurnen. .

 Jawaban: E

7. prinsip geografi: Distribusi . (penyeharan); Interelasi (saling berkaitan); Deskripsi (penjelasan gejala/penggambaran); Korologi (fakta geografi/penjelasan yang sangat lengkap). Jadi, prinsip yang mempelajari hubungan yang saling berkaitan adalah prinsip interelasi.

 Jawaban: C

8. apabila kita ingin memperkecil peta, misalnya 1/2 kali dari peta semula, jarak garis-garis vertikal dan garis-garis horizontal pada kertas tempat memindahkan peta Juga harus diperkecil 1/2 kali dari jarak garis-garis yang ada peta asli.

 Jawaban: E

9. pernyataan benar, sebab Mean Sea Level digunakan sebagai acuan titik nol pengukuran tinggi di darat. alasan benar, sebab titik dasar air adalah selalu mengikuti bentuk wadahnya. Gaya gravitasi Bumi yang membuatnya selalu menyesuaikan dengan bentuk ruangan di sekitarnya. Penyataan dan alasan berhubungan. 

 Jawaban: A

10. Pernyataan benar, Uni Eropa awalnya tidak lepas dan sejarah ECSC, Euratom, dan MEE masing-masing memiliki organ eksekutif  yang berbeda-beda. Terkaitdengan kebijakan pasar bebas yang diwujudkan dalam MEE, rnaka pada bulan Juli 1967, ECSC, Euratom, dan MEE resmi disatukan menjadi European Community. (EC) atau Masyarakat Eropa. Pada tanggal 7 Februari 1992, rnelalui perjanjian Maastricht  atau Treaty of European Union (TEU) Masyarakat Eropa berubah menjadi Uni Eropa atau European Union (EU) yang mulai berlaku 1 November 1993. Alasan Perbedaan potensi wilayah rnenyebabkan kerja antarwilayah. Namun, pernyataan dan alasan berhubungan.

 Jawaban: B

11. Pernyataan dan alasan henar. Lamanya air tanah terjebak dalam batuan dan kontak dengan batuan penyusutannya sehingga banyak mineral batuan yang larut ke dalam air tanah dan mengalami pertukaran kation.

 Jawaban: A

12. Pelestarian sumber daya alam pada prinsipnya agar nilai sumber daya itu bisa relatif tetap dan waku ke waktu. Pelestarian dalarn pengelolaan sumber daya alam artinya melestarikan daya dukung lingkungan yang dapat menopang kehidupan.

 Jawaban: A

13. Dataran hasil endapan oleh air atau sering disebut dataran aluvial, biasanya mempunyai tanah yang subur dan sangat baik untuk daerah pertanian, permukiman, atau juga untuk industri. Hal ini didukung dengan Ketersediaan air di dataran rendah yang umumnya melimpah karena endapan aluvium yang ada mampu menyerap dan menahan air di dalamnya. Wilayah dataran rendah pada umumnya tanah relatif luas. Akibatnya, sarana dan prasarana mudah dibangun, tanahnya relatif subur, dan mempunyai cadangan air yang cukup banyak. Semua itu mendukung pertumbuhan daerah dataran rendah menjadi sebuah kota. Selain itu, juga mengakibatkan mata pencarian penduduk lebih bervariasi.

 Jawaban: E

14. Batuan beku luar (ekstruktif atau batuan beku vulkanik) merupakan batuan beku yang terbentuk akibat proses pembekuan magma di permukaan bumi yang berlangsung dalam waktu yang sangat cepat. Tekstur batuan relatif halus. Contoh batuan beku luar antara lain obsidian, basalt, dan andesit.

 Jawaban: D

15. Lapisan ozon dapat menyerap radiasi ultra violet yang dipancarkan matahari. Lapisan ini dapat mengalami deplesi ozon, yaitu menipisnya lapisan karena terjadi perusakan/pengurangan kadar ozon akibat reaksi kimiawi dan zat-zat yang sebagian besar berasal dan aktivitas manusia. Jadi pada lapisan ini, terdapat akumulasi polutan yang dapat merusak ozon.

 Jawaban: C

Buat yang sudah simak tapi belum paham bisa langsung buka postingan yang sebelumnya .. taraaa >> 15 Soal SBMPTN Geografi

Senang saya dapat berbagi bersama Anda sekalian.. Jangan lupa untuk tinggalkan komentar yaa..