5 Cara Diet Sehat

Diet Sehat




Diet, itu merupakan satu kata yang selalu muncul di kalangan wanita, baik gadis remaja ataupun wanita dewasa. Dengan diet mereka dapat membuat tampilan menjadi lebih percaya diri. Tubuh yang langsing dan ramping, selain membuat para wanita merasa lebih percaya diri, dapat membuat badan terasa lebih ringan untuk beraktivitas. Namun tidak jarang beberapa wanita salah dalam melakukan proses diet. Mereka berfikir bahwa diet adalah dimana kita tidak memakan apapun atau tidak boleh memakan cemilan manis yang selalu di sukai oleh para wanita. Diet akan berhasil jika diet itu dilakukan dengan cara dan langkah-langkah yang benar. Jika kita melakukan diet yang salah, maka tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih gemuk daripada sebelumnya, tapi juga membuat kesehatan tubuh kita terganggu. 

Ada beberapa langkah diet sehat sederhana yang dapat diterapkan dengan mudah. 

1. Mengkonsumsi banyak air putih

Tubuh kita dirancang untuk selalu membutuhkan cairan dalam jumlah yang cukup banyak. Dalam sehari tubuh kita membutuhkan 3 liter air atau setara dengan 12 hingga 13 gelas air. Selain dapat membuat pencernaan kita lancar, air putih juga dapat meminimalkan penuaan dini dan menyegarkan kulit. Adapun keuntungan lain dari air putih adalah , organ-organ vital yang ada di dalam tubuh kita dapat berfungsi dengan baik dan racun-racun yang ada di dalam tubuh dapat dikeluarkan secara teratur.

2. Mengkonsumsi banyak makanan berserat

Makanan berserat terutama sayuran adalah hal penting dalam diet sehat. Sayuran dan buah-buahan yang berserat akan membantu kita untuk melancarkan pencernaan dan memberikan nutrisi bagi kulit, sehingga kulit menjadi lebih cerah. Sayuran dan buah juga dapat mengurangi resiko kanker, penyakit jantung, kolesterol, dan diabetes. Dengan memiliki saluran pencernaan yang lancar, maka tidak ada racun yang mengendap di dalam tubuh, dan dapat mengurangi resiko gula tinggi.

3. Berolahraga secara teratur

Walau kita sudah melaksanakan diet sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, namun tidak disempurnakan dengan olahraga, maka tubuh kita akan merasa cepat lelah dalam beraktivitas. Diet yang sehat adalah dimana kita melakukan diet, namun tetap segar saat beraktivitas. Dengan olahraga teratur, kita dapat mengurangi lemak berat yang berlebih, dan membantu metabolisme tubuh dengan mengeluarkan cairan, sehingga membuat tubuh menjadi lebih segar. Selain itu, olahraga dapat meningkatkan mood dan meningkatkan memori. Dengan darah yang mengalir cepat ke jantung dan otak, dapat meningkatkan kinerja jantung menjadi lebih kuat dan kinerja otak menjadi lebih cepat. 

4. Memenuhi kalori dan nutrisi tubuh

Diet bukan berarti kita tidak memakan apapun. Tubuh kita membutuhkan kalori dan nutrisi yang dapat kita temui pada makanan berkarbohidrat dan berprotein. Dalam sehari lelaki membutuhkan 2.500 kalori, sedangkan wanita dalam sehari membutuhkan 2.200 kalori. Kita dapat mengkonsumsi sedikit nasi atau bisa di ganti dengan kentang yang jauh lebih mengenyangkan. Untuk proteinnya kita bisa mengkonsumsi kacang-kacangan . Pagi dan siang kita dapat mengkonsumsi roti atau kentang disertai dengan sayuran dan kacang-kacangan. Daging pun di sarankan untuk dikonsumsi dalam diet namun daging harus di masak tanpa menggunakan minyak ataupun mentega.

5. Mengatur jam tidur

Semakin sering bergadang, maka semakin sering tubuh merasa lapar dan nafsu makan bertambah, sehingga dapat menyebabkan obesitas. Tubuh kita memerlukan tidur yang cukup, dalam sehari tubuh  membutuhkan 8 jam untuk tidur. Tubuh berproses mengeluarkan racun toxin dari tubuh kita ketika tubuh kita berada dalam kondisi rilex, yaitu dalam keadaan tidur. Selain membuat tubuh kita kekurangan waktu untuk mengeluarkan racun dari tubuh, bergadang dapat membuat kerusakan pada kulit wajah. Kerutan muncul lebih cepat,kulit kusam, kulit melar, dan membuat lingkaran hitam di bawah mata.

Diet sehat akan membuat berat badan kita akan menyusut secara teratur dan permanent. Diet yang sehat pun dapat membuat kita terhindar dari segala macam penyakit dan membuat kita semakin energic dalam melakukan aktivitas. Perlu di ingat ,bahwa  diet yang instan, tidak akan berhasil, namun diet yang sehat dan teratur , pasti akan memberikan hasil yang memuaskan.


_ShabrinaBeena_