Pembahasan Soal PKN Halaman 230 Kelas 12

Selamat sore para pembaca setia blog @nifafani.. Mohon maaf ya sebelumnya buat yang sudah kirim email, line, sampai DM instagram sudah aku bantah bantahin bahwa halaman 230 sudah aku upload padahal belum huuhuhuhu :'( Oke nih langsung saja bakal aku upload sekarang juga buat kamu kamu yang sudah berani cek dan kabari aku lagi kemudian membuat aku tercenggang ternyata belum selesai aku.. atau lebih tepatnya belum aku kerjain wkwk. 

find me on instagram @nifafani


Oke nihh yuk langsung saja mari kita simak bersama-sama..

1. Coba kalian bandingkan karakteristik/ciri Indonesia pada saat berbentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Republik Indonesia Serikat (RIS).

BUT WAIT IKLAN, BUAT YANG MINAT NOVEL UNDER 5000 atau UNDER 20000 HARGANYA, BISA LANGSUG SAJA CEK DI POSTINGAN SEBELUMNYA NOVEL UNDER 5K dan NOVEL UNDER 20K! No TIPU-TIPU. GUE GA PERNAH NIPU KOK SOALNYA INI KOLEKSI PRIBADI. ADA YANG BARU JUGA LOOO JADI GA SEMUA BEKAS! DAN BUKA COPYAN TAPI ASLLLLIIIIII!

No.
Karakteristik NKRI
Karakteristik RIS
1.
Unitarisme sudah merupakan cita-cita gerakan kemerdekaan Indonesia

Pengangkatan perdana menteri dilakukan oleh Presiden, bukan oleh parlemen sebagaimana lazimnya.
2.
Negara tidak memberikan tempat hidup bagi provinsialisme
Pembentukan kabinet dilakukan oleh Presiden bukan oleh parlemen.
3.
Tenaga-tenaga terpelajar kebanyakan berada di Pulau Jawa sehingga tidak ada tenaga di daerah untuk membentuk negara federal
Pertanggungjawaban kabinet adalah kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), namun harus melalui keputusan pemerintah.
4.
Wilayah-wilayah di Indonesia tidak sama potensi dan kekayaannya

Parlemen tidak mempunyai hubungan erat dengan pemerintah sehingga DPR tidak punya pengaruh besar terhadap pemerintah. DPR tidak dapat menggunakan mosi tidak percaya kepada kabinet.
5.
Dari sudut geopolitik, dunia internasional akan melihat Indonesia kuat apabila sebagai negara kesatuan
Presiden RIS mempunyai kedudukan rangkap yaitu sebagai kepala Negara dan kepala pemerintahan.

2. Republik Indonesia Serikat (RIS) tidak bertahan lama. Hal tersebut menunjukkan bahwa bentuk negara serikat/federasi tidak cocok diterapkan di Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut, coba kalian investigasi factor faktor yang menyebabkan negara serikat tidak dapat diterapkan di Indonesia.

Jawaban : Pertama, Karena Indonesia adalah Negara kesatuan dan dalam negara kesatuan organisasi bagian bagian negara dalam garis-garis besarnya telah ditetapkan oleh pembentuk undang-undang pusat. Adapun, dalam negara serikat, negara bagian memiliki wewenang membentuk konstitusi sendiri dan berwenang mengatur organisasi sendiri dalam rangka konstitusi federal. Kedua, dalam negara kesatuan, wewenang pembentuk undang-undang pusat ditetapkan dalam suatu rumusan yang umum dan wewenang pembentuk undang-undang yang lebih rendah (lokal) tergantung pada badan pembentuk undang-undang pusat. Adapun, pada negara serikat wewenang pembentuk undang-undang adalah pusat untuk mengatur hal-hal tertentu, telah diperinci satu persatu dalam konstitusi federal.

Nah buat para pembaca yang sekarang sudah kelas 12, semangat ya menempuh Ujian Sekolah dan Ujian Prakteknya. Dan tak lupa tentu dengan Ujian Hidup yang selalu menyertai kita semua Anda dan juga saya. Namun satu hal, tetaplah percaya pada sang maha kuasa, maha akan segalanya karena hanya dialah yang dapat memberikan kita kekuatan dan keteguhan hingga kita dapat menjadi orang-orang yang berada atau sukses dan lain sebagainya.