Pembahasan Soal IPA Halaman 22-23 Kelas 7 Semester 2

Selamat siang, pada siang hari ini saya akan membahas tentang pembahasan soal IPA Kelas 7 Semester 2 Halaman 22 sampai dengan halaman 23. Sebelumnya saya ucapkan untuk adik-adik sekalian yang sudah berkunjung ke blog @nifafani. Salam Budaya dan Teknologi yaa..

Oke yuk langsung saja mari kita bahas bersama..

1. Karbohidrat, lemak, dan protein merupakan sumber energi. Jelaskan apa yang terjadi jika kita kelebihan mengomsumsi zat-zat tersebut? Bagaimana jika kekurangan?

Jawaban :  Baik kelebihan maupun kekurangan karbohidrat, lemak, dan protein dapat menyebabkan penyakit.

2. Kelompokkan energi ke dalam kelompok sumber energi yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbarui. (Coret yang salah)

Jawaban : 

3. Bagaimana cara kerja kincir angin? Jelaskan!

Jawaban : Pada prinsipnya kincir angin bekerja sebagai “Penerima Energi”, artinya dia menerima energi (kinetik) dari angin dan merubahnya menjadi energi lain yang dapat digunakan seperti listrik. Angin yang datang akan menumpuk sayap kipas (baling-baling pada kincir angin, sehingga sayap kipas akan berputar. Kemudian sayap kipas akan memutar poros di dalam nacelle (berbentuk tabung di belakang sayap kipas kincir angin). Poros dihubungkan ke gearbox (semacam roda bergerigi), di gearbow kecepatan perputaran poros ditingkatkan dengan cara mengatur perbandingan roda gigi dalam gearbox. Gearbox dihubungkan ke generator yang akan mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Dari generator energi listrik mengalir menuju transformer (alat yang digunakan untuk menaikkan atau menurunkan tegangan). Barulah listrik dapat didistribusikan/disalurkan ke tempat yang membutuhkan.

4. Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan?

Jawaban : Energi yang berasal dari fosil-fosil hewan atau tumbuhan yang sudah lama mati dan yang sudah lama tertimbun menjadi minyak bumi. Sumber energi fosil ini tidak dapat diperbaharui sehingga penggunaannya harus bijaksana.

5. Olahraga teratur tetapi tidak berlebihan baik bagi kesehatan kita.

a) Apakah yang terjadi ketika otot sedang dilatih? Lingkari jawaban ”Ya” atau ”Tidak” pada setiap pernyataan di bawah ini.

Jawaban :



b) Mengapa kamu harus bernapas lebih dalam ketika sedang berolahraga daripada ketika sedang beristirahat?

Jawaban : 
-- Untuk mengurangi kadar karbon dioksida yang meningkat dan untuk menyediakan lebih banyak oksigen ke tubuhmu. (“Udara” tidak diterima sebagai pengganti “karbon dioksida” atau “oksigen”)
• Ketika kita berolah raga, tubuhmu memerlukan lebih banyak oksigen dan menghasilkan lebih banyak karbon dioksida. Bernapas adalah upaya untuk melakukan hal tersebut.
• Bernapas lebih cepat memberikan lebih banyak oksigen ke dalam darah dan lebih banyak karbon dioksida dibuang.
-- Untuk mengurangi kadar karbon dioksida yang meningkat dari tubuh kita atau untuk menyediakan lebih banyak oksigen ke tubuh kita, tetapi tidak keduanya. (“Udara” tidak diterima sebagai pengganti “karbon dioksida” atau “oksigen”).
• Karena kita harus menghilangkan karbon dioksida yang terbentuk.
• Karena otot memerlukan oksigen. (Implikasinya bahwa tubuh kita memerlukan lebih banyak oksigen ketika kita berolah raga (menggunakan otot).)
• Karena olah raga menggunakan oksigen.
• Kita bernapas lebih dalam karena kita menghirup lebih banyak oksigen ke dalam paru-parumu. (Jawaban yang jelek, tetapi diketahui bahwa kita menyediakan lebih banyak oksigen).
• Selama kita menggunakan begitu banyak energi, maka tubuh memerlukan dua kali atau tiga kali lipat jumlah udara yang dihirup. Ini juga perlu untuk membuang karbon dioksida dalam tubuh kita.

c) Seseorang yang berolahraga sebelum mengonsumsi sejumlah makanan, akan merasa sangat keletihan. Mengapa hal itu terjadi? Jelaskan alasan jawaban kamu!

Jawaban : Berolahraga adalah menggunakan energi potensial yang terdapat dalam tubuh yang berasal dari makanan, apabila kita tidak mengonsumsi makanan, maka tubuh akan terasa letih, karena kurangnya energi potensial yang digunakan.

Oke sekian dahulu ya pembahasan kita kali ini. Sampai jumpa pada pembahasan yang lainnya dan seanjutnya. Btw Anda dapat menghubungi saya via email stefanikristina@gmail.com atau via DM Instagram @nifafani. Oke see you all