Pembahasan Soal Agama Islam Kelas 9 Halaman 250-251

Dear Para Pembaca Setia blog @nifafani..

Ditengah kesedirian saya tanpa seorang teman, keluarga, dan kekasih yang saat ini jauh.. Akhirnya saya berkesempatan dapat menyapa Anda sekalian dalam pembahasan soal Agama Islam Kelas 9 Halaman 250-251. Buat yang belum paham, kalian dapat bertanya pada kakak-kakak kalian kelas 10, 11, dan 12 :)

find me on instagram @nifafani


Sebelumnya saya ucapkan untuk beberapa teman saya yang telah membantu dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan ini serta Bpk. Tohir dalam pemberian file pdf ini sehingga memudahkan saya untuk memposting sebagai pembahasan bersama.

Mari langsung saja kita bahas bersama..

1. Segala macam bentuk cipta, rasa, dan karsa yang berasal dan berkembang dalam masyarakat serta telah mendapat pengaruh dari Islam disebut . . . .

a. Keindahan Islam 
b. Budaya Islam 
c. Ragam Islam
d. Gaya Islam

2. Kebiasaan atau adat istiadat yang dilakukan turun temurun oleh masyarakat, dan di dalamnya mengandung ajaran-ajaran Islam . . . .

a. Keluhuran Islam 
b. Keunikan Islam 
c. Tradisi Islam
d. Nuansa Islam

3. Huruf Pallawa yang telah di-Indonesiakan dikenal dengan nama . . . .

a. Huruf Nawi 
b. Huruf Kawami 
c. Huruf Kawi
d. Huruf Jawi

4. Berikut ini yang bukan merupakan tokoh dalam bidang pengembangan Suluk . . . .

a. Sunan Bonang 
b. Hamzah Fansuri 
c. Syekh Yusuf
d. Ibnu Rusyd

5. Tradisi halal bihalal dilakukan oleh umat Islam setelah merayakan . . . .

a. Idul Adha 
b. Tahun baru hijriyah 
c. Idul Fitri
d. Puasa Ramadhan

6. Sekaten berasal dari kata dalam bahasa Arab syahadatain yang artinya . . . .

a. Tradisi dua negara 
b. Kelahiran Nabi 
c.Dua keajaiban
d. Dua kalimah syahadad

7. Di bawah ini merupakan seni musik Islam, kecuali . . . .

a. Pop 
b. Hadrah 
c. Nasyid
d. Gambus

8. Tulisan Arab yang mengandung nilai seni disebut dengan seni . . . .

a. Fotogra! 
b. Geogra! 
c. Kaligra!
d. Koreogra!

9. Berikut ini merupakan nama bulan Jawa, kecuali . . . .

a. Sura 
b. Maret 
c. Ruwah
d. Sapar

10. Contoh tarian yang tergolong dalam seni Islam adalah tari . . . .

a. Secak 
b. Sambyong 
c. Serimpi
d. Saman

NB : DIJUAL NOVEL MURAH HARGA DIBAWAH 5000 dan NOVEL MURAH HARGA DI BAWAH 20000

B. Jawablah pertanyaan-pertayaan berikut ini!

1. Sebutkan contoh pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha dalam budayamasyarakat Indonesia sebelum Islam!

Jawaban : Contoh pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha dalam budaya masyarakat Indonesia sebelum Islam.

2. Apa yang kamu ketahui tentang tradisi Rabu Kasan?

Jawaban : Tradisi Rabu Kasan adalah tradisi yang dilakukan tepat pada hari Rabu Kasan terakhir bulan safar, kira-kira pukul 07.00 WIB semua penduduk telah hadir di tempat upacara dengan membawa makanan dan ketupat tolak bala sebanyak jumlah keluarga masingmasing. Acara diawali dengan berdirinya seorang di depan pintu masjid dan menghadap keluar lalu mengumandangkan azan. Lalu disusul dengan pembacaan doa bersama-sama. Selesai berdoa semua yang hadir menarik atau melepaskan anyaman ketupat tolak balak yang telah tersedia tadi, satu persatu menurut jumlah yang dibawa sambil menyebut nama keluarganya masing-masing dilanjutkan makan bersama dan mengambil air wafak yang telah disediakan untuk semua anggota keluarganya. Setelah selesai acara ini mereka pulang dan bersilahturahmi ke rumah tetangga atau keluarganya.


3. Sebutkan tiga prinsip Islam dalam memandang sebuah budaya!

Jawaban : Tiga prinsip Islam dalam memandang sebuah budaya adalah tidak melanggar ketentuan hukum halal-haram, mendatangkan mashlahat (kebaikan) dan tidak menimbulkan mafsadat (kerusakan), dan sesuai dengan prinsip al-Wala` (kecintaan yang hanya kepada Allah Swt. dan apa saja yang dicintai Allah Swt.) dan al-Bara` (berlepas diri dan membenci dari apa saja yang dibenci oleh Allah Swt.).

4. Bagaimana gambaran pelaksanaan Tabot di Bengkulu?

Jawaban : Tabot di Bengkulu upacara tradisional masyarakat Bengkulu untuk mengenang kisah kepahlawanan dan kematian Hasan dan Husein bin Ali bin Abi Thalib, cucu Nabi Muhammad saw. Kedua cucu Rasulullah saw ini gugur dalam peperangan di Karbala, Irak pada tanggal 10 Muharam 61 Hijriah (681 M). Perayaan di Bengkulu pertama kali dilaksanakan oleh Syaikh Burhanuddin yang dikenal sebagai Imam Senggolo pada tahun 1685. Syaikh Burhanuddin menikah dengan wanita Bengkulu kemudian keturunannya disebut sebagai keluarga Tabot. Upacara ini dilaksanakan dari 1 sampai 10 Muharram (berdasar kalendar Islam) setiap tahun.

5. Ceritakan sejarah Grebeg Besar di Demak!

Jawaban : Sejarah Grebeg Besar di Demak Tradisi Grebeg Besar merupakan upacara tradisional yang setiap tahun dilaksanakan di Kabupaten Demak Jawa Tengah. Tradisi ini dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah bertepatan dengan datangnya Hari raya Idul Adha atau Idul Kurban. Tradisi ini cukup menarik karena Demak merupakan pusat perjuangan walisongo dalam dakwah.

Pada awalnya Grebeg Besar dilakukan tanggal 10 Dzulhijjah tahun 1428 Caka dan dimaksudkan sekaligus untuk memperingati genap 40 hari peresmian penyempurnaan Masjid Agung Demak. Mesjid ini didirikan oleh Walisongo pada tahun 1399 Caka, bertepatan 1477 Masehi. Tahun berdirinya masjid ini tertulis pada bagian Candrasengkala “Lawang Trus Gunaning Janmo”. Pada tahun 1428 tertulis dalam Caka tersebut Sunan Giri meresmikan penyempurnaan masjid Demak. Tanpa diduga pengunjung yang hadir sangat banyak. Kesempatan ini kemudian digunakan para Wali untuk melakukan dakwah Islam. Jadi, tujuan semula Grebeg Besar adalah untuk merayakan Hari Raya Kurban dan memperingati peresmian Masjid Demak.

Terima kasih untuk Anda yang telah mengunjungi blog @nifafani. Hubungi admin via instagram @nifafani atau via email stefanikristina@gmail.com untuk Anda yang ingin request pembahasan. Mohon maaf sebelumnya bila ada salah kata dan perbuatan.

Mohon tinggalkan komentar yang positif tidak negatif.