Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 35 Semester 2

Selamat malam para pembaca blog @NifaFani sekalian, malam ini saya khususkan hadir untuk Anda. menemani dan juga membagikan apa yang perlu untuk saya bagikan. Saya harap Anda dapat dengan baik membaca dan mengerti setiap apa yang sampaikan pada postingan kali ini.

find me on instagram @nifafani


Mohon maaf sebelumnya bila saya ada keterlambatan dalam memposting. Perlu diketahui untuk membuat Kunci Jawaban dan Merespons setiap request Anda saya memerlukan waktu untuk berfikir. Selain itu saya juga membutuhkan tenaga dan koneksi internet untuk terhubung dengan Anda.

Oh ya tak lupa saya ingin sampaikan pada Anda sekalian. Untuk yang membutuhkan penulis artikel atau penulis cerpen dapat langsung menghungi saya via email yaitu stefanikristina@gmail.com. Semua start mulai 5000/artikel atau cerpen. Tidak perlu bingung karena saya selalu ada untuk Anda. Baik langsung saja mari kita bahas soal yang ada di bawah ini..


(9) Teks opini memuat pendapat atau pandangan penulis yang biasanya diterbitkan pada media cetak. Dalam sebuah teks opini terkandung subjektivitas, tidak hanya fakta belaka. Dalam sebuah media cetak, artikel opini, surat pembaca, dan tajuk rencana merupakan jenis teks opini. Artikel opini dan surat pembaca merupakan pendapat pembaca terhadap suatu masalah, peristiwa, atau kejadian tertentu. Sedangkan tajuk rencana, atau dikenal juga dengan istilah editorial merupakan opini atau pendapat redaksi media cetak tersebut terhadap persoalan aktual, fenomenal, atau kontroversial yang berkembang di masyarakat. Opini yang ditulis pihak redaksi diasumsikan mewakili redaksi sekaligus mencerminkan pendapat dan sikap media yang bersangkutan. Berbeda dengan artikel opini yang ditulis pembaca, sebuah tajuk rencana tidak mencantumkan namapenulisnya karena merupakan suara lembaga. 

Perhatikan secara saksama teks “Menjual Sembari Menjaga Nirwana” dan “Tentang Baik dan Benar”. Apakah kedua teks tersebut adalah artikel opini yang ditulis seorang pembaca atau editorial yang ditulis oleh redaksi media cetak?

(a) Teks “Menjual Sembari Menjaga Nirwana” adalah termasuk teks redaksi karena melihat dari judul dan juga sumber teks opini tersebut. Sebuah teks opini editorial atau lebih dikenal dengan tajuk rencana itu tidak akan mencantumkan nama penulisnya karena merupakan suara lembaga.

(b) Teks “Tentang Baik dan Benar” adalah teks opini yang merupakan ditulis oleh pembaca karena kita dapat tahu siapa yang membuatnya yaitu Agus Sri Danardana.

Oke sekian dahulu jawaban dari saya kali ini. Saya harap Jawaban ini dapat membantu Anda dalam mengerjakan tugas. Mohon untuk mengkoreksi terlebih dahulu sehingga Anda dapat menjadi pembaca yang cerdas.