Syarat-Syarat Ujian Praktek Agama Kristen Kelas 12

Selamat siang, selamat hari minggu dan salam sejahterah bagi Anda sekalian yang membaca postingan saya pada kali ini. Postinga saya pada kali ini lebih ditujukan untuk Anda sekalian yang belum mengetahui syarat-syarat untuk ujian praktek Agama Kristen Kelas 12 Khususnya di SMK Negeri 10 Surabaya.

Baik langsung saja..

find me on instagram @nifafani


Yang harus Anda persiapan untuk pertama kali adalah

1. Tema

Tentukan tema yang Anda inginkan untuk khotbah yang akan Anda bawakan khusus untuk Ujian Praktek Agama Kristen. Tema disini tidak ditentukan oleh guru pembimbing. Guru pembimbing hanya meminta ringkasan yang telah Anda buat saja. Jangan lupa juga untuk membuat tema yang sesuai dengan apa yang hendak Anda bawakan atau Anda pahami.

Contoh Tema :

Mukjizat Itu Nyata
Menjadi Pribadi yang Istimewa di Mata Allah.

( tema yang telah menjadi contoh dilarang untuk digunakan kembali )

2. Ringkaslah satu perikop atau 1 ayat, dll hal ini digunakan untuk mendukung tema Anda. Atau membuat Anda paham akan point-point penting yang hendak Anda sampaikan.

Baik disini saya akan menyampaikan untuk susunan ringkasan khotbah yang harus Anda  buat

1. Pendahuluan

Pendahuluan ini dapat Anda mulai dengan satu paragrah dan dalam paragraf tersebut berisi beberapa kalimat saja. Anda dapat memulai pendahuluan ini dengan menyampaikan mungkin berita yang sedang ter up date atau kasus-kasus atau mungkin bisa bersumber dari pengalaman pribadi Anda. Namun perlu diingat cukup ringkas saja dan jangan lupa juga tersambung dalam tema Anda. Tidak boleh keluar dari tema. Fungsi pendahuluan ini untuk menghubungkan atau mengajak pendengar Anda untuk memahami apa yang hendak Anda sampaikan. Jadi sebainya Anda gunakan hal-hal yang sesuai dengan tema Anda.

2. Kalimat Peralihan

Sesuai dengan kata tersebut yaitu " peralihan " maka pada bagian kedua ini Anda diminta untuk membuat suatu kelimat untuk menjebatani antara pendahuluan untuk masuk ke Pokok Besar. Kalimat peralihan ini tidak perlu berbelit, cukup dengan tidak lepas dari pendahuluan dan point yang utama yaitu apa yang hendak Anda sampaikan.

3. Pokok Besar

Pokok Besar adalah Point atau Hal Pokok, Ide dari bagian yang dibuat dari sebuah ringkasa dan sumbernya adalah dari tema tersebut. Pokok besar hanya menyampaikan beberapa point secara garis besar yang kemudian akan dijabarkan pada bagian Pokok Kecil. Namun bila Anda tidak membuat Pokok kecil pun tidaklah masalah, mungkin Anda ingin membahasnya semua pada pokok besar.

4. Pokok Kecil

Pokok kecil adalah apa yang ada pada Pokok besar , berupa penjelasan yang ada pada pokok besar seperti berupa ilustrasi atau kesaksian. Bisa hal ini disampaikan dari pengalaman Anda atau orang lain yang ada disekitar Anda.

5. Kesimpulan

Kesimpulan untuk khotbah yang Anda bawakan dapat berupa perikop atau lebih diisi saran Anda untuk orang Kristen, Apa yang harus mereka lakukan. Selain itu isi kesimpulan tentu juga dapat Anda isi dengan tema, pokok kesimpulan, dan lain sebagainya namun di konsep sesingkat mungkin akan tetapi dapat di pahami oleh para pendengar Anda.

Ada pun ketentuan dalam khotbah kali ini yaitu ..

1. Ringkasan khotbah sesuai yang diminta diatas harus di ketik dan dikumpulkan sebelum Ujian
2. Data diri di cantumkan pada akhir ringkasan khotbah, bukan diawal khotbah
3. Ujian kali ini di beri batas waktu yaitu 5 - 7 menit saja.

Baik, itu saja yang dapat saya sampaikan kali ini. Bila ada kurang maupun lebihnya saya mohon maaf. Saya buat ringkasan ini untuk seorang kawan saya yang lalu belum sempat hadir karena terbatasnya komunikasi untuk mengetahui berita ini.