Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 53 Kelas 12 Semester 2

Selamat sore menjelang malam dan selamat hari minggu, Tuhan Yesus Memberkati Anda sekalian. Salam hangat dari saya yang berada di Surabaya tentu kembali lagi untuk Anda sekalian yang menjadi pembaca setia blog @NifaFani.

Baik Langsung saja mari kita bahas bersama untuk beberapa soal yang ada pada halaman 53 Buku Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 2.

(4) Berilah judul untuk tulisan kalian. Sebuah judul sangat menentukan ketertarikan pembaca. Oleh sebab itu, pilihlah judul yang bagus dengan mencari sudut pandang yang menarik. Pemberian judul dapat berupanpernyataan atau pertanyaan.

Nasib Masyarakat Tani, Lahan Pertanian Berubah Menjadi Tambang

find me on instagram @nifafani


(5) Sebuah teks opini memiliki struktur pernyataan pendapat^argumentasi^ pernyataan ulang pendapat. Nyatakanlah pendapat kalian sebagai pembuka teks opini yang dibangun. Untuk memancing pembaca agar menuntaskan pembacaan terhadap tulisan kalian, berikanlah kalimat pembuka yang menarik.

Pernyataan Ulang Pendapat

Pernyataan Pendapat

Tentu kita hanya sebagai pembaca tidak lah tahu apa yang terjadi di sekitar kita. Namun dengan adanya beberapa peristiwa yang terjadi disekitar kita tentu tidak membuat kita lantas menutupkan mata. Pemerintah daerah tentu tidak mengetahui atau hanya berpura-pura tidak tahu akan apa yang terjadi di kedepannya. Namun imbas telah dirasakan oleh masyarakat sekitar antara lain ekonomi mereka yang tidak stabil, adanya pencemaran lingkungan oleh mana dampak dari pencemaran air dan lain sebagainya. Berbagai upaya telah dilakukan, namun sebagai rakyat kecil hanya mampu menerima saja.

(6) Bagian yang terpenting dalam sebuah teks opini adalah argumentasi. Bagian ini dianggap jantung sebuah teks opini. Argumentasi yang kalian berikan harus mampu meyakinkan pembaca, tentu saja didukung oleh data yang telah kalian kumpulkan.

Baiklah kiranya ini saja dahulu yang dapat saya sampaikan. Bilamana ada salah kata maupun salah dalam perbatan dan tingkah laku saya, saya mohon maaf. Anda dapat menghubungi saya via email stefanikristina@gmail.com atau via DM instagram @nifafani.

Oh ya, bilamana jawaban saya kurang berkenan saya mohon maaf. Kritik dan saran saya terima melalui email. Bila Anda merasa tidak sesuai dengan jawaban saya, silahkan mencari jawaban yang lain yang mana menurut Anda sesuai dengan pendapat Anda :) Mohon untuk tidak meninggalkan komentar yang tidak-tidak.