Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 52 Kelas 12 Semester 2

Selamat sore para pembaca setia blog @NifaFani..

Sore hari ini saya menanggapi beberapa request dari twitter yang mana ingin di post kan untuk halaman 52 dan selanjutnya. Baik langsung saja mari kita bahas bersama. Sebelumnya mohon maaf bila saya terlambat dalam membalas setiap request Anda. Tentu hal ini tidak ingin saya lakukan namuan karena adanya keterbatasan kesibukan dan lain sebagainya saya mohon maaf..

Baik lansung saja mari kita bahas..

1) Mengapa sajak ini diberi judul “Pada Suatu Hari”?

find me on instagram @nifafani


Jawaban : Sajak ini berjudul suatu hari karena mengibaratkan sebuah pertanyaan yang hendak muncul tiba-tiba oleh sang penanya. Alasan lain karena tidak diketahuinya waktu yang pasti kapan si penanya di kisahkan untuk bertanya.

2) Apakah, melalui sajak ini, penyair mengisahkan sesuatu?

Jawaban : Ya, melalui sajak ini penyair mengisahkan mengenai sesuatu.

3) Mengapakah buldozer berada pada hamparan sawah dan pematang?

Jawaban : Ya, bulldozer berada pada hamparan sawah dan pematang karena suatu kerja proyek.

4) Apakah kata “buldozer” dalam sajak tersebut melambangkan sesuatu?

Jawaban : Ya, kata buldozer dalam sajak tersebut melambangkan seseorang yang tidak bersalah namun ingin suaranya didengar oleh masyarakat umum.

5) Interpretasikanlah sajak tersebut. Diskusikan hasil interpretasi kalian di dalam kelas.

Menulis teks opini berarti menyebarluaskan gagasan kepada khalayak. Dengan berbagai argumentasi, penulis teks opini harus berusaha memengaruhi khalayak melalui opininya. Apakah gagasannya diterima atau bahkan diperdebatkan oleh pembaca bergantung seberapa kuat argumentasi yang diberikan penulis. Tentu saja untuk menghasilkan sebuah teks opini, terdapat beberapa hal yang harus kalian perhatikan.

(1) Langkah pertama dalam menulis adalah menentukan tema. Untuk memilih tema dalam menulis teks opini, ikutilah isu aktual yang berkembang. Isu bisa kalian peroleh dari membaca media cetak atau berbagai media lainnya, menonton televisi, diskusi, atau melakukan wawancara. Buatlah kelompok yang terdiri dari 2-3 orang, kemudian pilihlah tema yang akan kalian kembangkan menjadi sebuah teks opini. Sebagai latihan, kalian bisa mengambil isu dari hasil interpretasi terhadap sajak “Pada Suatu Hari”.

(2) Setelah kalian memilih isu yang dijadikan tema tulisan, tugas kalian selanjutnya adalah mengumpulkan data sebanyak mungkin. Data bisa kalian dapatkan dari buku, media cetak, internet, dan sebagainya. Tuliskanlah data yang kalian peroleh berikut.

(a) Kini tambang marak dimana-mana. Hampir menjelajah tersebar diseluruh pelosok Indonesia. Salah satunya adalah wilayah Sumatera Barat ( kabupaten Solok dan Kabupaten Sijunjung). Saat ini bukan hanya hutan saja yang menjadi target mereka, namun lahan pertanian seperti sawah dna kebunlah sasarannya.

(b Di Kabupaten Solok terdapat sebuah lahan sawah dan kebuh seluas 222 hektare yang hendak di sulap menjadi tambang biji besi. Kemudian di Kabupaten Sijunjung, tanah seluar 548 hektare hendak di jadikan sebagai tambang emas. Tentu semua ini mengakibatkan masyarakat sekitar kehilangan pekerjaan dan juga sumber pangan mereka.

(c) Beberapa masyarakat berupaya untuk mengembalikan apa yang menjadikan hak mereka. Mereka pun bekerja sama untuk menggagalkan proyek-proyek yang tengah dibangun pada masing-masing lokasi. Namun sayang justru tindakan mereka membuat mereka ditangkap oleh pihak yang berwajib.

(d) Beberapa pendapat seperti menurut Pius Ginting, Manajer Kampanye Tambang dan Energi Walhi Nasional mengungkapkan bahwa kini biaya politik mahal sehingga kini banyak kepala daerah yang mengorbankan Sumber Daya Alamnya tanpa memikirkan keberlangsungan Sumber Daya Alam tersebut beserta masyarakat sekitar. Tentu para kepala daerah hanya berfikir mengenai biaya investasi dan lain sebagainya namun disisi lain tanpa mereka sadari aka nada banyak dampak dari hasil penjualan SDA tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung. Bila dilihat jauh kedepan, maka yang banyak di untungkan bukanlah daerah setempat melainkan pengelola SDA tersebut sendiri.

(e) Dengan adanya proyek pertambangan di daerah setempat ini tentu merugikan masyarakat sekitar yang biasa mencari pangan dari hasil pertanian. Banyak perubahan terjadi di masyarakat antara lain, ekonomi, kerusakan ekologis karena tercemarnya air, dan lain sebagainya.

(3) Baca dan perhatikan sekali lagi data yang telah kalian peroleh. Pilihlah data yang sesuai dengan tujuan dan dapat mendukung kekuatan tulisan kalian.

Nah, sekian dahulu kunci jawaban saya pada kali ini. Bilamana ada kurang maupun salah dalam perbuatan saya ataupun kata-kata saya, saya mohon maaf. Silahkan hubungi saya secara pribadi melalui DM instagram @nifafani, Mention Twitter @NifaFani, atau via email stefanikristina@gmail.com