Kunci Jawaban Bahasa Indonesial Halaman 16 Kelas 12 Semester 2

Selamat malam, malam ini saya baru saja pulang dari sebuah kelas katekisasi di sebuah Gereja. Namun karena saya melihat masih pukul 9 lewat 50 maka saya sempatkan diri untuk segera memposting mengenai kunci jawaban bahasa indonesia halaman 16 kelas 12 untuk semester 2 ini.

find me on instagram @nifafani


Mohon maaf ya untuk yang tidak langsung di posting, karena memang saya bukan robot dan banyak sekali pekerjaan yang harus saya kerjakan sehingga membuat saya susah sekali bila diharuskan untuk membagi waktu terutama untuk hal seperti ini.

Baik, langsung saja mari kita bahas..

Teks opini mencakup penggunaan kata kerja material, relasional, dan mental sekaligus. Verba (kata kerja) material merupakan verba yang menunjukkan perbuatan fisik atau peristiwa, misalnya mengunyah, membaca, menulis, dan sebagainya. Sementara itu, verba relasional adalah verba yang menunjukkan hubungan intensitas (yang mengandung pengertian A adalah B), sirkumstansi (yang mengandung pengertian A pada/di dalam B), dan milik (yang mengandung pengertian A mempunyai B). Verba yang pertama tergolong ke dalam verba relasional identifikatif, sedangkan verba yang kedua dan ketiga tergolong ke dalam verba relasional atributif. Pada verba relasional identifikatif terdapat partisipan token (token) atau teridentifikasi (identified) dan nilai (value) atau pengidentifikasi (identifier). Misal: Ayah (token) adalah (verba relasional identifikasi) pelindung keluarga (nilai). Pada verba relasional atributif terdapat partisipan penyandang (carrier) dan sandangan (attribute). Misal: Ayah (penyandang) mempunyai (verba relasional atributif) mobil baru (sandangan). Untuk verba yang terakhir, yaitu verba mental, pada umumnya digunakan untuk mengajukan klaim. Verba ini menerangkan persepsi (misalnya: melihat, merasa), afeksi (misalnya: suka, khawatir), dan kognisi (misalnya: berpikir, mengerti). Pada verba mental ini terdapat partisipan pengindera (senser) dan fenomena. Contohnya dalam klausa: Saya mempercayai bahwa..., Menurut saya..., Saya berpendapat.... Contoh lain dalam kalimat: Ayah (pengindera) mendengar (verba mental) kabar itu (fenomena). Tugas kalian adalah mencari kalimat yang mengandung verba di dalam teks tersebut. Lalu, kategorikan masing-masing verba tersebut menurut bentuknya.

No.
Kalimat
Verba
Verba Material/Relasional/Mental
1.
Indonesia adalah surga sekaligus kisah nyata, bukan isapan jempol belaka atau
romantisme dari masa lalu.
adalah
Verba Relasional Identifikatif
2.
Problem utama dari tidak berkembangnya pariwisata di Indonesia
adalah ceteknya kesadaran akan potensi yang kita miliki.
adalah
Verba Relasional Identifikatif
3.
Mereka datang hanya pada saat kampanye untuk memancing suara, bahkan mempersilakan para nelayan mengebom terumbu karang.
memancing
Verba Material
4.
Mungkin ini merupakan bentuk “protes” mereka kepada pemerintah daerah yang tidak serius membangun prasarana
wisata di sana.
membangun
Verba Material
5.
Pemerintah pusat ataupun daerah masih lebih senang mendapatkan
uang dengan cara mengeksploitasi sumber daya alam.
senang
Verba Mental
6.
Mereka lebih suka membabat hutan untuk mengambil kayunya, menggali
buminya untuk mengeduk mineral di dalamnya, atau menggantikan
pepohonan hutan dengan kelapa sawit.
menggantikan
Verba Material
7.
Tidak ada resor atau pengelola wisata yang bisa membayar setoran ke pejabat korup sebesar yang disetor pejabat hutan atau pemilik tambang.
membayar
Verba Material
8.
Singapura, misalnya, pulau kecil yang penuh beton itu mampu membuat banyak atraksi wisata—meski sebagian
besar artifisial dan terlihat lebih indah di iklan—yang mampu menarik 15 juta wisatawan asing.
menarik
Verba Mental
9.
Selama ini pemerintah hanya menjual Bali dan Bali, atau—kalau mau dikatakan agak berpandangan luas sedikit—bergesernya pun paling-paling hanya ke Yogyakarta dan Danau Toba.
menjual
Verba Material
10.
Berapa banyak peminat wisata yang tahu, misalnya, bahwa Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, di pertemuan antara Selat Malaka, Laut Cina Selatan, dan arus surut Sungai Kampar, terdapat “bono”, tidal bore yang dirindukan para selancar sungai, dan diakui sebagai yang terbaik di dunia
dirindukan
Verba Mental


Mohon maaf bilamana ada salah kata dalam setiap jawaban saya diatas. Mohon dikoreksi terlebih dahulu. Namun bilamana ada salah kata Anda dapat menghubungi saya via email stefanikristina@gmail.com . Bilamana Anda mengenal saya secara langsung, maka Anda dapat menghubungi saya secara langsung bukan bicara dibelakang saya. Mohon untuk menjadi pribadi yang dewasa dan bukan dipenuhi oleh berbagai pikiran negatif.