Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 43 Semester 2

Selamat pagi, pagi ini saya ingin membagikan postingan mengenai Kunci Jawaban Bahasa Indonesia kelas 12 halaman 43. Terima kasih sebelummya saya ucapkan untuk Anda yang telah mengunjungi blog pribadi saya ini.

Untuk beberapa req yang tidak segera saya tanggapi mohon maaf sebelumnya..

Fine me on instagram @nifafani




Baik langsung saja,,,

(4) Agar dapat memengaruhi pembaca, penulis opini sering menambahkan data dan fakta untuk mendukung pendapatnya. Carilah argumentasi yang terdapat dalam teks “Sastra Facebook, Sebuah Alternatif Pengembangan Proses Kreatif”. Identifikasikanlah argumentasi yang ada, apakah merupakan pendapat penulis atau fakta yang mendukung pendapat penulis.

(a) Pendapat penulis

1) Sastra erat kaitannya dengan dunia imajinasi.

2) Sebuah karya sastra, apabila tidak dipublikasikan, akan menguap begitu saja tanpa makna.

3) Padahal untuk memunculkan kreativitas dibutuhkan proses, yakni proses kreatif.

4) Cybersastra, sebagai sebuah wahana, muncul menjawab kegelisahan para penulis atau sastrawan pemula.

5) Kehadiran Cybersastra membawa suatu inovasi baru dalam menduniakan karya sastra.

(b) Fakta

1) Untuk memublikasikan sebuah karya sastra itulah diperlukan wahana. Selama ini, wahana yang tersedia adalah media cetak, baik itu buku, koran, majalah, serta tabloid.

2) Sastra lahir oleh dorongan manusia untuk mengungkapkan masalah manusia, kemanusiaan, dan semesta melalui imajinasi tersebut.

3) Berbagai kecenderungan yang dapat memengaruhi daya kreasi, pengembangan, dan pelaksanaan gagasan sudah selayaknya tidak diberi peran, sehingga pemunculan kreativitas tak tersumbat.

4) Wahana ini muncul sekitar awal tahun 2001 seiring dengan merebaknya internet di Indonesia (http://andarosita.blog.uns.ac.id/2012/04/29/ membumikan-kata-lewat-cyber-sastra/).

5) Theora Aghata dalam esainya “Sastra Cyber: Beberapa Catatan”, terangkum dalam Sastra Pembebasan Antologi Puisi-Cerpen-Esai (2004), mengungkapkan bahwa keberadaan Cybersastra telah menjadi wahana dan wacana sangat penting, justru karena fleksibilitas dan kemampuannya untuk menjadi sebuah barometer baru bagi kemajuan sastra kita (Indonesia) di masa depan.

(5) Nyatakan pendapat kalian dengan menjawab pertanyaan berikut ini!

(a) Apakah kalian memiliki akun Facebook?

Jawaban : Ya, saya memiliki akun facebook.

(b) Aktivitas apa yang bisa kalian lakukan dengan media sosial ini?

Jawaban : Dengan media sosial facebook ini saya dapat menjalin hubungan dengan berbagai teman dari belahan dunia, selain itu saya juga dapat berkomunikasi dengan para pembaca saya dari Indonesia maupun juga dari luar Indonesia serta menjadi jembatan bagi saya untuk berkomunikasi dengan keluarga yang ada dalam negeri maupun luar negeri serta sebagai wahana saya untuk berbagi cerita dengan para sahabat pena saya. Untuk keperluan tugas sekolah, facebook biasa digunakan untuk berkomunikasi antar siswa dan juga guru.

(c) Berikanlah pendapat kalian tentang kelebihan dan kekurangan Facebook.

Jawaban : Kelebihan facebook adalah mempermudah komunikasi, memperluas jaringan pertemanan, dan mudahnya terjangkau dengan seluruh pengguna baik luar maupun dalam negeri maupun luar negeri. Kekurangan facebook adalah penyalahgunaan dari para pengguna yang mana digunakan untuk berkomunikasi atau berbagi hal-hal negatif.

Baik sekian dahulu dari saya, Bilamana ada salah kata saya ucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya. Bila ada yang kurang berkenan dengan postingan saya Anda dapat menghubungi saya by email stefanikristina@gmail.com atau instagram by DM @nifafani.

Bilamana Anda mengenal atau mengetahui saya Anda dapat menegur saya secara pribadi bukan bicara dibelakang atau berbicara bergerombol sehingga menampakkan betapa pengecutnya Anda, Mari kita menjadi pribadi yang dewasa dan baik.