Pembahasan Sejarah Indonesia Kelas 12 Halaman 142

Selamat pagi, salam sejahterah bagi kita semuanya. Pertama-tama saya ucapkan terima kasih untuk Anda para pembaca setia blog @SemuTeam yang mana juga telah memberikan banyak konstrubusi dalam keberlangsungan blog yang sederhana ini. Tak lupa juga saya ucapkan banyak terima kasih kepada segenap admin yang telah membantu dalam proses pembagian ilmu baik pengertahuan maupun pengalaman. 

Baik langsung saja untuk kunci jawaban Sejarah Indonesia halaman 142.

find me on instagram @nifafani


LATIH UJI KOMPETENSI

1. Jelaskan tentang fusi partai yang terjadi pada tahun 1973!

Jawaban : Fusi partai yang terjadi pada tahun 1973 merupakan hasil dari Realisasi penyederhanaan partai – partai dilaksanakan melalui Sidang Umum MPR tahun 1973.

2. Jelaskan tentang konsep Trilogi Pembangunan dan makna yang terkandung di dalamnya!

Jawaban : Konsep Trilogi Pembangunan adalah suatu rencana kemandirian bangsa yang diletakkan pada pilar stabilitas, pembangunan di segala bidang dan pemerataan pembangunan beserta hasil-hasilnya kepada seluruh rakyat. Makna yang terkandung didalamnya adalah semua penghalang pembangunan, termasuk segala hal yang dapat memicu munculnya instabilitas bangsa harus disingkirkan. Itulah kira-kira makna pesan yang terangkum dalam Trilogi Pembangunan, yaitu terwujudnya stabilitas politik dan keamanan, pembangunan di segala aspek kehidupan dan pemerataan pembangunan beserta hasil-hasilnya.

3. Jelaskan perbedaan antara pemilu yang dilakukan pada masa Orde Baru dengan masa kini!

Jawaban : Perbedaan antara pemilu yang dilakukan pada masa Orde Baru dengan masa kini

Orde Baru
Masa Kini
Banyak penyimpangan atau pelanggaran  dalam asas luber (langsung, umum, bebas, dan rahasia).

Pemilu pada masa orde baru menggunakan asas langsung, umum, bebas dan rahasia berdasarkan pancasila dan UUD 1945.
Raykat atau masyarakat lebih di dekatkan pada calon di saat pemilu sehingga rakyat murni dapat memilih dengan bebas sesuai dengan kehendak hati nurani.

Pemilu pada masa kini berbeda, yaitu menggunakan sistem proporsional dengan daftar calon terbuka dan menggunakan sistem distrik berwakil banyak dan provinsi sebagai daerah pemilihan (distrik).

4. Jelaskan, alasan diadakannya referendum di Timor-Timur!

Jawaban : Alasan diadakannya referendum di Timor-Timur adalah untuk menyelesaikan permasalahan Timor-Timur yang merupakan warisan dari pemerintahan sebelumnya. 

Sekian dahulu dari saya, jadilah copaster yang cerdas.

NB : Sumber Buku Pegangan Siswa Sejarah Indonesia Kelas XII