Sinopsis Buku Harian Nayla 8 Tahun Kemudian Episode 6

Episode 6 - Gaby datang pagi-pagi sekali ke rumah Moses untuk mengajak Moses jalan-jalan . Gaby dengan semangat berbicara pada Moses bahwa mereka akan pergi naik bus. Awalnya Moses ragu-ragu , namun melihat semangat Gaby , Moses jadi ikut semangat.

Ditengah perjalanan , saat di bus.. Gaby terus menggambar wajah Moses dengan bibir monyong hehe :D Moses heran juga kenapa wajahnya bisa di gambar sedemikian rupa :') . Namun Moses senang. Kemudian ternyata bus yang mereka tumpangi mogok dan mereka terpaksa turun. Salah satu dari penumpang bus itu terdapat bapak-bapak yang tiba-tiba sakit. Moses yang dokter ingin sekali membantu bapak tersebut, namun kemudian tangannya tidak dapat di gerakkan..


Hanya karena tangan yang tidak dapat di gerakkan pun sudah membuat Moses merasa bersalah dan tambah bersalah dimana ia kemudian tidak dapat menolong bapak tersebut dan bapak itu juga kemudian meninggal , tidak tertolong kan saat sampai di rumah sakit. Moses benar-benar merasa dokter yang tidak berguna.

Moses sedang melihat-lihat bangsal anak , dimana di bangsal tersebut ada hiasan dinding hasil kerja keras dari Gaby. Moses melihatnya dengan senang :) Namun juga sedih karena pekerjaan Gaby sudah selesai jadi mereka tidak bisa lagi sering-sering bertemu. Tetapi Gaby berkata pada Moses bahwa mereka masih bisa bertemu bila Moses ingin membantu Gaby di sanggar lukis anak bersamanya.


Setiap hari Moses masih terus menulis di buku harian Nayla , Moses sangat merindukan Nayla .. Namun kini Moses mulai merasakan hal lain. Mungkinkah Moses mencintai Gaby ? Kenapa Moses terus merindukan Gaby ? Atau mungkin karena Gaby yang mirip dengan Nayla ? Moses merasa bersalah dengan Nayla..



Jo sudah jujur tentang perasaannya pada keluarganya . Mama Jo memang tidak menerima Jo yang memiliki perasaan dengan Moses , ayah Jo sempat marah .. Namun kemudian kedua orang tua Jo tak ingin membuat Jo menangis , Jadi kedua orang tua Jo mulai menasehati Jo dan kemudian memberikan Jo pengertian mengenai perasaannya. Jo pun meminta maaf. Keluarga tersebut saling berpelukkan dan menangis.

Moses merindukan Nayla , namun juga merindukan Gaby. Kemudian Moses mengajak Gaby untuk kencan - makan siang di sebuah restoran Jepang. Saat mereka sedang makan siang , Gaby bertanya pada Moses , mengenai arti sikap Moses serta arti dari sikap mama Moses, Gaby ingin pelurusan dan kepastian, apakah benar Moses memiliki rasa padanya ? Disisi lain Moses tidak ingin hal ini terjadi , Moses tidak mau Gaby menjadi salah sangka , Moses tidak ingin juga Gaby berpikir macam-macam  tentangnya.. Moses masih mencintai Nayla , Nayla adalah istrinya.. Dan ketika Moses hendak jujur , mucul mike yang selalu hadir diantara mereka.

Kemuculan Mike membuat Gaby marah karena Mike masih terus saja menggangu kehidupannya padahal mereka telah putus. Gaby meminta Mike untuk pergi . Namun karena Mike tidak mau pergi juga , kemudian Gaby memutuska untuk pergi. Mike pun mengejar Mike dan Moses ikut mengejar Gaby.

Saat dijalan , Gaby hampir saja ditabrak oleh mobil . Namun Moses hanya bisa melihat saja karena kakinya sedang sakit. Sedangkan Mike kemudian lari dan menolong Gaby , Gaby terluka , namun di seberang jalan.. Moses juga terjatuh karena kemudian kakinya tidak bisa digerakkan dan ia tidak bisa berdiri .

Luka Gaby tidak parah . Moses juga sudah berangsur pulih. Gaby ingin pulang bersama Moses karena mereka tadi janjian bersama , namun Moses terlihat aneh .. seperti menghindari Gaby dan Gaby pun merasakan hal itu .. Gaby bertanya-tanya pada Mike .. Namun Mike berkata bahwa ia tidak merasa ada yang aneh dari sikap Moses. 

Moses ingin menghindari Gaby dengan dua alasan , yang pertama karena Moses tidak ingin Gaby berpikiran yang bukan - bukan akan sikapnya pada nya dan yang kedua adalah Moses merasa bersalah karena sebagai laki-laki ia tidak dapat melindungi orang yang ia sayangi , buktinya Gaby hampir saja tertabrak mobil.

Jo yang sudah mulai bisa menerima status nya yang hanya dianggap sebagai adik oleh Moses kini semakin mendekatkan Moses dengan Gaby . Buat Jo , asal Moses bisa senang maka Gaby bisa menjadi pengganti alm kakaknya - Nayla. 

Ego Gaby cukup tinggi , ia tidak ingin seperti terkesan mengejar-ngejar Moses , jadi biarpun Jo telah memberikan masukan atau pun saran padanya dan berusaha menjadi mak comblang diantara mereka , tetap saja Gaby tidak ingin memulai dahulu karena melihat sikap Moses yang mulai menjauhinya. Namun kemudian ternyata Moses datang ke sanggar lukisnya dan berniat ingin membantu Gaby. Namun Gaby bersikeras tidak ingin dibantu oleh Moses. Gaby masih marah ? Namun belum sempat Moses menghampiri Gaby , Moses terjatuh pingsan.

Kondisi Moses terus menurun , ia kemudian di rawat di rumah sakit. Mama Moses tidak henti hentinya menangis. Mama Moses tidak ingin Moses pergi. Mama Moses ingin Moses selalu ada untuknya. Di sisi ranjang lain , ada Gaby dan Jo .. Gaby baru datang dan kemudian memegang tangan Moses. Ajaib ,, mata Moses langsung terbuka dan bertanya pada Gaby " dimana aku? "

 Begitu mengetahui Moses yang sadar , Gaby pergi meninggalkan Moses bersama Jo dan mama Moses. 

Gaby tidak tahu apakah benar ia mulai menaruh rasa pada Moses ? Mungkinkah ini cinta ? Gaby curhat pada Mike. Mike yang dari awal sudah tahu bahwa Gaby mencintai Moses pun tidak bisa mengelak lagi.. Gaby memang mencintai Moses dan ia hanya bisa menjadi teman baik Gaby.

Gaby menulis - Entah sudah berapa kali Gaby mengabiskan kertas hanya untuk menulis surat ke Moses.. Untuk mengungkapkan perasaannya. Gaby tidak tahu harus mengungkapkannya bagaimana. 

Gaby datang ke rumah sakit membawakan roti untuk Moses. Moses menerimanya dengan senang hati. Namun tiba-tiba tanpa sengaja tangan mereka bersentuhan. Mereka saling memandang dan Gaby merasa malu lalu ia pamit ingin segera ke sanggar Lukis anak-anak.

Ke esokan harinya Moses meminta ijin kepada Dr.Teno untuk keluar menyelesaikan urusannya. dokter pun memberikan ijin dengan syarat , bila urusan Moses selesai Moses harus segera kembali ke rumah sakit.

Ternyata Moses datang ke rumah Gaby . Namun Moses tidak bertemu Gaby melainkan bertemu ayah Gaby. Ia di tolak dan kemudian di usir oleh ayah Gaby. Saat Moses hendak pergi dari rumah Gaby , tidak sengaja ia menemukan kertas yang di remas-remas dan sudah kusut. Moses membuka dan membaca sebuah tulisan serta ada gambar yang membuat ia tertarik.. Itu adalah kertas Gaby.. Dimana yang isinya adalah tentang perasaan Gaby.