Cara Memulai Sebuah Usaha atau Bisnis

Hai , sebelumnya aku ( kali ini saya pakai kata aku saja yah supaya bisa lebih akrab ) akan memposting tentang Cara Memulai Sebuah Usaha atau Bisnis . Mungkin banyak yang bertanya-tanya yah , gimana sih caranya buka usaha itu ? Gimana sih caranya jalanin bisnis itu ? Nah kali ini aku mau kasih tips sekalian curcol juga sih dari pengalaman pribadi ^^

Sebelumnya aku mau cerita dulu dari pengalaman pribadi ku yang memulai usaha ^^

Awal aku memulai usaha itu dari jualan novel-novel . Dulu sih pinginnya hanya koleksi aja , karena memang dapetin novel itu susah banget. Bisa dikatakan saat ini malah nggak keluar di pasaran , dan aku dapatkan novel itu nggak hanya dari satu kota aja , tapi dari berkeliling . Saat pergi ke Ambarawa ada novel yang aku suka , aku belum punya , aku beli .. Saat aku ke Semarang ada novel yang aku suka , aku belum punya juga , aku beli.. Begitu juga kalau ada saudara , teman , atau keluarga ku yang keluar kota misalnya Jakarta , Bandung , atau Jember aku selalu titip pesan untuk belikan novel kalau misalnya lihat novel yang aku suka. Memang nggak mudah menemukan novel dengan penulis karya legendarin itu :)

capt instagram @nifaindoolshop


Tapi ,, saat saya mulai iseng-iseng ngebet ingin punya novel kelanjutan dari salah satu novel yang aku miliki dan kemudian aku share di Google , tiba-tiba terbersit pikiran untuk jual beli novel :) Jadi untuk bisnis. Gila banget harga novelnya bisa dua hingga tiga kali lipat waktu jaman aku mau beli dulu :') Kalau sekarang sih sudah turun memang karena Gramedia sudah mulai produksi kembali namun hanya beberapa. Well sejak kelas dua SMP memang aku sudah mulai belajar buka lapak. Belum punya rekening di bank sih memang untuk melakukan transaksi , tapi tetap bisa jalan kok :)

Nah sekarang usaha yang aku miliki sudah mulai berkembang meski belum meluas tapi paling tidak sudah lebih baik dari pada dahulu :) Lumayan dari usaha ini sebagai tabungan untuk biaya melanjutkan pendidikan lagi nanti hehe :D

Oke sekarang untuk tipsnya..


Dalam sebuah usaha yang akan kamu jalankan , akan lebih baik bila itu dari minat dan keinginan mu sendiri. Lebih baik dan menambah nilai lagi bila kamu senang menjalaninya , misalnya seperti aku tadi yang jualan novel yang sumbernya dari hobby mengkoleksi novel. Jadi kamu coba cari deh apa hobby kamu :)


Kamu nggak bakat untuk menjual ? atau kamu memiliki bakat yang bisa menghasilkan uang? Misalnya menggambar ? Kamu mungkin memang nggak bisa dalam hal pemasaran , jadi kamu membutuhkan media , tapi kamu nggak perlu khawatir kamu tetap bisa mengasah bakat mu itu dan kamu bisa menggunakan media untuk memasarkannya. Media untuk memasarkannya bisa saja seperti Pasang Iklan Kalau kamu masih ragu untuk pasang di lapak lain coba deh cek postingan ku yang sebelumnya ya :) >> Pasang Iklan Murah


Setiap orang membutuhkan waktu , dalam hidup ini nggak ada yang instan. Se instan instan nya sebuah mie instan tetap aja semua membutuhkan proses. Iya atau tidak ? kalau kamu tidak percaya coba deh lihat cara memasak mie instan , ada proses bukan ? Kemudian kamu berkunjung deh ke pabriknya , ada proses bukan ? Lalu untuk sampai ke tangan kamu juga ada proses bukan ? jadi dalam hidup ini tidak ada yang instan , semua membutuh kan proses dan dalam masa proses itu jangan pernah putus asa :) , satu kata : SABAR


Nah ini jarang dimiliki dari seorang pengusaha, rata-rata mereka akan ketus , jahat , atau mungkin tidak ramah lah dengan calon pembeli atau customernya..  hati-hati , bukan kamu sendiri bila tidak di ramahi akan menjadi sebal ? Ya atau tidak ? Jujur saya sih sendiri memang bukan orang yang sabar banget dalam menghadapi seseorang , tapi bagaimana caranya kita belajar :) Yuk sebelum kamu mulai usaha sama-sama belajar untuk sabar :)


Sebagai pengusaha yang baik untuk mendapatkan banyak pelanggan atau relasi lebih baik Anda rendah hati. Bukan hanya harga , kualitas , mutu , serta pelayanan Anda saja yang akan di nilai , tapi bagaimana Anda juga membawa diri :) Siapa hayoo yang suka dengan orang yang senang meninggi ? tidak ada bukan ? Apa salahnya juga sih merendah ? Merendah bukan berarti rendahan loh ya :) ada batas-batasnya juga ^^

Oke sekian dulu yah postingan dari ku kali ini :)
Jangan perah bosan ok untuk berkunjung ke blog ku :D Sebelumnya aku juga mau say thank  you untuk kamu yang sudah memberikan ucapan terima kasih baik dari email , bbm , atau twitter :))